Gandeng Rossa, Menparekraf Sandiaga Uno Luncurkan Jingle Baru Wonderful Indonesia

Oleh : Ridwan | Rabu, 13 September 2023 - 15:30 WIB

Menparekraf, Sandiaga Uno
Menparekraf, Sandiaga Uno

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan jingle Wonderful Indonesia yang telah diaransemen ulang dari jingle sebelumnya yang dibawakan oleh penyanyi Rossa.

Sandiaga Uno menjelaskan, aransemen ulang jingle Wonderful Indonesia dilakukan oleh seorang arranger, penulis lagu, serta produser yang banyak diidolakan kaum milenial dan gen Z yaitu Eka Gustiwana dan dinyanyikan kembali oleh Inas Hafizh seorang penyanyi indie dengan puluhan ribu pendengar di platform musik digital. 

“Setiap saya mendengar lagu ini (Jingle Wonderful Indonesia) ada perasaan terharu, bangga walaupun sudah berulang kali kita mendengarnya. Saya juga senang bahwa projek ini bukan mengganti jingle tapi memberikan sentuhan aransemen yang lebih kekinian,” kata Menparekraf Sandiaga dalam "The Weekly Brief With Sandi Uno (WBSU)" di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (11/9/2023) 

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini menambahkan, pihaknya telah melakukan riset bahwa 40 persen pasar yang ditargetkan adalah kaum milenial yang perlu treatment khusus untuk memutuskan saat akan berwisata.

“Kita telah melakukan aransemen ulang jingle Wonderful Indonesia menjadi lebih kekinian sebagai salah satu treatment untuk kaum milenial. Selain itu, juga ini mempersembahkan series ‘Jalur Pesona Indonesia’, sebuah Seri Video Promosi 5 Destinasi Super Prioritas yang menghadirkan pesona alam, budaya, serta _local heroes_ dalam balutan kisah inspiratif dari ‘Wonderful People’ di Indonesia,” ujarnya.

Arranger Jingle, Eka Gustiwana menjelaskan, bahwa ia hanya meremajakan saja jingle Wonderful Indonesia dan tidak membuat ulang. Lantaran lagu dan liriknya sudah ada. 

“Hanya meremajakan aransemennya agar bisa masuk ke berbagai usia dan segmen. Untuk tantangannya sendiri relatif ada kesulitan karena lagu sebelumnya sudah bagus,” katanya.

“Seperti Pak Menteri Sandiaga sampaikan, lagu sebelumnya sudah bagus. Jangan sampai saat diaransemen ulangnya lagunya berubah menjadi tak enak didengar. Itu yang membuat proses pengerjaan agak lama. Kami membuat dua versi, dua-duanya ada instrumen musik elektroniknya, tetapi yang salah satu ornamen etniknya lebih kental dengan beberapa instrumen tradisional di dalamnya. Ini memakan waktu satu bulan pengerjaanya,” ujarnya.

Director Jalur Pesona Indonesia, Arsyan Syafarman menjelaskan, Seri Video Promosi 5 Destinasi Super Prioritas yang tidak hanya menghadirkan pesona alam dan budaya, tetapi juga local heroes dalam balutan kisah inspiratif dari "Wonderful People" di Indonesia.

“Saya bersama tim mencoba menggeser poin of view yang lebih dalam, yaitu dengan mengangkat wonderful people. Mereka ini menjaga, melestarikan alam dan budaya untuk bisa dikenal di tanah air bahkan dunia,” ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Fidi Sjamsoedin, Director Marketing & Innovation Sababay WInery

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:13 WIB

Sababay Winery Luncurkan SANGRIA Dengan Perpaduan Rasa Unik Dari Buah Dan Rempah Indonesia

Pelopor dalam industri wine Indonesia, Sababay Winery meluncurkan Sababay SANGRIA! Kaya akan rempah-rempah dan buah-buahan asli Indonesia, Sababay SANGRIA hadir dengan rasa yang unik.

Progres Pemulihan PDNS 2, 86 Layanan Telah Aktif

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:12 WIB

Menko Hadi Sampaikan Kabar! Progres Pemulihan Pusat Data Nasional Sementara 2, 86 Layanan Telah Aktif

Jakarta-Pemulihan layanan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah bertambah menjadi 86 layanan, yang berasal dari 16 tenant.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…