Yonif RK732/Banau Kalbar Terapkan Pemakaian Pupuk Bokashi

Oleh : Herry Barus | Kamis, 01 Juni 2023 - 03:10 WIB

Yonif RK732/Banau Kalbar Terapkan Pemakaian Pupuk Bokashi
Yonif RK732/Banau Kalbar Terapkan Pemakaian Pupuk Bokashi

INDUSTRY.co.id - Kalbar- Pupuk kompos berbahan alami dengan melalui proses fermentasi dikenal dengan sebutan sebagai Pupuk Bokashi diklaim dapat meningkatkan kesuburan Tanah. Dengan manfaat yang didapat akan memperbaiki  sifat fisik, kimia dan biologi tanah sehingga kebutuhan tanaman akan unsur hara, makro dan mikro dapat terpenuhi. Oleh karenanya  secara langsung dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas pertanian.

Dari teori yang didapatkan sebelumnya, para prajurit Yonif Raider Khusus 732/Banau mempraktekan pembuatan pupuk Bokashi dengan pendampingan dari Dosen STPK Banau Ibu Fonike Samad, S.P., M.Si, bertempat di kampus STPK Banau, Acango, Kec.Jailolo, Kab. Halbar, Selasa (31/5/2023)  Demikian keterangan dari Puspen TNI dan   Danyonif Raider Khusus 732/Banau.

Pada kesempatan itu, Danyonif Raider Khusus 732/Banau Letkol Inf Dony Rahmad Putra, S.Sos., M.A.P menyampaikan bahwa pembuatan pupuk ini sebagai solusi untuk mengatasi kesulitan memdapatkan pupuk disertai harga pupuk yang mahal. "Harapannya Yonif Raider Khusus 732/Banau dapat menerapkan penggunaan pupuk Bokashi di tujuh pangkalan kompi-kompi maupun ditengah masyarakat sekitar", ucapnya.

Beberapa bahan yang diperlukan dalam pembuatannya yakni Kotoran Hewan, Dedak Padi, Arang Sekam, Daun Gamal, Gula Pasir, Formula EM4, dan juga Air. Adapun mekanisme pembuatannya yakni diawali dengan mencampurkan Kohe, Dedak, Arang Sekam, dan Daun Galam menjadi satu. Dilanjutkan melarutkan Gula Pasir ke dalam Air dan kemudian dicampurkan Formula EM4 dan Air. Setelah itu, larutan yang sudah jadi disiramkan diatas campuran Kohe, Dedak, Arang Sekam, dan Daun Gamal. Langkah terakhir yakni ditutup dengan terpal, dan selanjutnya dicek tiap 2 hari selama 14 hari untuk tidak di atas 50⁰C.

Kerjasama yang dibangun oleh Yonif Raider Khusus 732/Banau dengan STPK Banau Halbar tidak hanya pembuatan pupuk namun juga mencakup tentang produksi dan pemasaran Sirup Pala, Kue sagu dan hasil tanaman yang diolah menjadi makanan .

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pasangan dokter Reza Gladys dan dokter Attaubah Mufid dapat Rekor MURI ketiga untuk bisnis kecantikan mereka, Glafidsya.

Jumat, 31 Mei 2024 - 00:36 WIB

Dokter Reza Gladys dan Dokter Attaubah Mufid Sabet Rekor MURI Lagi

Pasangan dokter Reza Gladys dan dokter Attaubah Mufid meraih rekor MURI dalam kategori "Paket Perawatan Terbanyak Sebanyak 116.676 Paket Dalam Kurun Waktu Kurang Lebih 3 Minggu untuk produk…

Lifree dari Uni-Charm luncurkan Popok Perekat dengan bahan 100 persen bersirkulasi.

Jumat, 31 Mei 2024 - 00:11 WIB

Lifree Luncurkan Popok Dengan 100 Persen Bahan Bersirkulasi

Peluncurkan Lifree Popok Perekat Baru ini melanjutkan inisiatif Uni-Charm di tahun 2023 untuk menggelar riset risiko dekubitus dan cara ampuh mengatasinya.

Digiplus Resmi Buka Outlet Terbarunya di FX Sudirman

Kamis, 30 Mei 2024 - 23:09 WIB

Digiplus Resmi Buka Outlet Terbarunya di FX Sudirman

Digiplus mulai hadir di Indonesia pada awal tahun 2021, terus menunjukan komitmen untuk menjangkau lebih banyak masyarakat melalui 70 outlet yang saat ini sudah tersebar di seluruh Indonesia.…

Synthesis Development gelar kampanye Wujudkan Mimpi.

Kamis, 30 Mei 2024 - 22:56 WIB

Synthesis Development Wujudkan Mimpi Gen Z Yang Kesulitan Memiliki Rumah Sendiri

Melalui program ‘Wujudkan Mimpi’ yang diluncurkan Synthesis Development, diharapkan dapat menjawab kebutuhan Property Hunter atau Pencari Properti yang memiliki preferensi berbeda-beda.

Penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MOU) untuk Project Kerja sama Komersialisasi Produk Diesel Exhaust Fluid (DEF)

Kamis, 30 Mei 2024 - 20:45 WIB

Sinergi BUMN Lahirkan Diesel Exhaust Fluid untuk Kendaraan Diesel

Pertamina melihat peluang besar dalam pengembangan Diesel Exhaust Fluid (DEF) seiring dengan kebijakan Pemerintah untuk mengedepankan penggunaan kendaraan yang lebih ramah lingkungan.