Mau Sukses Wawancara Kerja di Bidang Perhotelan? Ini Kuncinya!

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 22 Juli 2017 - 09:05 WIB

Hotel Ibis Kemayoran, Jakarta Rayakan 23th Anniversary
Hotel Ibis Kemayoran, Jakarta Rayakan 23th Anniversary

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Industri perhotelan global adalah industri yang bernilai miliaran dolar, yang mencakup hotel, tempat wisata, restoran, taman hiburan, resort, spa, penyediaan transportasi, dan lain sebagai nya. Berkat kemajuan dan perkembangan pengguna teknologi ponsel, industri perhotelan semakin berkembang menjadi lebih efisien dan lebih mementingkan kepuasan pelanggan dari hari ke hari.

Mempersiapkan wawancara yang akan datang untuk posisi perhotelan? Anda tidak akan gagal dengan seri "Tips dan Trik Interview" dari kami, di mana kami menyoroti pertanyaan wawancara di industri yang spesifik, lengkap dengan ulasan mengenai maksud sebenarnya dari pertanyaan tersebut, dan cara terbaik untuk menjawabnya. Berikut adalah tips 7 pertanyaan kunci yang harus siap di jawab

1.Apa yang paling Anda senangi dengan bekerja di bidang perhotelan?

Maksudnya adalah Pewawancara ingin tahu  profesi apa yang memotivasi Anda dan tetap  membuat Anda terinspirasi.

Cara terbaik untuk menjawabnya adalah

Berdasarkan pada pengalaman pribadi Anda, bicarakan mengenai aspek dari dunia perhotelan yang menurut Anda menarik, misalnya tantangan sehari-hari dalam melayani pelanggan, interaksi sosial, penghargaan vs tantangan, dll. Jadikan hal tersebut personal dan spesifik – hal ini dapat menunjukkan semangat  dan keaslian dari diri anda sendiri.

2. Menurut pendapat Anda, kualitas apa yang harus dimiliki oleh seseorang agar dapat sukses dalam dunia perhotelan?

Maksudnya adalah : Ini adalah cara halus untuk membaca kepribadian dan nilai diri Anda.

Cara terbaik untuk menjawabnya adalah :

Kenali beberapa ciri dari dunia perhotelan dan bagikan pemikiran Anda mengapa Anda menganggap hal tersebut penting. Anda juga bisa mengambil contoh dari pekerjaan Anda sebelumnya yang menggambarkan kualitas ini dengan baik, yang langkahnya Anda ikuti sampai sekarang.

3. Seberapa pentingkah layanan pelanggan menurut anda?

Maksudnya adalah : Tak perlu diragukan lagi bahwa layanan pelanggan mungkin merupakan faktor kunci dalam membangun kepuasan dan loyalitas suatu merek  dalam industri perhotelan. Pertanyaan ini memungkinkan pewawancara untuk mengukur sikap Anda terhadap layanan pelanggan dan kemampuan Anda dalam hal tersebut.

Cara terbaik untuk menjawabnya adalah :

Akuilah bahwa layanan pelanggan bisa menakutkan – biar bagaimanapun juga manusia adalah makhluk kompleks dan seringkali sulit untuk merasa senang. Ini menunjukkan sisi asli dari kepribadian Anda, daripada menunjukkan antusiasme yang dibuat-buat untuk sebuah tugas yang sulit. Sebagai gantinya, bagikan perspektif Anda mengapa layanan pelanggan yang baik menjadi salah satu instrument yang sangat penting agar bisnis dapat bertumbuh dengan  berkelanjutan.

4. Gambarkan dengan jelas saat Anda harus berurusan dengan pelanggan yang marah. Bagaimana cara Anda menenangkan pelanggan tersebut dan mengatasi situasi?

Maksudnya adalah : Pewawancara ingin mengukur bagaimana cara Anda menghadapi pelanggan yang sedang gelisah dan kemampuan Anda dalam berfikir untuk mengambil langkah yang tepat dalam situasi tertekan. Inilah kesempatan Anda untuk menunjukkan siapa diri Anda dan buatlah diri Anda berkesan. Kata kuncinya adalah berkesan.

Cara terbaik untuk menjawabnya adalah :

Pikirkan contoh spesifik yang secara jelas menunjukkan kemampuan  Anda dalam memahami orang orang di sekitar Anda dan menjadi contoh dalam hal menenangkan pelanggan yang marah. Ajakla pewawancara bicara sembari Anda menjelaskan proses Anda untuk mengendalikan situasi dan mencapai situasi yang bersahabat bagi pelanggan. Tunjukkan kemampuan kreatif Anda dalam memecahkan masalah, dan Anda pasti akan membuat kesan yang abadi.

