Kader PDRI Mendukung dan Nyaleg Lewat Partai Ummat

Oleh : Wiyanto | Selasa, 11 April 2023 - 19:59 WIB

Ulama Karismatik KH Cholil Ridwan tokoh PDRI
Ulama Karismatik KH Cholil Ridwan tokoh PDRI

INDUSTRY.co.id-Jakarta – Ketua Dewan Syura Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) KH Cholil Ridwan meminta semua kader untuk mengajukan pencalegan lewat Partai Ummat karena PDRI belum bisa menjadi peserta Pemilu 2024.

“Semua kader PDRI kita himbau untuk mendukung dan nyaleg lewat Partai Ummat karena kita menganggap Partai Ummat sejalan dengan garis perjuangan PDRI yang membela Islam,” Kyai Cholil menegaskan di sela-sela pertemuan dengan Pengurus DPP Partai Ummat, Senin (10/4/2023).

Rombongan PDRI terdiri dari KH Cholil Ridwan, Sekretaris Jenderal PDRI Yunasdi, dan Wakil Ketua Umum PDRI Fikri Bareno. Mereka diterima oleh pengurus DPP Partai Ummat yaitu Wakil Ketua Umum Buni Yani, Ketua Bidang Pendidikan Aspizain Caniago, dan Selly Oltar yang menangani pencalegan di bawah Badan Pemenangan Pemilu Nasional (BPPN) Partai Ummat.

Dalam pertemuan yang ditutup dengan buka puasa bersama di kantor DPP Partai Ummat ini PDRI dan Partai Ummat menyetujui beberapa poin penting yang akan menjadi landasan kerjasama terkait pencalegan dalam usaha untuk menyatukan suara umat Islam.

Kyai Cholil mengatakan PDRI akan mengeluarkan surat rekomendasi kepada kader-kader terbaik PDRI sebagai syarat untuk maju menjadi caleg lewat Partai Ummat.

Silaturahmi antar partai politik Islam telah lama digagas oleh Partai Ummat untuk menyatukan suara umat Islam dalam Pemilu 2024. Di samping berkomunikasi dengan PDRI, Partai Ummat juga berkomunikasi dengan Partai Masyumi dan Partai Pelita, juga dengan banyak ormas Islam di seluruh Indonesia.

Pada Rakernas Partai Ummat Februari lalu, Partai Ummat mengundang KH Cholil Ridwan dan Ketua Majelis Permusyawaratan Partai Pelita Din Syamsuddin, Presidium Kesatuan Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Gatot Nurmantyo, dan sejumlah tokoh lainnya.

Setelah mengikuti acara Rakernas, Kyai Cholil memberikan himbauan kepada umat Islam. “Sebagai Ketua Pembina BKSPPI, Wakil Ketua Pembina Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia DDII dan Pimpinan Pesantren Husnayain saya sangat mengharapkan saudara-saudara seiman yang sudah terlanjur aktif atau menjadi pendukung partai-partai sekuler agar hijrah menjadi pendukung Partai Ummat minimal dalam Pilkada, Pemilu dan pilpres 2024,” demikian Kyai Cholil.

Kyai Cholil melanjutkan, “Partai Ummat dalam menyelenggarakan Rakernas perdananya yang mengundang ribuan pengurus partai dari seluruh Indonesia, tidak memilih hotel berbintang atau tempat-tempat yang terkesan wah.”

Namun, lanjut Kyai Cholil, “Partai Ummat memilih tempat di Asrama Haji Pondok Gede yang bersahaja dan sederhana dan biaya yang dibayarkan tidak masuk kantong pemilik hotel yang biasanya sudah kaya raya dan non muslim. Bahkan Hotel berbintang menyediakan minuman keras dan tidak menolak kalau digunakan untuk tindakan ma’shiyat lainnya.”

Wakil Ketua Umum Partai Ummat Buni Yani menyambut baik kedatangan Kyai Cholil dan rombongan dalam usaha untuk merekatkan tali silaturahmi antar partai politik Islam yang sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu.

“Ahlan wa sahlan Kyai Cholil. Seharusnya kami yang mendatangi Kyai Cholil karena kami ini kan murid-murid beliau. Tapi masya Allah justru beliau yang datang ke Partai Ummat. Kalau bukan karena niat untuk memperjuangkan Islam, tentu ini tak akan terjadi. Ini menunjukkan ketinggian ilmu dan adab yang perlu kita contoh dari Kyai Cholil,“ kata Buni.

Buni menambahkan acara pertemuan ini baru bisa terlaksana setelah sekian lama direncanakan. “Insya Allah ini adalah tanda-tanda yang baik. Mudahan ini adalah tanda-tanda bersatunya umat Islam menuju Pemilu 2024,“ pungkas Buni.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI saat dapat apresiasi BI

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:45 WIB

Konsisten Implementasi Program Pemberdayaan Usaha Kecil, Bank DKI Menerima Apresiasi dari Bank Indonesia

Bank DKI kembali menerima apresiasi dari Bank Indonesia, kali ini Bank DKI bersama 13 (tiga belas) Bank lainnya dinobatkan sebagai Bank Business Matching Pembiayaan UMKM.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Pameran Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair Kemayoran (JFK) tahun 2024, Rabu (12/06/2024). (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:35 WIB

Buka PRJ 2024, Jokowi: Event Ini Ditunggu Masyarakat

Jakarta-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Pameran Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair Kemayoran (JFK) tahun 2024, Rabu (12/06/2024), di Arena JI-Expo Kemayoran, Jakarta.

PT Metropolitand Land Tbk. (Metland)

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:34 WIB

Naik 5,64%, Metland Sukses Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp418 Miliar Sepanjang Tahun 2023

PT Metropolitan Land Tbk (Metland) sukses mencatat laba bersih sebesar sebesar Rp418 miliar sepanjang tahun 2023. Angka tersebut meningkat 5,64% dari periode yang sama tahun lalu.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:31 WIB

Panglima TNI Tegaskan Prajurit Main Judi Online, Siap-Siap Dapat Sanksi

tubuh TNI sudah ada aturan atau mekanisme penghargaan (reward) dan hukuman (punishment) bagi prajurit. Jika bertindak di luar aturan, prajurit akan diberikan hukuman yakni hukum, sedangkan berprestasi…

Konferensi pers, “Percepatan Pembangunan Perumahan Rakyat melalui Operasionalisasi Badan Percepatan Penyelenggaraan Perumahan (BP3)

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:25 WIB

The HUD Institute Desak Pemerintahan Prabowo-Gibran Segera Eksekusi Kelembagaan BP3

Ketua Majelis Tinggi The HUD Institute, Andrinof A. Chaniago menyebut bahwa kelembagaan Badan Percepatan Penyelenggaraan Perumahan (BP3) harus segera dieksekusi. Dan keberadaannya menjadi …