Bisnis Keramik Makin Bersinar, Arwana Citramulia Siap Bangun Pabrik Baru di Jawa Barat

Oleh : Ridwan | Kamis, 09 Maret 2023 - 19:50 WIB

CFO PT Arwana Citramulia Tbk Rudy Sujanto bersama COO PT Arwana Citramulia Tbk Edy Suyanto seusai agenda RUPST (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
CFO PT Arwana Citramulia Tbk Rudy Sujanto bersama COO PT Arwana Citramulia Tbk Edy Suyanto seusai agenda RUPST (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri keramik dalam negeri diproyeksi akan semakin bersinar di tahun 2023. Hal ini juga didorong massifnya pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang digencarkan oleh pemerintah.

Bentang keseluruhan luas daratan IKN Nusantara sebesar 256.142 hektare (ha) dengan proyeksi pembangunan kawasan pengembangan IKN Nusantara sebesar 78 persen atau seluas 199.962 ha bisa dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder industri keramik dan menetapkan IKN Nusantara sebagai potensial market. 

"Industri keramik sangat menjanjikan kedepan, secara over all industri ini masih sangat menjanjikan. Apalagi ditopang dengan massifnya pembangunan di IKN Nusantara," kata Chief Operating Officer (COO) PT Arwana Citramulia Tbk Edy Suyanto di Jakarta, Kamis (9/3).

Optimisme tersebut juga ditopang dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 12 Tahun 2021 tentang Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Dalam Perpres tersebut disebutkan bahwa kementerian, lembaga perangkat daerah wajib menggunakan produk dalam negeri termasuk rancang bangun dan perekayasa nasional yang mempersyaratkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) paling sedikit 40 persen.

"Regulasi ini tentu sangat membantu, sehingga produsen keramik dalam negeri akan bahu membahu menimgkatkan kapasitas produksi, dan tentunya pasar industri keramik akan semakin menjanjikan kedepannya," terangnya.

Untuk merebut pangsa pasar keramik, PT Arwana Citramulia Tbk. (ARNA) telah menyelesaikan pembangunan pabrik baru Plant 5C di Mojokerto, Jawa Timur, dengan kapasitas produksi mencapai 4,4 juta m2 per tahun, dan ditargetkan akan beroperasi pada kuartal kedua tahun 2023. 

Perseroan juga telah resmi mengawali pembangunan Plant 4C di Ogan Ilir, Sumatera Selatan, yang nantinya akan memiliki kapasitas produksi mencapai 4 juta m2 per tahun.

Tidak berhenti sampai disitu, perseroan juga berencana membangun pabrik baru Plant 6 di Jawa Barat. "Kami berencana akan membangun pabrik baru Plant 6. Kami juga sedang memilih dua tempat di Jawa Barat untuk lokasi pabrik baru nanti. Yang pasti pabrik baru ini harus memiliki landbank yang sangat besar," jelas Edy.

Dirinya memastikan pembangunan pabrik baru Plant 6 tersebut akan dilakukan pada tahun 2025. "Direncanakan tahun 2025 kami akan memulai proses pembangunan pabrik baru tersebut," tuturnya.

Meski demikian, dirinya belum dapat menyebut terkait lokasi dan investasi untuk pabrik baru Palnt 6 tersebut. "Yang pasti kami saat ini sedang memilih dua lokasi di Jawa Barat yang pasokan gas-nya mencukupi," jelas Edy.

Dengan beroperasinya seluruh pabrik, perseroan optimis dapat memenuhi pertumbuhan permintaan keramik di dalam negeri.

Perlu diketahui, pemilik nama "ARNA" (kode saham-red) hingga saat ini tercatat telah memiliki lima pabrik keramik yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari Tangerang, Serang, Gresik, Ogan Ilir dan Mojokerto dengan kapasitas produksi mencapai 65 juta meter persegi per tahun.

ARNA sendiri sejatinya telah menjadi produsen keramik terbesar di Indonesia dan peringkat kesembilan di dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…