Luncurkan AVOW Intelligence, Pasar Seluler di Indonesia Tumbuh Eksponensial

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 21 September 2023 - 09:08 WIB

Robert Wildner, co-founder dan CEO di AVOW
Robert Wildner, co-founder dan CEO di AVOW

INDUSTRY.co.id, Jakarta – Perusahaan spesialis periklanan berbasis OEM, AVOW, hari ini meluncurkan teknologi terbarunya bernama AVOW Intelligence. Teknologi tersebut dikembangkan untuk merevolusi periklanan seluler dengan menawarkan inventaris media yang holistik di seluruh OEM seluler premium seperti Xiaomi, OPPO, Vivo dan Huawei dalam satu platform. Adanya solusi ini memberikan keunggulan kompetitif kepada klien ketika mereka menjalankan kampanye akuisisi di apps store alternatif.

Dominasi mitra OEM seluler AVOW menguasai 54 persen dari pasar seluler global serta pendapatan mencapai $39 miliar pada tahun 2022. Menurut CEO AVOW Robert Wildner, AVOW Intelligence dibangun untuk menyederhanakan dan mengoptimalkan belanja media pada OEM seluler. Dalam industri di mana data begitu berlimpah, maka dibutuhkan untuk menjaga segala sesuatu secara sederhana.

“Pasar seluler di Indonesia tidak hanya sedang berkembang, tapi juga siap tumbuh secara eksponensial. Kami melihat potensi yang tidak terbatas di negara besar yang beragam ini, tidak saja dari sisi jumlah tapi juga aspirasi jutaan orang yang ingin terhubung, terlibat dan berkembang. AVOW Intelligence akan menjembatani brand dengan konsumen dengan cara yang paling efektif,” tuturnya.

OEM Seluler terkenal dengan ponsel cerdasnya dan kini telah menciptakan ekosistem perangkat lunak dan layanan untuk menyaingi pemain industri yang lebih tradisional.  Dalam periklanan OEM seluler, pembelian media melibatkan pengamanan penempatan iklan. Proses ini memerlukan pertimbangan yang cermat untuk mengoptimalkan laba atas belanja iklan (ROAS) dan mencapai tujuan pemasaran seperti menargetkan dan menjangkau audiens yang tepat, efektivitas biaya, pemantauan kinerja, dan pengoptimalan.

AVOW Intelligence memproses sejumlah besar data dari berbagai OEM dan mitra pengukuran seluler (mobile measurement partners / MMP), menjembatani kesenjangan antara pembeli media dan data serta memberikan wawasan dan analisis yang sangat berharga untuk membuat keputusan berdasarkan data secara real-time. Selain itu, ini mengoptimalkan inventaris iklan OEM terbaik, mengukurnya berdasarkan KPI spesifik aplikasi dan tingkat keterlibatan yang diinginkan. AVOW dapat memberikan pemahaman mendalam tentang perilaku setiap penempatan iklan dan apakah selaras dengan tujuan klien.

Beberapa fitur yang ditawarkan AVOW Intelligence adalah real time insight, dapat dengan mudah mengumpulkan wawasan dari banyak OEM dan MMP seluler. Selain itu, pembelian media yang dioptimalkan. AVOW Intelligence adalah sumber untuk mengakses fakta empiris tentang pasar. Alat ini menawarkan kejelasan yang lebih besar dan wawasan yang dapat ditindaklanjuti kepada pembeli media dengan menyatukan berbagai sumber data untuk strategi yang koheren. Wawasan ini menghasilkan kampanye yang sangat bertarget namun hemat biaya, sehingga menurunkan biaya akuisisi seiring berjalannya kampanye.

Fitur lainnya adalah down-funnel events, yang memungkinkan AVOW melampaui model biaya-per-instal (CPI) konvensional, menekankan pemahaman tentang perjalanan pengguna secara keseluruhan dan berfokus pada hasil jangka panjang. Pendekatan ini memastikan bahwa merek tidak hanya dilihat dan didengar tetapi juga diingat.

Salah satu tantangan terbesar bagi pemasar seluler adalah keterbatasan dalam membeli inventaris iklan OEM satu per satu dari OEM yang berbeda. Pembelian dari setiap platform OEM rumit dan tidak memberikan gambaran lengkap tentang kinerja kampanye pemasaran seseorang. Tantangan lainnya adalah mengoptimalkan kampanye di berbagai platform OEM tanpa dapat menggabungkannya ke dalam satu alat.

Merek-merek terkemuka yang telah memperoleh manfaat dari uji coba AVOW Intelligence antara lain Amazon Prime Video, LOTTO24, AirAsia, Exness, Didi Group, Unico Studio, KUMU, BYJUS, OctaFX, JOOM, Kredivo, Navi, dan Zephyr Mobile yang menampilkan alat yang transformatif potensi.

Peluncuran AVOW Intelligence menggarisbawahi komitmen AVOW untuk mendorong inovasi industri, membuat iklan OEM seluler dapat diakses oleh merek dan aplikasi namun tetap berorientasi pada kinerja.

Saat ini AVOW muncul sebagai pemimpin industri dengan 12 kantor di seluruh dunia. Melalui kemitraannya dengan OEM seluler premium dan bersama dengan teknologi terbaru mereka AVOW Intelligence, AVOW menyediakan akses ke lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif harian (DAU) dan lebih dari 10 juta unduhan bulanan untuk kliennya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Edric Chandra selaku Program Initiator DSC

Kamis, 12 Desember 2024 - 08:09 WIB

Diplomat Success Challenge (DSC) Musim ke-15: Mendorong Ekosistem Kewirausahaan Berkelanjutan di Indonesia

Diplomat Success Challenge (DSC), sebuah program inisiatif kewirausahaan dari Wismilak Foundation kembali menggelar acara inspiratif dengan tema "Fostering a Sustainable Entrepreneurship Ecosystem…

Dalam ajang IDIA 2024 sebanyak 17 Perusahaan Raih Penghargaan Bergengsi di Bidang IT

Kamis, 12 Desember 2024 - 07:33 WIB

17 Perusahaan Raih Penghargaan Bergengsi di Bidang IT dalam Ajang IDIA 2024

Sebanyak 17 perusahaan dari berbagai sektor industri tercatat berhasil memperoleh Indonesia Digital Innovation & Achievement Awards (IDIA) 2024 dalam acara Malam Penganugerahan IDIA 2024 di…

Pasar apung menggunakan Livin by Mandiri

Kamis, 12 Desember 2024 - 07:09 WIB

Bank Mandiri Genjot KUR untuk Sektor Pangan, Dukung Ekonomi Kerakyatan dan Program Makan Bergizi Gratis

Bank Mandiri terus menunjukkan komitmennya dalam memperkuat ketahanan pangan nasional melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke sektor-sektor strategis, khususnya pangan. Langkah ini juga…

Presiden Direktur B. Braun Indonesia, Rainer Ruppel.

Kamis, 12 Desember 2024 - 06:46 WIB

B. Braun Indonesia Resmikan Fasilitas Industri Medis Technical Service Baru untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Karawang– B. Braun Indonesia, perusahaan teknologi medis terdepan di dunia yang berkantor pusat di Jerman, meresmikan fasilitas Technical Service baru di Cikampek, Karawang, Jawa Barat pada…

Petugas BRI melayani nasabah

Kamis, 12 Desember 2024 - 05:33 WIB

Jelang Periode Nataru, BRI Siapkan Uang Tunai Rp24,6 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) mempersiapkan uang tunai sebesar Rp24,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, atau biasa disebut…