Asaki Desak Pemerintah Pastikan Alokasi Pasokan 'Gas Murah' untuk Industri Keramik

Oleh : Ridwan | Senin, 29 Mei 2023 - 11:05 WIB

Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto
Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) menilai kenaikan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) untuk industri akan sangat berdampak kepada penjualan industri keramik dalam negeri.

"Ditengah melemahnya daya beli masyarakat, kenaikan HGBT tentunya akan berdampak pada penjualan industri keramik dalam negeri," kata Ketua Umum Asaki, Edy Suyanto kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta (29/5).

Sekedar informasi, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah resmi merevisi Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) untuk sektor industri dari USD 6 per MMBTU menjadi USD 6,3 - 6,5 per MMBTU untuk wilayah Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Timur (Jatim).

Berdasarkan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 91.K/2023, kenaikan HGBT tersebut mulai berlaku tanggal 19 Mei 2023.

Dijelaskan Edy, kenaikan harga 'gas murah' membuat industri keramik nasional semakin tertekan. Apalagi, industri sudah dirugikan akibat kurangnya pasokan gas sehingga utilisasi pabrik tidak optimal.

Menurutnya, selama kuartal I-2023, para pelaku industri keramik di wilayah Jawa Timur hanya mendapat Alokasi Gas Industri Tertentu (AGIT) sebesar 65%. Kondisi tersebut mengakibatkan mereka harus membayar pemakaian gas di rentang US$ 6,3-6,5/mmbtu.

"Hal ini tentunya akan semakin memberatkan dan memengaruhi daya saing jika masih dikenai pembatasan volume gas 65%, yang mana nanti mengakibatkan industri keramik harus membayar di rentang US$ 6,8-7/mmbtu. Sementara untuk Jawa Barat, juga dikenakan AGIT rata-rata di angka 90% pada kuartal I-2023,” tutur Edy.

Oleh karena itu, Asaki mengharapkan perhatian pemerintah untuk kepastian penambahan alokasi volume gas HGBT untuk ekspansi kapasitas pabrik anggota Asaki maupun pabrik keramik baru dari investor asing.

Disisi lain, Asaki mencatat tingkat utilisasi produksi keramik pada kuartal I-2023 berada di level 75%. Angka tersebut menurun dibandingkan rata-rata tingkat utilisasi produksi tahun 2022 lalu yang berada di level 78%.

Sementara kinerja ekspor juga mengalami penurunan yang cukup signifikan. Pada kuartal I-2024 angka ekspor mengalami penurunan sekitar 40%. Sedangkan impor di kuartal I-2023 meningkat 0,5%.

Dikesempatan terpisah, Ketua Umum Forum Industri Pengguna Gas Bumi (FIPGB) Yustinus Gunawan mengatakan, pihaknya dapat memahami pemerintah menaikkan HGBT sesuai dengan Kepmen ESDM 91.K/2023. 

Namun, dirinya sangat berharap volume pasokan gas dapat mencapai sesuai dalam Kepmen ESDM tersebut, dan menghilangkan biaya-biaya tambahan atau surcharge.

"Volume alokasi Kepmen ESDM ini adalah kepastian untuk semua pihak, termasuk dalam kesepakatan jual produk akhir manufaktur dengan pembeli, baik dalam negeri maupun luar negeri," katanya kepada INDUSTRY.co.id.

Lebih lanjut, Yustinus menyebut bahwa kenaikan HGBT sangat berpotensi mendongkrak angka impor. "Tentunya volume alokasi Kepmen 91.K/2023 ini sangat krusial untuk dipatuhi sepenuhnya," tutul Yustinus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kanan kedua) bersama Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan pertama), Direktur Compliance Human Capital BSI Tribuana Tunggadewi (kiri kedua) dan SVP Corporate Secretary & Communication BSI Wisnu Sunandar (kiri pertama) saat konferensi pers BSI International Expo di Sentosa Senayan Jakarta.

Jumat, 14 Juni 2024 - 18:17 WIB

Wujudkan Komitmen Perkuat Ekosistem Halal Indonesia, BSI Gelar International Expo 2024

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) siap menggelar BSI International Expo 2024 yang akan diikuti lebih dari 270 tenant para pelaku usaha halal dalam dan luar negeri, serta potential buyer dari…

Press Conference Telapak

Jumat, 14 Juni 2024 - 17:09 WIB

Sebut Tak Ada Pelanggaran HAM di Kawasan Konsesi Blok Tanamalia PTVI, Telapak Sampaikan Rekomendasi

Perkumpulan Telapak Indonesia (Telapak), sebuah perkumpulan aktivis LSM, praktisi bisnis, akademisi, afiliasi media, serta masyarakat adat, menyampaikan rekomendasi kepada tiga pihak yakni PT…

Peran Multidisiplin untuk Penanganan Cedera Olahraga Secara Komprehensif

Jumat, 14 Juni 2024 - 16:42 WIB

Peran Multidisiplin untuk Penanganan Cedera Olahraga Secara Komprehensif

Cedera olahraga seringkali menjadi kendala yang menghalangi para atlet dan olahragawan, bahkan sport enthusiast, untuk mencapai performa terbaiknya. Namun, dengan pendekatan penanganan yang…

Ritel modern (Ist)

Jumat, 14 Juni 2024 - 16:10 WIB

Kemenperin Beberkan Sulitnya Produk IKM Masuk Ritel Modern

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membeberkan permasalahan sulitnya produk-produk hasil produksi Industri Kecil dan Menengah (IKM) masuk ke ritel modern di Tanah Air.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima CC Panglima US Indo-Pacom Bahas Kerja Sama Militer

Jumat, 14 Juni 2024 - 13:48 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima CC Panglima US Indo-Pacom Bahas Kerja Sama Militer

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima dari Courtesy Call (CC) Commanding General United States Army Pacific,Jenderal Samuel J. Paparo, yang menjadikan Indonesia sebagai tujuan pertamanya…