Sukses Jadi 'New Comer' di Homogeneus Tiles, ARNA Lanjut Ekspansi

Oleh : Ridwan | Senin, 30 Oktober 2023 - 20:30 WIB

Pabrik Arwana Citramulia Plat 5C Mojokerto
Pabrik Arwana Citramulia Plat 5C Mojokerto

INDUSTRY.co.id - Mojokerto - PT Arwana Citramulia Tbk. (ARNA) memastikan bahwa pembangunan pabrik baru (Plant 6) di kawasan Jawa Barat (Jabar) akan dilakukan pada awal tahun 2024. 

Berdiri di atas lahan seluas 22 hektar (ha), pabrik yang akan memproduksi Homogeneous Tile (HT) tersebut menelan investasi mencapai Rp400 miliar.

"Untuk pabrik baru (Plant 6) progres secepatnya awal tahun 2023," kata Chief Financial Officer (CFO) PT Arwana Citramulia Tbk., Rudy Sujanto di pabrik mojokerto, Jawa Timur, Senin (30/10).

Adapun, investasi pabrik baru tersebut akan bersumber dari cash flow PT Arwana Citramulia Tbk. "Investasi pabrik baru plan 6 sekitar Rp400 miliar. Sumber dana masih bisa kami biayai dari cash flow internal, bukan dari pinjaman dari bank," jelasnya.

Rencananya, konstruksi pabrik baru tersebut akan dimulai pada awal tahun 2024. Dan ditargetkan selesai dan beroperasi pada semester II - 2025. 

"Progres pematangan lahan dimulai awal tahun. Dan pembangunan biasanya memakan waktu sekitar 1,5 tahun," ucap Rudy.

Nantinya, pabrik baru (Plant 6) akan mengadopsi teknologi produksi keramik modern dan mutakhir, sehingga perseroan dapat menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.

"Pada dasarnya, investasi kami itu padat modal, bukan padar karya dan syarat dengan teknologi mutakhir," kata Chief Operating Officer (COO) Arwana Citramulia, Edy Suyanto.

Pabrik baru Plant 6 Arwana Citramulia akan memproduksi keramik granit ukuran 50x50 centimeter (cm) dan 60x60 cm dengan berbagai macam desain yang cocok dipasang sebagai lantai bangunan. Kapasitas pabrik baru ini diperkirakan sebesar 15.000 meter persegi (m2) per hari.

Edy menjelaskan bahwa pemilihan lokasi investasi untuk pabrik baru Plat 6 ARNA berdasarkan sejumlah pertimbangan yang sangat matang. 

"Tentunya dalam memilih lokasi, kami tidak sembarangan pilih. Kami pulih lokasi yang tidak jauh dari sumber pipa gas, dan tidak terlalu jauh dari akses tol," papar Edy.

Nantinya, saat Plang 6 sudah beroperasi, kapasitas produksi terpasang seluruh pabrik keramik ARNA akan mencapai 80 juta m2 per tahun.

Saat ini, kapasitas terpasang ARNA berada di level 68,7 juta m2 per tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dosen UNJ menggelar pelatihan kurikulum Merdeka Belajar di Kepulauan Seribu.

Kamis, 09 Mei 2024 - 18:53 WIB

Latih Kurikulum Merdeka, Dosen UNJ Perkuat Kompetensi Guru Kepulauan Seribu

Untuk meningkatkan mutu Pendidikan, dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memperkuat kompetensi guru di Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta melalui Pelatihan Kurikulum Merdeka…

Gedung Bank Mandiri Pusat

Kamis, 09 Mei 2024 - 18:40 WIB

Prospek Kinerja Kian Membaik, Fitch Kerek Rating Bank Mandiri Jadi BBB

Lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings baru saja mengafirmasi peringkat Internasional Jangka Panjang dan Jangka Pendek (International Long-Term Foreign & Local Currency Rating) untuk…

Mitsubishi Pajero Sport Elite Limited Edition

Kamis, 09 Mei 2024 - 17:15 WIB

Mitsubishi Pajero Sport Elite & Xpander Cross Elite Resmi Dijual Terbatas di RI, Segini Harganya...

Mitsubishi Motors akhirnya meluncurkan Mitsubishi Pajero Sport Elite Limited Edition dan Xpander Cross Elite Limited Edition di pasar otomotif Indonesia.

Kelapa Sawit (agroindonesia)

Kamis, 09 Mei 2024 - 16:53 WIB

Tak Main-main, Polda Kalteng Bakal Tidak Tegas Pencurian TBS Kelapa Sawit

Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah mulai merespon banyaknya aduan masyarakat terkait kasus pencurian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yang marak terjadi di wilayah hukum Polda Kalteng.

PT Food Station Tjipinang Jaya Terima Kunjungan Kerja PT Kaltim Melati Bakti Satya

Kamis, 09 Mei 2024 - 16:38 WIB

Sukses Jaga Ketahanan Pangan! Food Station Tjipinang Jaya Terima Kunjungan Kerja PT Kaltim Melati Bakti Satya

Jakarta - PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) menerima kunjungan kerja BUMD PT Kaltim Melati Bakti Satya (Perseroda) bersama Tim TPID jajaran pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Kunjungan…