Gedung Danareksa Diresmikan, Dikelola PTPP

Oleh : Wiyanto | Jumat, 26 Mei 2023 - 19:29 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir saat meresmikan Gedung Danareksa besutan PTPP
Menteri BUMN Erick Thohir saat meresmikan Gedung Danareksa besutan PTPP

INDUSTRY.co.id-Jakarta-PT PP (Persero) Tbk, salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka di Indonesia (“PTPP”) meresmikan Gedung Menara Danareksa sebagai tanda telah dimulainya kegiatan operasional Gedung.

Pembangunan Menara Danareksa yang telah dimulai sejak tahun 2021 tersebut berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan No. 14, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Menara Danareksa diresmikan langsung oleh Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir yang ditandai secara simbolis melalui prosesi pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti.

Dalam acara peresmian tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir turut didampingi oleh Direktur Utama PTPP Novel Arsyad, Direktur Utama PT Danareksa (Persero) Yadi Jaya Ruchandi, jajaran pejabat Kementerian BUMN dan pejabat BUMN lainnya.

Acara peresmian tersebut dilaksanakan secara langsung di lokasi Lobby Menara Danareksa pada hari Jumat (26/05).

Menara Danareksa ini merupakan kerjasama antara PTPP sebagai Investor, Operator sekaligus Kontraktor dengan PT Danareksa sebagai Land Lord. Kerjasama ini adalah kerjasama kegiatan bidang usaha komersial Rental Office & Retail dengan Skema KSU (Kerja Sama Usaha) – BOT (Build Operate Transfer) selama masa konsesi 30 tahun (2022-2052).

Total Nilai Investasi adalah sebesar Rp 824 Miliar dengan Profit sharing PTPP 95% dan PT Danareksa 5% Menara Danareksa memiliki 22 (dua puluh dua) lantai yang terdiri dari 21 (dua puluh satu) lantai tower dan 1 (satu) lantai basement yang didirikan di atas lahan seluas 9.300 meter per segi dengan Gross Building Area sebesar 55.397 meter per segi dan Semi Gross Area sebesar 36.223 meter per segi.

Dari total 22 lantai, Menara Danareksa menyediakan 17 (tujuh belas) lantai yang diperuntukkan untuk ruang perkantoran dan Retail Area yang terdapat pada lantai Ground dan Upper Ground serta podium parkir yang terdiri dari 8 (delapan) lantai dengan kapasitas maksimal 400 (empat ratus) kendaraan.

Selain itu, Menara Danareksa dilengkapi dengan ruang pertemuan yang luas, modern, dan fasilitas yang komprehensif. Gedung ini memiliki Aryanusa Ballroom yang memiliki kapasitas sebesar s/d 1.000 orang. Menara Danareksa juga memiliki 7 (tujuh) meeting room (Anantara, Port, Bridge, Energy & urban Meeting Room) dengan kapastitas mulai dari 15 s/d 150 orang.

Menara Danareksa yang dikelola dan dikembangkan oleh PTPP ini telah beroperasi secara bertahap sejak bulan Oktober 2022 lalu. Hingga saat ini, Menara Danareksa telah menjalankan sejumlah event besar seperti meeting, wedding, dan salah satunya adalah event intimate concert bersama Judika di bulan Februari lalu. Year to Date Kontrak tenant mencapai occupancy sebesar 82%, dimana saat ini 62% telah beroperasi dan 20% sedang progress fitting out. Beberapa tenant kantor yang sudah beroperasi antara lain: Danareksa (Holding Capital, dan Finance), Kominfo, Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Pusat, Kyodo News, PT Ice Messengger Indonesia (Indochat), Kawasan Industri BUMN, dan Kliring Berjangka Indonesia.

Selain kantor, UNPAD Kampus Jakarta juga telah beroperasi di Gedung Menara Danareksa. Tenant Banking yang saat ini sudah beroperasi, antara lain : Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia, dan dilengkapi dengan ATM Center beberapa bank yang sedang fitting out. Tenant F&B yang sudah beroperasi adalah Liberica dan Aroem Manis. Beberapa tenant F&B lainnya sedang fitting out di foodcourt. Batik juga telah hadir di Gedung Menara Danareksa dan terus kami tingkatkan dengan adanya thematic events dalam menghadirkan karya pengrajin Indonesia. Ballroom Danareksa saat ini cukup banyak diminati masyarakat, mulai dari konser musik, rapat, hingga pernikahan. Dengan pencapaian tersebut, unit bisnis Menara Danareksa saat ini berhasil membukukan kinerja keuangan yang positif. “PTPP merupakan salah satu BUMN Karya yang memiliki salah satu kekuatan, yaitu expertise dalam pembangunan gedung-gedung sejenis. Contohnya beberapa kali saya menugaskan PTPP untuk membangun gedung hasilnya seperti ini “bagus”.

Direktur Utama dan Jajaran Direksi memiliki komitmen yang luar biasa yang selalu saya ingatkan bahwa penugasan itu harus melalui bisnis proses. Contohnya adalah gedung ini dimana saya sejak awal mewanti-wanti harus visible karena memang kita memliki citacita yang besar bahwa ketika IKN itu akan berdiri tentu aset-aset BUMN juga harus tetap kita tingkatkan value-nya,” ujar Erick Thohir selaku Menteri BUMN RI.

Erick Thohir menambahkan bahwa seiring dengan rencana pemindahan Ibukota Negara ke IKN, Jakarta terus berbenah mempersiapkan diri. Menteri BUMN Erick Thohir memahami kebutuhan Pemerintah DKI Jakarta dalam mempersiapkan kawasan Monas sebagai sebuah City Center baru.

Oleh karena itu, Erick memberi dukungan atas pembangunan City Center baru itu dengan meningkatkan nilai dari aset-aset BUMN yang ada di sekitar Monas. Tiga aset BUMN bernilai tinggi berada di Selatan Monas, yaitu Gedung Kementerian BUMN, dan Gedung Menara Danareksa yang baru direnovasi dan diresmikan pagi tadi, serta BSI Tower yang sedang dalam proses renovasi.

Menteri BUMN juga mengatakan bahwa konsolidasi antar BUMN harus terus ditingkatkan sebagaimana yang tengah dijalankan oleh PTPP dan Danareksa saat ini. Menara Danareksa dikerjakan dengan rapih dan dengan kualitas yang bagus, selain itu kawasan ini juga merupakan aset yang bagus.

“Menara Danareksa merupakan gedung perkantoran Grade A yang didesain dengan modern dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Gedung ini berada di lokasi yang strategis dan berdekatan dengan kawasan Monumen Nasional (“Monas”). Kami yakin bisnis ini akan menjadi bisnis yang menguntungkan dan bermanfaat bagi semua pihak. Sinergi BUMN ini merupakan wujud nyata kami dalam berkontribusi terhadap Indonesia yang tentu saja tidak lepas dari support dan andil yang besar dari Kementerian BUMN sehingga dapat terealisasi sebagai karya nyata dari BUMN untuk Indonesia”, ujar Novel Arsyad selaku Direktur Utama PTPP kepada media.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.