JEC Eye Hospitals Raih Akreditas Internasional JCI 4 Kali Berturut-Turut

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 17 November 2023 - 23:38 WIB

JEC @ Kedoya Raih Akreditasi Internasional JCI.
JEC @ Kedoya Raih Akreditasi Internasional JCI.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebagai eye care leader di Indonesia, JEC Eye Hospitals and Clinics mempertahankan kembali akreditasi dari Joint Commission International (JCI), untuk keempat kali berturut-turut sejak 2014. 

Baru-baru ini, JEC melalui salah satu cabangnya, RS Mata JEC @ Kedoya, menjadi institusi kesehatan mata pertama dan satu-satunya di Indonesia yang berhasil meraih pengakuan internasional tersebut. 

Akreditasi “the Gold Seal of Approval” dari JCI didasarkan pada penilaian ketat atas aspek peningkatan kualitas layanan dan keselamatan pasien yang diterapkan oleh JEC. Akreditasi dari JCI telah diakui secara global sebagai standar tertinggi bagi lembaga kesehatan. 

Selama hampir empat dekade sejak berdiri pada 1984, JEC Eye Hospitals and Clinics terus berupaya untuk mendukung optimalisasi penglihatan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia. 

"Kami meyakini visi tersebut dapat terealisasi melalui pelayanan klinis berstandar internasional yang berfokus pada keselamatan pasien. Karenanya, kami sangat bersyukur bisa melanjutkan pencapaian akreditasi JCI ini, empat kali beruntun,” ungkap DR. Dr. Setiyo Budi Riyanto, SpM(K), selaku Direktur Utama RS Mata JEC @ Kedoya.  
 
Berbasis di Amerika Serikat, JCI merupakan lembaga independen yang memberikan akreditasi dan sertifikasi kepada institusi kesehatan di seluruh dunia.  

JCI telah menstandardisasi lebih dari 1.000 penyedia perawatan kesehatan (dari klinik medis akademik sampai rumah sakit) di 70 lebih negara.  Di Indonesia, hanya 23 rumah sakit yang menerima akreditasi JCI ini.

RS Mata JEC @ Kedoya menjadi sentra kesehatan khusus mata satu-satunya di Indonesia yang mendapatkan pengakuan JCI, dan pertama yang meraih akreditasi empat kali tanpa jeda. 

Dalam proses survei akreditasi yang berlangsung pada akhir September 2023, tim JCI secara cermat dan mendetail mengevaluasi 14 aspek yang mencakup 727 elemen penilaian. Hasilnya, Rumah Sakit Mata JEC @ Kedoya berhasil mencapai skor rata-rata 9,8 (dari poin tertinggi 10). 

Salah satu poin krusial yang dinilai JCI adalah Facility Management and Safety (FMS), dan JEC @ Kedoya mendapatkan penilaian sempurna. Aspek ini mengamati kesiagaan RS Mata JEC @ Kedoya, dari segi sarana dan prasarana, untuk menjaga keselamatan pasien serta dokter, tenaga medis dan karyawannya; termasuk dalam menghadapi bencana, seperti gempa dan kebakaran, atau risiko paparan zat berbahaya. 

Selain itu, poin perfek untuk aspek Quality Improvement and Patient Safety (QPS) juga semakin istimewa, mengingat ini merupakan akreditasi JCI yang keempat beruntun. Artinya, RS Mata JEC @ Kedoya telah terbukti mampu menjaga komitmen terhadap budaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien. 

“Meraih akreditasi JCI bukanlah puncak aspirasi kami, tetapi justru kian mendorong untuk terus memajukan diri demi meningkatkan layanan yang berorientasi pada keselamatan pasien," tutup DR Dr. Johan A. Hutauruk, SpM (K), Presiden Direktur JEC Korporat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jackson Suwargo memberi sambutan di ajang Jackson Kids Star 2024 yang digelar di Senayan Park Jakarta (20/7/2024)

Sabtu, 20 Juli 2024 - 23:52 WIB

Jackson Kids Star 2024 Lakukan Pencarian Ambassador Cilik di Senayan Park

Jackson Kids Star 2024 adalah ajang tahunan yang digelar untuk mencari brand ambassador Jakcson Kids.

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani, salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) memberikan sambutan penutup International Conference bertajuk "Synchronizing the application of FIDIC Contracts with specific related project country's regulation to avoid disputes", di Jakarta

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:47 WIB

Hakim MA Berharap Penyelesaian Sengketa Konstruksi Bisa Lebih Baik

Hakim Mahkamah Konstitusi Arsul Sani sebagai salah satu pendiri Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) mengingatkan agar PADSK selaku stakeholder APS dapat menyampaikan usulan perbaikan…

Peragaan Busana Muslim dan Audisi Model MUFFEST+ di Stasiun MRT Bundaran HI Jakarta.

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:13 WIB

MUFFEST+ Gelar Peragaan Busana dan Audisi Model di Stasiun MRT Bundaran HI

MUFFEST+ ditargetkan menjadi jendela dunia yang memperlihatkan perkembangan industri fesyen muslim Indonesia yang siap merambah pasar global dari segi kualitas, kuantitas, inovasi bisnis, teknologi,…

Ustadz Bachtiar Nasir bersama jajarannya menyatakan persiapan konvoi Bela Palestina

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:42 WIB

Bela Palestina Segera Digelar dengan Konvoi Kendaraan

Membela Palestina sangat banyak ragamnya. Untuk membuktikan kepedulian Indonesia, para Ustadz mengajak masyarakat membela Palestina. Ajakan berupa Konvoi menggunakan kendaraan.

Feng shui (foto ilustrasi)

Sabtu, 20 Juli 2024 - 17:37 WIB

Tips Memaksimalkan Feng Shui Rumah Agar Bawa Keberuntungan

Home Feng Shui merupakan teknik menganalisa rumah. Terlebih di dalam rumah terdapat aliran energi. Aliran ini bisa memancarkan energi positif maupun negatif. Hal itu tergantung dari arah letak…