Sukses Jadi 'New Comer' di Homogeneus Tiles, ARNA Lanjut Ekspansi

Oleh : Ridwan | Senin, 30 Oktober 2023 - 20:30 WIB

Pabrik Arwana Citramulia Plat 5C Mojokerto
Pabrik Arwana Citramulia Plat 5C Mojokerto

INDUSTRY.co.id - Mojokerto - PT Arwana Citramulia Tbk. (ARNA) memastikan bahwa pembangunan pabrik baru (Plant 6) di kawasan Jawa Barat (Jabar) akan dilakukan pada awal tahun 2024. 

Berdiri di atas lahan seluas 22 hektar (ha), pabrik yang akan memproduksi Homogeneous Tile (HT) tersebut menelan investasi mencapai Rp400 miliar.

"Untuk pabrik baru (Plant 6) progres secepatnya awal tahun 2023," kata Chief Financial Officer (CFO) PT Arwana Citramulia Tbk., Rudy Sujanto di pabrik mojokerto, Jawa Timur, Senin (30/10).

Adapun, investasi pabrik baru tersebut akan bersumber dari cash flow PT Arwana Citramulia Tbk. "Investasi pabrik baru plan 6 sekitar Rp400 miliar. Sumber dana masih bisa kami biayai dari cash flow internal, bukan dari pinjaman dari bank," jelasnya.

Rencananya, konstruksi pabrik baru tersebut akan dimulai pada awal tahun 2024. Dan ditargetkan selesai dan beroperasi pada semester II - 2025. 

"Progres pematangan lahan dimulai awal tahun. Dan pembangunan biasanya memakan waktu sekitar 1,5 tahun," ucap Rudy.

Nantinya, pabrik baru (Plant 6) akan mengadopsi teknologi produksi keramik modern dan mutakhir, sehingga perseroan dapat menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.

"Pada dasarnya, investasi kami itu padat modal, bukan padar karya dan syarat dengan teknologi mutakhir," kata Chief Operating Officer (COO) Arwana Citramulia, Edy Suyanto.

Pabrik baru Plant 6 Arwana Citramulia akan memproduksi keramik granit ukuran 50x50 centimeter (cm) dan 60x60 cm dengan berbagai macam desain yang cocok dipasang sebagai lantai bangunan. Kapasitas pabrik baru ini diperkirakan sebesar 15.000 meter persegi (m2) per hari.

Edy menjelaskan bahwa pemilihan lokasi investasi untuk pabrik baru Plat 6 ARNA berdasarkan sejumlah pertimbangan yang sangat matang. 

"Tentunya dalam memilih lokasi, kami tidak sembarangan pilih. Kami pulih lokasi yang tidak jauh dari sumber pipa gas, dan tidak terlalu jauh dari akses tol," papar Edy.

Nantinya, saat Plang 6 sudah beroperasi, kapasitas produksi terpasang seluruh pabrik keramik ARNA akan mencapai 80 juta m2 per tahun.

Saat ini, kapasitas terpasang ARNA berada di level 68,7 juta m2 per tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danamon Sasar Peningkatan Bisnis Konsumer Melalui Partisipasi di IIMS 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:36 WIB

Danamon Sasar Peningkatan Bisnis Konsumer Melalui Partisipasi di IIMS 2024

Tahun ini merupakan tahun ketiga PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) dan MUFG Bank Ltd. (MUFG) kembali menjadi official bank partner, dan PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (“Adira…

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:29 WIB

ALFI Siap laksanakan Amanah Wapres RI Kaji Skema Integrasi Logistik Nasional

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) periode 2023-2028 untuk mengkaji skema logistik nasional demi memastikan terwujudnya sistem yang terintegrasi…

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO)

Rabu, 21 Februari 2024 - 14:22 WIB

Ekspansi Digital SILO untuk Layani Pasien

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen melanjutkan investasi pada saluran digital yang mumpuni untuk…

Presiden Jokowi hadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:32 WIB

Hadiri Pertemuan IJK 2024, Presiden Jokowi Sampaikan Optimistisme Ekonomi Indonesia di Tahun 2024

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri Pertemuan Industri Jasa Keuangan 2024 di Ballroom The St. Regis, Jakarta, Selasa (20/2/2024). Pada…

Peluncuran Satelit Merah Putih 2 dari Cape Canaveral, Florida

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:04 WIB

Satelit Merah Putih 2 Sukses Diluncurkan dari Cape Canaveral Florida

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama anak usahanya, Telkomsat sukses meluncurkan Satelit Merah Putih 2 langsung dari Cape Canaveral, Florida pada Selasa (20/2) pukul 15.11 waktu…