Harga-harga Bahan Pangan di Beberapa Pasar Mulai Terpantau Normal

Oleh : Wiyanto | Selasa, 04 April 2023 - 13:43 WIB

Pasar Tradisional (ist)
Pasar Tradisional (ist)

INDUSTRY.co.id-Bogor - Sejumlah bahan pangan pokok di Pasar-pasar Bogor, Jawa Barat terpantau normal. Ketersediaan aman dan harga relatif stabil. Kepastian ini disampaikan Kepala Unit Pasar Leuwiliang Bogor, Mulyadi. Menurutnya, sampai saat ini belum ada kenaikan signifikan harga karena pasokan yang dikirim berjalan lancar.

"Masih terlihat normal dan untuk stok bahan pangan pokok di pasar juga masih terbilang aman. Harga-harga relatif stabil karena pasokan terus datang," ujar Mulyadi, Selasa, 4 April 2023.

Mulyadi menjelaskan, harga beras medium saat ini berkisar di angka Rp10 sd 12 ribu per kg, beras premium Rp14 ribu per kg, bawang merah 32 ribu per kg, cabai merah Rp28 per kg, daging ayam Rp34 per kg, telur ayam Rp28 per kg dan daging sapi Rp130 per kg.

Menurutnya, harga tersebut masih terbilang normal karena apabila dibandingkan Maret bulan lalu kenaikannya relatif kecil yaitu antara Rp200 hingga Rp500 perak. Begitu juga dengan harga daging sapi yang stabil di harga Rp130 ribu perkilogram.

"Di Pasar Leuwiliang bisa dipastikan harga-harga normal dan belum ada kenaikan yang cukup tinggi. Namun untuk keramaian mulai meningkat sejak hari pertama puasa. Peningkatannya kurang lebih 20 persen," katanya.

Di Pasar Rakyat Tamansari, Bogor, salah seorang pedagang setempat, Saeful, mengatakan bahwa harga-harga relatif normal meski terdapat kenaikan pada daging sapi sebesar Rp5000. Jadi harga yang dijual saat ini mencapai Rp135 ribu perkilogram.

"Yang lainya cabai rawit hanya Rp20 ribu dan cabai jablai Rp50 ribu. Hanya pada daging sapi yang naik Rp5 ribu menjadi Rp135 ribu," jelasnya.

Terpisah, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini mengatakan bahwa ada tiga subsektor yang sejauh ini konsisten menjadi penyokong utama bagi kokohnya perekonomian Nasional. Di antaranya ditopang oleh komoditas perkebunan seperti kelapa sawit, jagung, cabe rawit dan juga kopi. Kesemua komoditas tersebut meningkat dan mampu mendongkrak pasokan ke pasar domestik maupun luar negeri.

Terkit kondisi tersebut, BPS merilis kenaikan nilai tukar petani atau NTP pada subsektor perkebunan, peternakan, maupun subsektor hortikultura. NTP perkebunan pada bulan Maret 2023 berada pada posisi tertinggi, yaitu 129,47 atau naik 1,94 persen. Sedangkan NTP subsektor hortikultura mencapai 113,16 atau naik 1,91 persen, serta peternakan 100,34 atau naik 0,58 persen.

"Komoditas yang dominan dalam kenaikan subsektor perkebunan adalah kelapa sawit, kopi dan karet," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MoU Binawan dengan Susie Care di Belanda.

Selasa, 18 Juni 2024 - 21:55 WIB

Binawan Siap Tempatkan Perawat Indonesia Bekerja di Fasilitas Milik Pemerintahan Belanda

Impian perawat Indonesia untuk bisa bekerja di benua Eropa, khususnya Belanda, kini terwujud lewat kerjasama yang terjalin antara Binawan Group dengan Susie Care.

Penyediaan dan penyaluran livestock (sapi hidup) untuk menjaga pasokan dna memenuhi permintaan selama HBKN.

Selasa, 18 Juni 2024 - 16:06 WIB

Potong Ratusan Hewan Kurban, ID FOOD Dorong Peningkatan Konsumsi Protein Hewani Masyarakat

Jakarta - Memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Holding BUMN Pangan ID FOOD melaksanakan penyaluran dan pemotongan ratusan hewan kurban di sejumlah provinsi. Selain untuk memaknai…

Fortune Mengumumkan 500 Perusahaan Terbesar di Asia Tenggara

Selasa, 18 Juni 2024 - 15:48 WIB

Fortune Mengumumkan 500 Perusahaan Terbesar di Asia Tenggara

Fortune meluncurkan peringkat 500 Perusahaan Terbesar di Asia Tenggara atau disebut Fortune Southeast Asia 500 untuk tahun 2024, daftar pertama perusahaan-perusahaan terbesar di kawasan ini,…

Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik

Selasa, 18 Juni 2024 - 15:00 WIB

Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik

Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik, meluncurkan inovasi terbarunya, fasilitas Call Center untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Fasilitas Call Centre…

Rayakan Momen Idul Adha, Danone Indonesia Berbagi 373 Hewan Kurban di Berbagai Wilayah di Indonesia

Selasa, 18 Juni 2024 - 14:27 WIB

Rayakan Momen Idul Adha, Danone Indonesia Berbagi 373 Hewan Kurban di Berbagai Wilayah di Indonesia

Sejalan dengan semangat berbagi di Hari Raya Idul Adha 1445 H di tahun ini, Danone Indonesia kembali menyumbangkan dan membagikan hewan kurban kepada masyarakat melalui pabrik-pabriknya yang…