Pemberlakuan RUU Omnibus Kesehatan Bakal Gerus Penjualan Emiten Rokok

Oleh : Wiyanto | Rabu, 14 Juni 2023 - 14:09 WIB

Anggota KSPSI demo di depan DPR terkait RUU Omnibus Kesehatan dan menolak diundangkan
Anggota KSPSI demo di depan DPR terkait RUU Omnibus Kesehatan dan menolak diundangkan

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Pemberlakuan Rancangan Undang Undang (RUU) Omnibus Kesehatan yang di dalamnya mengelompokkan produk tembakau setara dengan narkotika diyakini bakal menggerus penjualan perusahaan rokok skala kecil hingga korporasi besar.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Rokok, Tembakau, Makanan dan Minuman (FSP- RTMM) SPSI, Sudarto AS di sela-sela aksi demonstrasi di Gedung DPR Jakarta, Rabu (14/6) yang dihadiri ribuan demonstran dari 15 provinsi.

"Kalau RUU Omnibus Kesehatan diundangkan, terutama karena adanya pasal 154, maka perusahaan rokok sebesar HM Sampoerna maupun Gudang Garam sekalipun pasti akan terganggu pemasaran dan penjualannya," kata Sudarto yang didampingi Ketua Umum DPP KSPSI, Jumhur Hidayat.

Dia menegaskan, kegiatan pemasaran dan penjualan PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) maupun PT Gudang Garam Tbk (GGRM) bisa terhenti, karena hasil produksi disetarakan dengan narkotika atau psikotropika. "Market yang besar milik HM Sampoerna dan Gudang Garam pasti tertekan, karena rokok disamakan dengan narkoba," ujarnya.

Perlu diketahui, pada Pasal 154 ayat (3) RUU Omnibus Kesehatan menyebutkan bahwa produk tembakau dan olahannya merupakan produk ilegal dan disetarakan dengan narkotika dan psikotropika.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto kiri-kanan (Markus Rozano Antar Prasetyo - Bung Kepra selaku Ketua Koordinator Pergelaran; Dirjen Bimas Budha Supriyadi; Ketua Umum Panitia Acara Siddhartha The Musical, Sutina Irsan)

Sabtu, 25 Mei 2024 - 02:40 WIB

Keren! Hadir Kembali Setelah 17 Tahun, Siddhartha The Musical Sukses Hipnotis Warga Jakarta

Jakarta- Kerinduan warga Jakarta, khususnya umat Budha akan Siddhartha The Musical akhirnya terobati. Penampilan para seniman panggung Siddharta The Musical sukses menghipnotis warga yang memadati…

[Ki-Ka] M. Ade Kurniawan - CEO of ACSI, Jaja Ahmad Subarja - President Director of ACSI Corp, Yusup

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:22 WIB

Kukuhkan Kepemimpinan Teknologi Lingkungan, Cetta Akuisisi EAS.ai

Akuisisi EAS.ai akan memperkuat posisi Cetta sebagai pemimpin dalam industri teknologi lingkungan di Indonesia dengan mengembangkan kemampuan teknologi AI-nya serta membuka peluang pasar baru.

Kegiatan CSR PT Krakatau Sarana Properti

Jumat, 24 Mei 2024 - 16:48 WIB

PT. Krakatau Sarana Properti Gelar Kegiatan CSR Bidang Pendidikan dan Lingkungan di Provinsi Banten

PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) baru saja menggelar aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin dilaksanakan di wilayah Cilegon maupun juga disekitar daerah Provinsi Banten.…

Apartemen

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:42 WIB

Sentimen Positif Dorong Permintaan Apartemen di Jakarta Selama Paruh Kedua Tahun 2024

Colliers memperkirakan permintaan apartemen di Jakarta akan mengalami peningkatan sepanjang sisa semester tahun ini, terutama pada paruh kedua dengan penetapan pemerintahan baru dan kondisi…

PT Charoen Pokphand Indonesia

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:18 WIB

Citi Indonesia Rampungkan Kesepakatan Fasilitas Kredit Sindikasi Bergulir untuk Charoen Pokphand

Citibank Indonesia (Citi Indonesia), bertindak sebagai Bank Koordinator Tunggal, telah sukses menyelesaikan kesepakatan fasilitas kredit sindikasi bergulir (syndicated revolving credit facilities)…