5. Pernahkah Anda harus membuat tamu kecewa? Mengapa begitu, dan bagaimana Anda menangani situasi ini?

Maksudnya adalah : Ini adalah fakta yang tak terbantahkan bahwa Anda tidak bisa menyenangkan semua orang. Terkadang Anda hanya perlu menggigit peluru dan mengatakan "tidak", betapapun itu sulitnya. Pewawancara ingin tahu apakah Anda bisa menghadapi tantangan dengan penuh kasih dan dengan profesionalisme yang tinggi.

Cara terbaik untuk menjawabnya :

Inilah situasi dimana pengalaman dapat membuat perbedaan. Jika Anda pernah bekerja di industri perhotelan selama beberapa tahun, Anda sudah tidak diragukan lagi pasti akan sering menemui masalah seperti ini untuk dibagikan kepada pewawancara. Ambil beberapa contoh yang menggambarkan keragaman dan keluwesan Anda dalam hal pendekatan. Anda ingin menunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda telah memiliki pengalaman yang cukup dalam menghadapi pelanggan.

6. Apa tantangan terbesar Anda ketika bekerja di bidang perhotelan, dan bagaimana Anda menghadapinya?

Maksudnya adalah : Pewawancara ingin mengidentifikasi kelemahan Anda dan mengevaluasi kinerja Anda di bawah tekanan.

Cara terbaik untuk menjawabnya adalah :

Ambil contoh di mana Anda dihadapkan pada situasi yang penuh tekanan dan langkah-langkah yang Anda lakukan dalam menanganinya. Jangan takut untuk  bicara jujur. Bicarakan tentang  bagian yang paling sering Anda hadapi, dan apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kekurangan yang Anda miliki. Yang penting adalah menunjukkan inisiatif dan kemauan untuk memperbaiki dan maju terus.

7.Apa prestasi yang paling penting yang pernah Anda raih sampai saat ini?

Maksudnya adalah : Pewawancara ingin melihat: a) bagaimana Anda menunjukkan prestasi Anda kepadanya, dan b) penerapan keterampilan yang Anda miliki.

Cara terbaik untuk menjawabnya adalah :

Pikirkan contoh spesifik yang menunjukkan kekuatan dan keterampilan Anda sebagai karyawan perhotelan yang profesional. Jika memungkinkan, sebutkan contoh di mana Anda berhasil menciptakan rekor baru dalam bidang layanan pelanggan atau menerapkan proses baru yang  dapat meningkatkan penjualan atau produktivitas tim. Ceritakanlah sedetail mungkin dan sertakan langkah-langkah yang Anda ambil untuk mengatasi rintangan yang Anda hadapi sepanjang karir Anda.

TIPS Pamungkas

Dalam industri perhotelan, ini semua tentang kepribadian dan sikap Anda. Santai dan jadilah dirimu sendiri. So, jangan gugup.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut IPCC Chiefy Adi Kusmargono saat peremian cafe di Tanjung Priok

Kamis, 25 April 2019 - 12:50 WIB

IPCC Kini Punya Cafe di Pelabuhan

Jakarta – PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk / IPC Car Terminal (IPCC) mempunyai kantin/kafe perdana yang bernuansa milenial dan instagramable di tengah hiruk pikuk area pelabuhan untuk para…

Ilustrasi angkatan muda Partai Golkar. (Romeo Gacad/AFP)

Kamis, 25 April 2019 - 11:55 WIB

Ini 5 Caleg Kaltim Berpotensi ke Senayan

Partai Golkar menduduki posisi teratas perolehan suara sementara pileg daerah pemilihan Kaltim tahun 2019.m

OPPO F11 Pro Avengers

Kamis, 25 April 2019 - 11:39 WIB

OPPO Gandeng Marvel Studio Luncurkan F11 Pro Avengers: Endgame Edisi Terbatas

OPPO mengumumkan kerja sama dengan Marvel Studios yang memproduksi film Avengers: Endgame untuk meluncurkan edisi terbatas F11 Pro Avengers. Produk eksklusif ini akan menghadirkan pengalaman…

Ramadhan Buffet Millennium Hotel

Kamis, 25 April 2019 - 11:06 WIB

Berbagi Keindahan Semangat Ramadhan bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

Menyambut datangnya bulan suci penuh berkah yang menjadi perayaan penting bagi umat Muslim di seluruh dunia ini, Millennium Hotel Sirih Jakarta kembali hadir dengan berbagai penawaran promo…

Perkenalan jajaran direksi BGR Logistics

Kamis, 25 April 2019 - 10:49 WIB

Kementerian BUMN Lakukan Perubahan Susunan Direksi BGR Logistics

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini M. Soemarno, dalam lRapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, melakukan perubahan susunan direksi BGR Logistics…