Sambut Kedatangan Sultan Brunei Darussalam, Menteri Basuki Pastikan Kelancaran Penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42

Oleh : Hariyanto | Kamis, 11 Mei 2023 - 10:22 WIB

Menteri PUPR Sambut Kedatangan Sultan Brunei Darussalam
Menteri PUPR Sambut Kedatangan Sultan Brunei Darussalam

INDUSTRY.co.id - Labuan Bajo - Memasuki hari kedua penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5/2023), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyambut kedatangan Sultan yang Di-Pertuan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah di Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo pada pukul 07.45 WITA dan akan mengantar kepulangan Sultan Hassanal Bolkiah pada hari berikutnya, Kamis siang, 11 Mei 2023. 

Kedatangan Sultan Brunei Darussalam tersebut merupakan kedatangan kepala negara anggota ASEAN terakhir, menyusul negara anggota lainnya yang telah hadir lebih dulu untuk mengikuti serangkaian kegiatan KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo. 

Dalam penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 ini, Menteri Basuki berperan sebagai Penanggung Jawab Bidang Pelaksana KTT dan Logistik, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 Tahun 2023 mengenai Panitia Nasional Keketuaan Indonesia pada ASEAN Tahun 2023.

Sebagai Penanggung Jawab Bidang Pelaksana KTT dan Logistik, Menteri Basuki ingin memastikan kelancaran teknis penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42. Seperti teknis kedatangan dan kepulangan para pemimpin dan delegasi negara anggota ASEAN, serta keamanan dan keselamatan penyelenggaraan KTT ASEAN. Termasuk, antisipasi cuaca yang dapat mengganggu jalannya kegiatan.

“Mengenai cuaca, berdasarkan laporan BMKG, terdapat risiko hujan pada sore hingga petang. Sehingga pada tanggal 10-11 Mei 2023 telah dilakukan operasi modifikasi cuaca dengan kerjasama antara BMKG, BRIN, Kementerian Perhubungan, dan TNI,” jelas Menteri Basuki.

Selain berharap penyelenggaraan KTT ASEAN dapat berjalan lancar dari awal hingga akhir, Menteri Basuki juga berharap dampak kerja sama antar negara ASEAN dapat dirasakan secara konkret sehingga sesuai dengan tema keketuaan Indonesia di ASEAN yaitu “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.”

“Penyelenggaraan KTT ASEAN ini bukan sekedar seremonial saja, tetapi kami meyakini akan menghasilkan hal-hal yang lebih konkret dan ASEAN benar-benar menjadi epicentrum of growth,” tutup Menteri Basuki. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.