CCSI Konektivitas Digital, Mitsui&Co;.Ltd Jepang dan Pracheta Nusa Telekom, Kerja Sama Strategis Tingkatkan Konektivitas Digital Indonesia dengan Varuna Cable Systems

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 14 September 2023 - 11:52 WIB

Penandatanganan Perjanjian Pemegang Saham dan Perjanjian Penyertaan Saham antara CCSIKD - Mitsui - Pracheta dalam Joint Venture di PT Varuna Cahaya Santosa (VCS) oleh (dari kiri ke kanan): Director Pracheta Bapak Omar Syarif Nasution, President Director CCSIKD Bapak Peter Djatmiko, President Director PT Mitsui Indonesia Bapak Shinichi Kikucihara dan Mitsui & Co., Ltd., Bapak Kazuhiro Azuma (Dokumen VCS)
Penandatanganan Perjanjian Pemegang Saham dan Perjanjian Penyertaan Saham antara CCSIKD - Mitsui - Pracheta dalam Joint Venture di PT Varuna Cahaya Santosa (VCS) oleh (dari kiri ke kanan): Director Pracheta Bapak Omar Syarif Nasution, President Director CCSIKD Bapak Peter Djatmiko, President Director PT Mitsui Indonesia Bapak Shinichi Kikucihara dan Mitsui & Co., Ltd., Bapak Kazuhiro Azuma (Dokumen VCS)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT CCSI Konektivitas Digital (CCSIKD), anak perusahaan dari PT Communication Cable Systems Indonesia Tbk., (CCSI), PT Pracheta Nusa Telekom (Pracheta), anak perusahaan dari PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) dan Mitsui & Co., Ltd.-Jepang (Mitsui) dengan bangga mengumumkan penandatanganan Perjanjian Usaha Patungan dalam momentum kemitraan bersejarah yang akan mengubah lanskap sektor telekomunikasi Indonesia.

Inisiatif ini memiliki tujuan mengembangkan jaringan kabel bawah laut antarpulau sepanjang 4.100km yang diberi nama Varuna Cable Systems (VARUNA), untuk menghubungkan pulau-pulau besar di Indonesia termasuk di dalamnya adalah Jawa, Bali, Lombok, Labuan Bajo, Sulawesi, Kalimantan, dan Madura.

Jaringan yang penting ini terdiri dari 2.700 km kabel bawah laut dan 1.400 km kabel darat, dengan peran pentingnya dalam menyediakan konektivitas digital ke ibu kota baru Indonesia, Ibu Kota Nusantara (IKN). Mengingat ekonomi digital yang berkembang pesat di luar  Pulau Jawa, di mana  infrastruktur telekomunikasi  masih  kurang berkembang, VARUNA muncul sebagai pilar utama untuk mendorong perwujudan visi teknologi Indonesia ke depan.

Perusahaan patungan yang baru saja dibentuk ini yaitu, PT Varuna Cahaya Santosa (VCS), menyatukan gabungan keahlian dan semangat pelopor dari perusahaan-perusahaan induknya. CCSI, pelopor di industri kabel optik Indonesia, membanggakan diri sebagai yang pertama di negara ini yang memproduksi kabel bawah laut dengan Sertifikasi Internasional sejak 1996. Sementara itu, Matrix NAP Info, memiliki catatan prestasi luar biasa selama lebih dari 20   tahun, sebagai operator kabel bawah laut sekaligus melayani penyedia layanan internet Indonesia dengan    layanan    bandwidth    internasionalnya.

Mitsui & Co., Ltd. dari Jepang, telah menjadi investor kunci di jaringan kabel bawah laut skala besar lainnya seperti Juno Cable.

Peter Djatmiko, CEO dari CCSI dan VCS, berkomentar, "Varuna Cable Systems adalah bukti visi kami untuk meningkatkan lanskap digital di luar Jawa. Melalui kerjasama dengan Matrix NAP Info dan Mitsui, kami siap menjadi pemimpin pasar dalam bisnis kabel bawah laut di Indonesia."

Omar Syarif Nasution, Direktur Matrix NAP Info, menekankan sinergi ini , dengan mengatakan, "Jaringan VARUNA melengkapi dan memperluas layanan Matrix NAP Info di dalam negeri, menandai bab baru dalam perjalanan kami melampaui Jawa. Kolaborasi dalam membentuk Varuna ini kami harapkan dapat semakin mendukung dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri secara inklusif”.

"Proyek VARUNA merupakan proyek pembangunan bangsa khususnya di kawasan timur Indonesia. Inisiatif ini tidak hanya berkontribusi terhadap kemajuan bangsa namun juga selaras dengan strategi bisnis Mitsui dalam pengembangan infrastruktur digital. Dengan memfokuskan upaya kami pada proyek VARUNA, kami turut mendorong kemajuan, memberdayakan masyarakat, dan membentuk masa depan yang lebih cerah bagi Indonesia. Mitsui akan memanfaatkan pengetahuan yang kami peroleh dari pengalaman pengembangan proyek terkait infrastruktur di seluruh dunia,” tutup Shinichi Kikuchihara, Presiden Direktur PT Mitsui Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasangan dokter Reza Gladys dan dokter Attaubah Mufid dapat Rekor MURI ketiga untuk bisnis kecantikan mereka, Glafidsya.

Jumat, 31 Mei 2024 - 00:36 WIB

Dokter Reza Gladys dan Dokter Attaubah Mufid Sabet Rekor MURI Lagi

Pasangan dokter Reza Gladys dan dokter Attaubah Mufid meraih rekor MURI dalam kategori "Paket Perawatan Terbanyak Sebanyak 116.676 Paket Dalam Kurun Waktu Kurang Lebih 3 Minggu untuk produk…

Lifree dari Uni-Charm luncurkan Popok Perekat dengan bahan 100 persen bersirkulasi.

Jumat, 31 Mei 2024 - 00:11 WIB

Lifree Luncurkan Popok Dengan 100 Persen Bahan Bersirkulasi

Peluncurkan Lifree Popok Perekat Baru ini melanjutkan inisiatif Uni-Charm di tahun 2023 untuk menggelar riset risiko dekubitus dan cara ampuh mengatasinya.

Digiplus Resmi Buka Outlet Terbarunya di FX Sudirman

Kamis, 30 Mei 2024 - 23:09 WIB

Digiplus Resmi Buka Outlet Terbarunya di FX Sudirman

Digiplus mulai hadir di Indonesia pada awal tahun 2021, terus menunjukan komitmen untuk menjangkau lebih banyak masyarakat melalui 70 outlet yang saat ini sudah tersebar di seluruh Indonesia.…

Synthesis Development gelar kampanye Wujudkan Mimpi.

Kamis, 30 Mei 2024 - 22:56 WIB

Synthesis Development Wujudkan Mimpi Gen Z Yang Kesulitan Memiliki Rumah Sendiri

Melalui program ‘Wujudkan Mimpi’ yang diluncurkan Synthesis Development, diharapkan dapat menjawab kebutuhan Property Hunter atau Pencari Properti yang memiliki preferensi berbeda-beda.

Penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MOU) untuk Project Kerja sama Komersialisasi Produk Diesel Exhaust Fluid (DEF)

Kamis, 30 Mei 2024 - 20:45 WIB

Sinergi BUMN Lahirkan Diesel Exhaust Fluid untuk Kendaraan Diesel

Pertamina melihat peluang besar dalam pengembangan Diesel Exhaust Fluid (DEF) seiring dengan kebijakan Pemerintah untuk mengedepankan penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan.