USG Education Pikat Generasi Muda Dengan Semangat Socio Creative Entrepreneurship

Oleh : Hariyanto | Jumat, 09 Juni 2023 - 14:11 WIB

USG Education Pikat Generasi Muda Dengan Semangat Socio Creative Entrepreneurship
USG Education Pikat Generasi Muda Dengan Semangat Socio Creative Entrepreneurship

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sebagai bagian yang sangat penting dalam peningkatan kualitas bangsa, pendidikan memainkan peran yang krusial dalam membentuk generasi muda yang siap menghadapi tantangan baru di era digital. Tidak hanya dalam hal pengembangan akademis, tetapi juga dalam aspek lain seperti kemampuan soft skills, kreativitas, semangat inovasi, serta memiliki empati dan kepedulian sosial. Hal ini akan mendorong generasi era digital untuk aktif berpartisipasi dalam mencari solusi bagi berbagai permasalahan di dunia.

USG Education, sebagai institusi pendidikan internasional, mengerti betul akan hal ini dan konsisten dalam membentuk lulusan yang berwawasan global sambil menjaga nilai-nilai kepedulian sosial. Salah satu upaya USG Education untuk memperkuat peran ini adalah melalui kegiatan akademis "UIC Creative Showcase 2023 - The Socio Creative Entrepreneurship" yang berlangsung pada tanggal 6-7 Juni di Atrium Neo Soho Mall. 

Kegiatan ini bekerja sama dengan yayasan gerakan sosial HOPE (Gelang Harapan), yang didirikan oleh tiga sahabat ; Wulan Guritno, Amanda Gratiana Soekasah, dan Janna Soekasah Joesof. Kegiatan ini berhasil memikat perhatian para siswa dengan pendekatan unik yang menggabungkan pendidikan dengan semangat Socio Creative Entrepreneurship.

Sebagi pembuka kegiatan di Atrium Neo Soho Jakarta Barat pada tanggal 6 Juni 2023, siswa/i UIC College Nial Palka dan Fakhri Violin berkolaborasi dengan Doddy Soekasah dan Janna Soekasah menampilkan lagu ciptaan Doddy Soekasah “Kasmaran” yang telah digubah. Acara dilanjutkan dengan presentasi dan pameran dari siswa/i yaitu membuat suatu karya baru yang berdampak positif dan membawa perubahaan di dunia melalui bentuk applikasi komputer, Fashion (Tata Busana), ide UMKM Bisnis baru, Desain Grafis, Digital Grafis, dan Musik, yang di presentasikan di hadapan para juri yang terdiri dari para pelaku industri profesional.

Puncak acara "UIC Creative Showcase 2023" pada tanggal 7 Juni 2023 akan menampilkan fashion show dari Aiko Tanzil, Elena, dan Sabrina. Acara ini juga didukung oleh penyanyi ternama Indonesia, Marcell Siahan, yang berkolaborasi dengan siswa dan dosen UIC College BSD Campus Shal, Aghi Narotama, Triono Pudji dan Fakhri Violin. Tidak hanya sebagai ajang apresiasi seni dan kreativitas, acara ini juga menjadi wadah penggalangan dana untuk penyintas kanker yang kurang mampu melalui kerjasama dengan Gelang Harapan.

Melalui ajang ini USG Education berharap siswa dan siswinya akan mempersembahkan hasil karya yang tak hanya mencuri perhatian, tetapi juga menyentuh jiwa dan membangkitkan semangat kewirausahaan sosial. Hal ini selaras dengan identitas USG Education yaitu mencetak Noble Scholar atau cendekia yang berwawasan luas, berakhlak dan berbudi pekerti luhur, serta peduli akan isu sosial. USG Education berkomitmen menjadikan pendidikan sebagai sarana utama untuk menuju terwujudnya Sumber Daya berdaya saing tinggi dimana pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan nasional.

“Para siswa adalah pemimpin masa depan yang memiliki potensi untuk merubah dunia dengan pemikiran mereka yang inovatif, gagasan brilian dan kepedulian mereka terhadap masyarakat. Dan kita semua beruntung dapat menyaksikan dan mendukung mereka dalam perjalanan mereka menuju kesuksesan yang lebih besar,” kata Adhirama G Tusin selaku Presiden Direktur USG Education yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (9/6/2023).

"Program-program kami di USG Education dirancang dengan tujuan memberikan pengalaman dunia nyata kepada siswa-siswa, pembelajaran kolaboratif, dan perhatian pribadi untuk meningkatkan kapasitas akademik dan keterampilan mereka agar dapat beradaptasi dengan lingkungan internasional. Kami juga konsisten dalam memperkenalkan berbagai masalah sosial di dunia sebagai studi kasus sejak awal masa belajar. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan rasa peduli siswa yang tinggi, sehingga mereka bisa turut serta mendorong perubahan positif di negara ini," kata Aimee Sukesna selaku USG Education Head of BSD Campus.

Dalam kesempatan ini, USG Education bekerja sama dengan berbagai organisasi, baik profit maupun non-profit, salah satunya adalah HOPE (Gelang Harapan). "Kami memiliki visi yang sama, yaitu membangkitkan harapan dan semangat berbagi di antara masyarakat, bersatu untuk meningkatkan kualitas hidup melalui empati dan kasih sayang. Ini menjadi dasar kerjasama berkesinambungan antara HOPE dan USG Education." ungkap Janna Soekasah, pendiri HOPE (Gelang Harapan).

“Adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi kami bertiga untuk bisa bertemu dengan para siswa USG Education. Semangat mereka kembali mengingatkan kami pada awal gerakan Gelang Harapan kami dirikan di tahun 2014. Regenerasi seperti ini adalah hal yang menjadi misi utama dari program Future Warrior of HOPE dari Gelang Harapan”, Amanda Gratiana menambahkan.

"Melalui program kerjasama dengan generasi muda seperti siswa-siswi UIC College, kami berharap gerakan yang telah kami jalankan selama 9 tahun tetap berkelanjutan" ucap Wulan Guritno, yang juga merupakan pendiri Gelang Harapan, menambahkan.

Selain itu, dua mahasiswa luar biasa dari UIC College, MilenJaya Sakti dan Valerie, turut membagikan pengalaman mereka dalam perjalanan transformasi yang telah membekali mereka dengan keterampilan yang diperlukan untuk berkembang di industri masing-masing melalui program dari UIC College.

MilenJaya Sakti, siswa Business dari UIC College, mengungkapkan, pengalaman melakukan presentasi langsung mengenai ide pemasaran digital kepada klien sangat mempersiapkan kami untuk memasuki industri di masa depan. "Kami belajar bagaimana menjelaskan ide-ide kreatif kami secara jelas dan meyakinkan, serta beradaptasi dengan kebutuhan klien. Hal ini memberi kami kepercayaan diri dan wawasan yang tak ternilai harganya dalam berkarir di dunia bisnis," ujarnya.

Valerie, siswa Computing Program dari UIC College, menambahkan, pengalaman membuat aplikasi komputer untuk perusahaan yang menjadi klien telah mempertajam kemampuanya dalam memasuki dunia industri IT. "Saya belajar tentang kerja tim, menghadapi tantangan teknis, dan mengembangkan solusi yang inovatif. Ini memberi saya pemahaman yang mendalam tentang pengembangan perangkat lunak dan menyiapkan saya untuk menghadapi tantangan yang ada di dunia industri IT yang terus berkembang." katanya.

Begitupun, Siswa dari UIC College of Design Sherlyn, Elena Hanifah Van Meeteren dan Michiko yang mengungkapkan hal yang sama “Kami sangat bangga bisa mempresentasikan karya seni kami di bidang Digital, Graphic dan Fashion desain dan di evaluasi langsung oleh ahli di industri," ujarnya.

"Harapan kami karya ini dapat turut memajukan dan di terima di industri kreatif Indonesia maupun global. Hal ini disambung oleh Jevon Lie, lulusan UIC Music yang berkesempatan membuka acara UIC Creative Showcase 2023 dengan tabuhan drumnya yang mempesona para tamu undangan dan pengunjung Neo Soho Mal. “Pengalaman ini sangat berharga dan tidak terlupakan” tambah Jevon.

"UIC College, yang merupakan bagian dari program USG Education tidak pernah melewatkan kesempatan untuk mempersiapkan pemimpin muda Indonesia agar dapat terus berbagi dan siap menghadapi kompetisi global yang semakin ketat. Kami berusaha sebaik mungkin dalam menerapkan strategi yang adaptif dengan kebutuhan dunia saat ini bagi anak-anak Indonesia di era digital ini. USG Education terus melakukan inovasi dan berorientasi pada metode pembelajaran yang lebih modern, memperluas jaringan global, dan meningkatkan kualitas tenaga pendidik dalam budaya digital agar selalu bersinergi dengan perkembangan dunia tanpa melupakan warisan budaya Indonesia," tambah Reza Suriansha, Direktur USG Education.

Dengan semangat Socio Creative Entrepreneurship, USG Education mengajak generasi muda untuk bergabung dalam perjalanan mereka menuju prestasi yang lebih besar dan turut serta dalam menciptakan perubahan positif bagi masyarakat. Dengan mengombinasikan pendidikan berkualitas global dan nilai-nilai kepedulian sosial, USG Education berharap membawa perubahaan bagi masa depan yang lebih baik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…