Pelindo Ajak Keterlibatan Swasta dalam Program TJSL di Lingkungan Pelabuhan

Oleh : Wiyanto | Rabu, 30 Agustus 2023 - 04:11 WIB

PT Pelabuhan Indonesia gandeng swasta jalankan Tanggung jawab sosial dan lingkungan
PT Pelabuhan Indonesia gandeng swasta jalankan Tanggung jawab sosial dan lingkungan

INDUSTRY.co.id-Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) berinisiatif membangun kolaborasi antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta di wilayah Pelabuhan Tanjung Priok, untuk mengimplementasikan program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Inisiatif ini disampaikan Pelindo dalam diskusi yang melibatkan sejumlah perusahaan swasta, yang beroperasi di wilayah pelabuhan.

“Pada prinsipnya, kami ingin mengimplementasikan program-program TJSL berkelanjutan, dengan skala yang lebih luas. Seperti kita tahu, program TJSL atau CSR merupakan komitmen bersama dalam menjalankan kegiatan dan kebijakan perusahaan, yang memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar,” ujar Group Head Sekretariat Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Ali Mulyono, Selasa (29/8/2023) dalam keterangannya.

Pelindo mengajak keterlibatan pihak swasta, baik dalam bentuk sumbangan dana atau produk dari perusahaan, tanpa adanya batasan nilai minimal. Pada kesempatan itu Pelindo memaparkan beberapa program TJSL yang sedang berjalan, seperti Program BUMN Pelita Warna di Lapas Cipinang, yang melibatkan kolaborasi dari 5 BUMN.

“Kami juga mengimplementasikan Program Kolaborasi Lingkungan di Raja Ampat, dengan survei yang telah dilakukan oleh 7 BUMN pada bulan Juli lalu. Ada pula program penghijauan Terminal 1 Pelabuhan, yang menggerakkan partisipasi aktif komunitas pelabuhan serta Employee Social Responsibility (ESR),” kata Ali.

Arimbawa, Direktur Eksekutif Forum TJSL BUMN, menambahkan bahwa inisiatif diskusi ini sesuai dengan arah baru kebijakan TJSL BUMN yang membuka peluang kolaborasi tidak hanya dengan BUMN lainnya, tetapi juga dengan perusahaan swasta.

Ia berharap Pelindo dapat mengadakan pertemuan lanjutan untuk membahas program-program ini secara lebih mendalam serta merumuskan kontribusi konkret dari kolaborasi antara BUMN dan perusahaan swasta dalam rangka menggerakkan program-program TJSL yang lebih bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Pelindo berkomitmen untuk merealisasikan upaya kolaboratif ini, supaya tercipta dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat sekitar melalui kerja sama antara BUMN dan perusahaan swasta.

Dengan semangat TJSL sebagai panduan, pelaksanaan program-program yang tercipta diharapkan akan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar pelabuhan.

Ali Mulyono kembali menekankan bahwa sebagai sebagai BUMN di bidang jasa kepelabuhanan, Pelindo fokus mewujudkan jaringan ekosistem maritim nasional, melalui peningkatan konektivitas jaringan dan integrasi pelayanan guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Namun di sisi lain, Pelindo juga memiliki tugas untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s), khususnya di bidang pendidikan, pemberdayaan ekonomi, dan keberlanjutan lingkungan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TIKI Raih Penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024 Kategori Jasa Pengiriman

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:48 WIB

TIKI Raih Penghargaan untuk Jasa Pengiriman

PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI), perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia dengan rekam jejak lebih dari 53 tahun di Indonesia, meraih penghargaan Indonesia TOP Digital PR Award 2024…

Garuda indonesia

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:26 WIB

Maskapai GIA Group Menang Ditingkat Banding Atas Gugatan Greyflag Entities

Langkah perbaikan kinerja usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melalui payung hukum restrukturisasi terus diperkuat pasca Pengadilan Tingkat Banding Paris menolak permohonan banding yang…

IT Active Watch Curve WR01

Kamis, 29 Februari 2024 - 11:13 WIB

IT Perkenalkan Produk Smartwatch Bidik Penggemar Gaya Hidup Aktif

Erajaya Active Lifestyle (ERAL) melalui private label IT (Immersive Tech) memperkenalkan IT Active Watch Curve WR01, produk perdana dari kategori smartwatch.

Ilustrasi Bitcoin

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:20 WIB

Harga Bitcoin Mencapai $64.000 untuk Pertama Kalinya Sejak November 2021

Harga bitcoin (BTC) mencapai $64.000 pada hari Rabu (28/2/2024), untuk  pertama kalinya BTC berada level tersebut sejak puncak pasar bullish terakhir pada November 2021.

Penandatanganan kerja sama PT Pertamina Lubricants dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN)

Kamis, 29 Februari 2024 - 10:15 WIB

PTPL Perkuat Sinergi ONE PERTAMINA Lewat Pengelolaan Gudang Pelumas di Sumbagut & Sulampua

PT Pertamina Lubricants (PTPL) memperkuat sinergi ONE PERTAMINA melalui kerja sama dengan PT Patra Logistik (PTPL) dan PT Elnusa Petrofin (EPN) dalam pengelolaan gudang pelumas di wilayah Sumatera…