TIA Portal V18: Solusi Menuju Otomasi di Perusahaan Digital

Oleh : Herry Barus | Senin, 29 Mei 2023 - 16:31 WIB

TIA Portal V18: Solusi Menuju Otomasi di Perusahaan Digital
TIA Portal V18: Solusi Menuju Otomasi di Perusahaan Digital

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Selama beberapa dekade mendatang, teknologi digital akan membuat industri manufaktur lebih terhubung, cerdas, efisien, andal, dan berkelanjutan. Oleh karena itu, para pelaku bisnis akan mencari s mereka mengurangi waktu pemasaran, serta meningkatkan produktivitas pabrik.

Siemens menawarkan versi terbaru V18 dari Totally Integrated Automation Portal (TIA Portal) pada acara yang bertajuk “TIA Portal Tech-Connext” pada 30 - 31 Mei 2023 di Ayana Hotel Jakarta.

“Saat ini, perusahaan manufaktur ingin mempersingkat waktu pemasaran, mengatasi kekurangan pekerja terampil, namun tetap kompetitif. Dalam hal ini, mereka membutuhkan teknik otomasi yang efisien yang dapat dimodifikasi dengan cepat untuk memenuhi tuntutan tersebut. Versi terbaru dari TIA Portal, suatu inovasi teknologi yang unik dari Siemens untuk otomasi, memberikan akses tak terbatas ke layanan otomasi digital secara lengkap, mulai dari perencanaan digital, hingga teknik terintegrasi dan operasi yang transparan," ungkap Efraim Mayer, Head of Factory Automation, Digital Industries, PT Siemens Indonesia, Senin (29/5/2023)

TIA Portal (Totally Integration Automation Portal) dapat diterapkan secara luas terhadap operator di pabrik industri dan integrator sistem, serta dapat digunakan juga bagi para pembuat mesin inovatif dari berbagai industri, seperti makanan dan minuman, otomotif, farmasi, air, dan industri lainnya. Solusi terbaru ini mampu memberikan akses tak terbatas ke layanan otomasi digital secara lengkap, mulai dari perencanaan digital, hingga teknik terintegrasi dan operasi yang transparan.

Saat ini, pengguna dapat bekerja dalam tim dan secara bersamaan mengerjakan berbagai proyek, serta membuat dan mengelola penyimpanan (libraries) yang bisa diakses secara bersama-sama. Hak akses dapat diberikan secara individu atau kelompok, sehingga membuat kolaborasi berjalan lebih fleksibel. Fungsi baru ini lebih praktis untuk berbagai tahapan pekerjaan, mulai dari perencanaan (planning), penghubungan (connecting), hingga pengujian operasional (commissioning).

Dalam acara ini, Siemens juga menghadirkan berbagai topik seperti manfaat simulasi dalam otomasi di sepanjang proses produksi, pentingnya standardisasi sebagai kunci untuk menguasai tantangan digitalisasi, konvergensi teknologi informasi (information technology/IT) dan teknologi operasional (operational technology/OT), serta transparansi data dari pabrik hingga ke level IT.

Salah satu poin menarik yaitu SIMATIC WinCC Unified, sistem visualisasi terbaru di TIA Portal yang dapat terukur dari panel ke sistem distribusi berbasis PC.

Selain WinCC Unified Runtime terbaru berbasis teknologi web (HTML5, SVG, dan JavaScript), WinCC Unified System juga mencakup generasi baru dari perangkat HMI canggih dengan multitouch (respon terhadap lebih dari 1 sentuhan) dan ke depannya, juga akan dilengkapi dengan Industrial Edge milik Siemens.

Acara roadshow TIA Portal V18 akan dilaksanakan di kota-kota lain, seperti Medan pada 26 - 27 Juni 2023 dan Surabaya pada 4 - 5 Juli 2023. Roadshow ini merupakan bagian dari komitmen Siemens untuk menghadirkan inovasi melalui teknologi canggih, seperti TIA Portal V18, untuk industri manufaktur Indonesia menuju Industri 4.0.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum HKI, Sanny Iskandar bersama Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita seusai membuka Rakernas XXIII HKI

Sabtu, 23 September 2023 - 19:45 WIB

Gelar Rakernas XXIII, Ini Empat Rekomendasi HKI Majukan Sektor Kawasan Industri

Sebagai sarana yang strategis dalam percepatan realisasi pertumbuhan industri nasional, Rakernas ini diharapkan akan mengeluarkan rekomendasi HKI yang dihimpun dari para anggotanya untuk kemajuan…

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Hongkong

Sabtu, 23 September 2023 - 19:08 WIB

Kembangkan Duta Digital Go Global, BNI Rangkul PPI Hong Kong

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI proaktif merangkul Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Hong Kong untuk dapat memiliki pengetahuan lebih komprehensif terkait produk jasa perbankan…

Mentan SYL tinjau peternakan domba

Sabtu, 23 September 2023 - 17:37 WIB

Dari Boyolali, Mentan SYL Ajak Para Peternak Indonesia Perkuat Hilirisasi

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengajak para peternak Indonesia untuk memperkuat hilirisasi pangan asal ternak sebagai kekuatan utama masa depan bangsa.

Senayan City Fashion Nation 17 Edition

Sabtu, 23 September 2023 - 16:06 WIB

Senayan City Fashion Nation 17 Edition Hadirkan Fashion Show dari Deretan Designer Terbaik Indonesia

Parade fashion yang kaya akan perayaan budaya akan menjadi tanda kembali dimulainya Senayan City Fashion Nation 17 Edition. Digelarnya pagelaran Fashion Nation ini bersamaan dengan perayaan…

CLO Virtual Fashion User Summit Indonesia 2023

Sabtu, 23 September 2023 - 15:53 WIB

CLO Virtual Fashion dan Para Ahli Industri Fesyen Berkumpul Dalam User Summit Indonesia 2023

CLO Virtual Fashion, pemimpin global dalam hal solusi fesyen digital menyelenggarakan pertemuan antar pengguna (User Summit) di Jakarta pada 15 September 2023.