Sambut Kedatangan Sultan Brunei Darussalam, Menteri Basuki Pastikan Kelancaran Penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42

Oleh : Hariyanto | Kamis, 11 Mei 2023 - 10:22 WIB

Menteri PUPR Sambut Kedatangan Sultan Brunei Darussalam
Menteri PUPR Sambut Kedatangan Sultan Brunei Darussalam

INDUSTRY.co.id - Labuan Bajo - Memasuki hari kedua penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5/2023), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyambut kedatangan Sultan yang Di-Pertuan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah di Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo pada pukul 07.45 WITA dan akan mengantar kepulangan Sultan Hassanal Bolkiah pada hari berikutnya, Kamis siang, 11 Mei 2023. 

Kedatangan Sultan Brunei Darussalam tersebut merupakan kedatangan kepala negara anggota ASEAN terakhir, menyusul negara anggota lainnya yang telah hadir lebih dulu untuk mengikuti serangkaian kegiatan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo. 

Dalam penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 ini, Menteri Basuki berperan sebagai Penanggung Jawab Bidang Pelaksana KTT dan Logistik, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 Tahun 2023 mengenai Panitia Nasional Keketuaan Indonesia pada ASEAN Tahun 2023.

Sebagai Penanggung Jawab Bidang Pelaksana KTT dan Logistik, Menteri Basuki ingin memastikan kelancaran teknis penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42. Seperti teknis kedatangan dan kepulangan para pemimpin dan delegasi negara anggota ASEAN, serta keamanan dan keselamatan penyelenggaraan KTT ASEAN. Termasuk, antisipasi cuaca yang dapat mengganggu jalannya kegiatan.

“Mengenai cuaca, berdasarkan laporan BMKG, terdapat risiko hujan pada sore hingga petang. Sehingga pada tanggal 10-11 Mei 2023 telah dilakukan operasi modifikasi cuaca dengan kerjasama antara BMKG, BRIN, Kementerian Perhubungan, dan TNI,” jelas Menteri Basuki.

Selain berharap penyelenggaraan KTT ASEAN dapat berjalan lancar dari awal hingga akhir, Menteri Basuki juga berharap dampak kerja sama antar negara ASEAN dapat dirasakan secara konkret sehingga sesuai dengan tema keketuaan Indonesia di ASEAN yaitu “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.”

“Penyelenggaraan KTT ASEAN ini bukan sekedar seremonial saja, tetapi kami meyakini akan menghasilkan hal-hal yang lebih konkret dan ASEAN benar-benar menjadi epicentrum of growth,” tutup Menteri Basuki. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Fidi Sjamsoedin, Director Marketing & Innovation Sababay WInery

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:13 WIB

Sababay Winery Luncurkan SANGRIA Dengan Perpaduan Rasa Unik Dari Buah Dan Rempah Indonesia

Pelopor dalam industri wine Indonesia, Sababay Winery meluncurkan Sababay SANGRIA! Kaya akan rempah-rempah dan buah-buahan asli Indonesia, Sababay SANGRIA hadir dengan rasa yang unik.

Progres Pemulihan PDNS 2, 86 Layanan Telah Aktif

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:12 WIB

Menko Hadi Sampaikan Kabar! Progres Pemulihan Pusat Data Nasional Sementara 2, 86 Layanan Telah Aktif

Jakarta-Pemulihan layanan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah bertambah menjadi 86 layanan, yang berasal dari 16 tenant.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…