Bisnis Laundry Punya Pusat Pelatihan

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 05 Agustus 2023 - 08:43 WIB

Peresmian Laundryversity
Peresmian Laundryversity

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Setelah lama menanti, akhirnya Sekolah Laundry LAUNDRYVERSITY resmi diluncurkan, di Jalan Cilandak KKO, Jakarta Selatan, Selasa (01/08/2023).

Peresmian Laundryversity dibuka dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Rektor Laundryversity Akbar Saputra dan disaksikan Mentor Laundry Nasional sekaligus Owner Jourdan Corporation Muhammad Rosul Nawawi.

LAUNDRYVERSITY merupakan sebuah Pusat Pelatihan yang memiliki Visi meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia terutama yang berprofesi di bidang usaha bisnis Laundry beserta turunannya dengan mengusung Misi meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) Laundry Indonesia yang Giat,Amanah dan Berkualitas.

Mentor Laundry Nasional & Owner Jourdan Corporation Muhammad Rosul Nawawi, mengatakan masalah SDM Laundry merupakan masalah klasik dalam dunia per-Laundry-an. Dengan menjamurnya outlet-outlet laundry yang bertebaran di seluruh Indonesia Laundryversity dapat menjadi jawaban atas kebutuhan hal tersebut.

"Mungkin banyak kita dengar training pembukaan outletlaundry untuk Laundry Kiloan, namun jarang bahkan belum ada Sekolah Training Terbuka yang mengajarkan tentang Laundry Satuan Premium beserta Turunannya," kata Rosul, dalam siaran pers.

Launching Laundryversity dilakukan bersamaan dengan dibukanya “BATCH 1 Kelas TrainingSatuan Premium” yang diikuti oleh peserta dari berbagai pemilik laundry dan karyawan senior dari seluruh Indonesia.

"Peserta sengaja dibatasi maksimal 20 peserta per batch agar pemberian teori danpraktek berlangsung lebih intensif dan semi privat," tambah Rosul.

Sementara itu dalam tayangan video Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesi Sandiaga Uno menyambut baik dibukanya pusat lembaga pelatihan Laundryversity, yang diharapkan mampu tumbuh dan berkembang terutama mendukung SDM laundry sebagai pelaku usaha yang giat, amanah dan berkualitas.

Sandi berharap hadirnya Laundryversity dapat meningkatkan kesejahteraan dan membuka lapangan kerja yang bergerak dibidang usaha laundry.

"Yuuk kita sama-sama bekerja keras agar pelatihan ini dapat merata di seluruh Indonesia dan rekan-rekan kita menjadi lebih kompeten di bidang masing-masing," kata Sandi.

Menurut salah satu dosen pengajar Batch 1 ini Jayadi, seorang praktisi satuan premium yang sudah berkecimpung dan berpengalaman selama puluhan tahun, murid akan diajarkan dari pengenalan noda pakaian, pengenalan bahan pakaian, treatment pencucian baik hand wash maupun wet cleaning, bahkan sampai pengepakan dan QC pakaian yang sudah selesai diproses.

"Murid diwajibkan untuk praktek mengerjakan masing-masing sendiri, tidak cuma hanya menyaksikan saja sehingga lebih dapat merasakan bagaimana tingkat kebersihan setiap tahapan proses laundry dan tingkat kepuasan pelanggan ketika pakaian selesai dicuci," tutur Jayadi.

Selain itu Peserta Batch 1 juga dibekali aplikasi HALLO LAUNDRY, sebuah aplikasi khusus yang diperuntukkan untuk mendukung bisnis per-Laundry-an baik Laundry Kiloan maupun Laundry SatuanPremium.

Menurut Teguh Septian CEO HalloLaundry.com, aplikasi ini timbul dari keluhan banyak pengusaha laundry yang menginginkan fitur yang lebih kekinian dan persoalan yang timbul karena kekurangan fitur dari aplikasi laundry yang sudah ada.

"Dengan aplikasi Hallo Laundry, seluruh aktivitas laundry dari penerimaan pakaian sampai handling komplain dapat termonitor dan terselesaikan dengan baik. Aplikasi Hallo Laundry telah didukung pula dengan sistem IOT alat kontrol dan monitor mesin laundry yang jarang didapatkan dari aplikasi laundry sejenis," ujar Teguh.

Hadirnya Laundryversity diharapkan akan muncul SDM laundry yang Giat, Amanah dan Berkualitas. Manusia Indonesia yang berkompeten yang membawa dunia per-Laundry-an Indonesia menjadi naik kelas yakni outlet laundry yang Premium dan berskala Internasional.

"Sehingga kita berjaya di negeri sendiri dan bahkan diharapkan menambah devisa negara ketika bisa menebarkan sayapnya kenegara-negara lain," pungkas Rosul.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Marketing Innovation (Ilustrasi)

Minggu, 19 Mei 2024 - 22:10 WIB

Innovation in Marketing Strategies That You Need to do!

In an era that continues to develop rapidly, it is important for us to always follow developments in trends to find effective marketing strategies. An effective marketing strategy must be dynamic…

Industri kesehatan

Minggu, 19 Mei 2024 - 21:35 WIB

Strategic Development of Health-Related Assistance Services in Post-Covid-19 Indonesia using PESTLE Analysis

The Covid-19 pandemic has dramatically reshaped the global healthcare landscape, highlighting both vulnerabilities and opportunities within health-related services. As Indonesia emerges from…

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:35 WIB

Meriahkan HUT Jakarta, PJ Gubernur Ajak Masyarakat Meriahkan BTN Jakim 2024

Jakarta–Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-497, Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BTN) akan menyelenggarakan…

Wahdah Islamiah dukung Palestina merdeka

Minggu, 19 Mei 2024 - 18:24 WIB

Wahdah Islamiyah Kecam Israel atas Genosida Rakyat Palestina

Ormas Islam Wahdah Islamiyah ikut mengecam penjajahan dan genosida yang dilakukan zionis Israel di Gaza Palestina, yang kini telah memasuki hari ke 225 sejak oktober 2023 yang lalu.

Emak emak aksi palestina

Minggu, 19 Mei 2024 - 15:10 WIB

Emak-Emak Ikut Aksi Bela Palestina di Kedubes Amerika Serikat

Aksi Damai didepan kedubes Amerika Serikat, dan di rumah Dubes Mesir, dari pagi hingga siang hari, diikuti sejumlah Kekuatan Masa dari berbagai Wilayah Jakarta dan sekitarnya. Nampak yang turut…