Agenda Menperin Agus di AS, Hadiri Undangan IPEF hingga Bertemu Mendag Kanada dan AS

Oleh : Hariyanto | Senin, 29 Mei 2023 - 10:57 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di AS
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di AS

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menghadiri undangan Forum Indo-Pasific Economic Framework (IPEF) yang digelar di Kota Detroit, Michigan, Amerika Serikat (AS).

Hal tersebut terungkap dari keterangannya yang dibagikan melalui akun Instagram @agusgumiwangk.

"Pekan ini, saya diundang untuk hadir dalam forum Indo-Pacific Economic Framework (IPEF) di Detroit Michigan," terang Menperin Agus seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id pada Senin (29/5/2023).

Menurutnya, sejak diluncurkan pada tahun 2021, IPEF merupakan sebuah economic framework yang inklusif dan diharapkan mampu mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang terbuka dan mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

IPEF sendiri berfokus pada empat pilar, yaitu Perdagangan, Supply Chain, Ekonomi Bersih (Hijau) dan Pajak. 

"Dalam framework tersebut Indonesia terlibat aktif dalam keempat pilat tersebut. Indonesia akan mendapatkan manfaat besar dengan bergabung sebagai partner/ participating countriy dalam IPEF," jelas Menperin.

Dalam lawatannya ke AS, selain menghadiri pertemuan IPEF, Menperin bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto juga menggelar sejumlah pertemuan bilateral setingkat Menteri.

Diantaranya melakukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan AS dan Menteri Pergadangan Kanada.

"Selain aktif dalam forum, saya bersama Menkoperekonomian, Airlangga Hartarto melakukan pertemuan bilateral dengan Ibu Mary Ng. Menteri Perdagangan International Kanada dan Ibu Gina Raimondo, Menteri Perdagangan Amerika Serikat," ujqr Menperin.

"Dalam pertemuan kita sepakat untuk memperkuat jejaring supply chain khususnya untuk industri-industri yang kritikal seperti Semi Konduktor dan pengembangan ekosistem electric vehicle di Indonesia," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto kiri-kanan (Markus Rozano Antar Prasetyo - Bung Kepra selaku Ketua Koordinator Pergelaran; Dirjen Bimas Budha Supriyadi; Ketua Umum Panitia Acara Siddhartha The Musical, Sutina Irsan)

Sabtu, 25 Mei 2024 - 02:40 WIB

Keren! Hadir Kembali Setelah 17 Tahun, Siddhartha The Musical Sukses Hipnotis Warga Jakarta

Jakarta- Kerinduan warga Jakarta, khususnya umat Budha akan Siddhartha The Musical akhirnya terobati. Penampilan para seniman panggung Siddharta The Musical sukses menghipnotis warga yang memadati…

[Ki-Ka] M. Ade Kurniawan - CEO of ACSI, Jaja Ahmad Subarja - President Director of ACSI Corp, Yusup

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:22 WIB

Kukuhkan Kepemimpinan Teknologi Lingkungan, Cetta Akuisisi EAS.ai

Akuisisi EAS.ai akan memperkuat posisi Cetta sebagai pemimpin dalam industri teknologi lingkungan di Indonesia dengan mengembangkan kemampuan teknologi AI-nya serta membuka peluang pasar baru.

Kegiatan CSR PT Krakatau Sarana Properti

Jumat, 24 Mei 2024 - 16:48 WIB

PT. Krakatau Sarana Properti Gelar Kegiatan CSR Bidang Pendidikan dan Lingkungan di Provinsi Banten

PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) baru saja menggelar aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin dilaksanakan di wilayah Cilegon maupun juga disekitar daerah Provinsi Banten.…

Apartemen

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:42 WIB

Sentimen Positif Dorong Permintaan Apartemen di Jakarta Selama Paruh Kedua Tahun 2024

Colliers memperkirakan permintaan apartemen di Jakarta akan mengalami peningkatan sepanjang sisa semester tahun ini, terutama pada paruh kedua dengan penetapan pemerintahan baru dan kondisi…

PT Charoen Pokphand Indonesia

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:18 WIB

Citi Indonesia Rampungkan Kesepakatan Fasilitas Kredit Sindikasi Bergulir untuk Charoen Pokphand

Citibank Indonesia (Citi Indonesia), bertindak sebagai Bank Koordinator Tunggal, telah sukses menyelesaikan kesepakatan fasilitas kredit sindikasi bergulir (syndicated revolving credit facilities)…