Fakta di Balik Perawatan Kardiologi Kelas Dunia di Malaysia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 25 Mei 2023 - 15:51 WIB

Fakta di Balik Perawatan Kardiologi Kelas Dunia di Malaysia
Fakta di Balik Perawatan Kardiologi Kelas Dunia di Malaysia

INDUSTRY.co.id - Kuala Lumpur - Infrastruktur perawatan jantung di Malaysia telah berkembang pesat sejak didirikan pada tahun 1960-an. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, fasilitas dan infrastruktur yang luar biasa, serta spesialis yang sangat kompeten dan memiliki kualifikasi tinggi, pusat-pusat jantung di Malaysia membuka masa depan perawatan jantung yang efisien dan berisiko rendah dengan prosedur invasif yang minimal.

Berbagai upaya kolaboratif dari Asosiasi Jantung Nasional Malaysia dan Kementerian Kesehatan, perawatan kardiologi di Malaysia telah mengalami evolusi yang luar biasa dalam hal pengembangan, penelitian, dan perawatan berkelanjutan terkait kardiologi serta kualitas layanan medis, yang berkontribusi membentuk ekosistem yang kuat untuk perawatan kardiologi. Hal ini secara signifikan memfasilitasi Malaysia menjadi pilihan terpercaya dan favorit untuk perawatan kardiologi di Asia Pasifik dan pilihan utama untuk perawatan kardiologi di Asia Pasifik, sekaligus mendapatkan reputasi sebagai Pusat Kardiologi di Asia.

The National Heart Institute (Institut Jantung Negara atau IJN), baru-baru ini memperkenalkan terapi penggantian transcatheter pulmonary valve (TPV) untuk membantu pasien dengan penyakit jantung bawaan. Prosedur ini berfokus pada pemulihan fungsi katup pulmonal dan ditujukan untuk anak-anak dan orang dewasa dengan penyakit jantung bawaan yang juga memiliki penyakit katup pulmonal, terutama mereka yang membutuhkan penggantian katup atau pembuatan saluran. Terapi TPV dapat dengan mudah mengganti katup yang rusak tanpa mengharuskan pasien menjalani prosedur invasif seperti operasi jantung terbuka, seperti yang sebelumnya diperlukan. Metode TPV IJN telah dievaluasi dan dibuktikan secara klinis, dengan rekam jejak selama 10 tahun yang menunjukkan keamanan dan kemanjurannya.

"IJN adalah yang pertama di Malaysia yang memperkenalkan TPV, yang merupakan bagian dari tujuan kami yang lebih luas supaya perawatan berkualitas tinggi dapat lebih mudah diakses. Di IJN, kami selalu antusias dalam mengeksplorasi dan memperkenalkan prosedur yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan jantung semua pasien kami," kata Datuk Dr. Aizai Azan Abdul Rahim, Chief Executive Officer IJN.

Sebagai salah satu pusat kardiologi terkemuka di Malaysia, Rumah Sakit Island Hospital di Penang meningkatkan fasilitas, teknologi, dan layanan jantung kelas dunia di Malaysia melalui alternatif bedah jantung berisiko rendah dengan tingkat keberhasilan lebih tinggi. "Memang benar bahwa sebagian besar pasien memiliki hasil yang sangat baik dengan Coronary Artery Bypass Grafting (CABG), tetapi dengan operasi bypass yang memiliki tingkat invasif yang seminimal mungkin, pasien memiliki risiko yang lebih rendah, mungkin satu hingga dua persen. Prosedur ini tidak diragukan lagi akan bermanfaat bagi pasien yang berisiko lebih tinggi, terutama mereka yang memiliki kerusakan jantung yang parah atau diabetes dan gagal ginjal," kata Dr. Eng Ji Bah, Konsultan Bedah Kardiotoraks Rumah Sakit Island Hospital.

Kemajuan teknologi digital juga memfasilitasi kemajuan perawatan kardiologi di negara ini. "Kemajuan teknologi digital di bidang kesehatan, khususnya di bidang kardiologi, akan memungkinkan para ahli jantung yang menggunakan teknologi tersebut untuk menawarkan perawatan kardiologi yang paling mutakhir dan canggih. Hal ini akan memberikan kami kemampuan untuk menilai risiko seseorang mengidap penyakit kardiovaskular sejak dini dan menawarkan perawatan yang lebih komprehensif dan terjangkau bagi mereka yang membutuhkan perawatan kardiologi baik di rumah sakit umum dan swasta," kata Dr. Annam Muthu, Konsultan Kardiolog dan Kardiolog Intervensional, Spesialis Grown Up Congenital Heart (GUCH) di Gleneagles Hospital Penang.

Malaysia telah mendapatkan pengakuan dunia atas keunggulannya dalam perawatan kardiologi, terutama melalui berbagai pencapaian serta terobosannya, selain menerima banyak penghargaan dari para pelaku industri dan masukan yang baik dari para pasien selama bertahun-tahun. Para wisatawan kesehatan dapat merasakan pengalaman akan perawatan dan pemulihan kardiologi yang holistik sembari menikmati pelayanan yang terbaik dari Malaysia Healthcare di tempat yang aman dan tepercaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dato Sri Mohammed Shaheen raih APEA 2024.

Jumat, 21 Juni 2024 - 00:28 WIB

Sukses Kembangkan Riyaz Group, Dato Sri Mohammed Shaheen Raih APEA 2024

Dato Sri Mohammed Shaheen pun mengungkap rahasia suksesnya mengembangkan Riyaz Group hingga mendapatkan penghargaan APEA 2024.

Komitmen BPDPKS terhadap peremajaan sawit rakyat

Kamis, 20 Juni 2024 - 23:00 WIB

BPDPKS, Aspekpir dan PalmCo Dorong Percepatan PSR di Sumut dan Aceh

Ratusan petani kelapa sawit dari Provinsi Sumatra Utara dan Aceh mengikuti Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Pola Kemitraan yang diselenggarakan di Medan,…

Modena dukung Ubud Food Festival 2024

Kamis, 20 Juni 2024 - 22:57 WIB

Modena Dukung Ubud Food Festival 2024, Lelang Kompor Freestanding

Didukung Modena, Ubud Food Festival 2024 bertujuan untuk merayakan keanekaragaman kuliner dan budaya Indonesia, serta menggalang dana guna mendukung program-program komunitas lokal.

Direktur Investasi PT ASABRI (Persero) Jeffry Haryadi P. Manullang didampingi Sekretaris Perusahaan, Okki Jatnika dan Kepala Kantor Cabang Utama Jakarta, Aris Karyawan bersama dengan Mitra Bayar Bank Mandiri Taspen yang diwakili oleh Distribution Head, Pande Putu Rambiawan menyerahkan manfaat Program Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Pensiun kepada Komjen Pol (Purn) Prof. Dr. Gatot Eddy Pramono, Msi

Kamis, 20 Juni 2024 - 22:46 WIB

Komjen Pol (Purn) Gatot Eddy Pramono Terima Pensiunan dari ASABRI

ASABRI Serahkan Manfaat Tabungan Hari Tua (THT) dan Jaminan Pensiun Pertama Kepada Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Komjen Pol (Purn) Gatot Eddy Pramono 

Wuling Alvez

Kamis, 20 Juni 2024 - 20:33 WIB

Harga Mulai Rp214 Juta, Wuling Alvez Paling Unggul di Segmen SUV Kompak

Wuling Motors turut meramaikan segmen sport utility vehicle (SUV) kompak dengan memasarkan Alvez. Memiliki segudang fitur dan spesifikasi, Alvez dinilai sebagai SUV kompak paling sepadan.