Bisnis Keramik Makin Bersinar, Arwana Citramulia Siap Bangun Pabrik Baru di Jawa Barat

Oleh : Ridwan | Kamis, 09 Maret 2023 - 19:50 WIB

CFO PT Arwana Citramulia Tbk Rudy Sujanto bersama COO PT Arwana Citramulia Tbk Edy Suyanto seusai agenda RUPST (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
CFO PT Arwana Citramulia Tbk Rudy Sujanto bersama COO PT Arwana Citramulia Tbk Edy Suyanto seusai agenda RUPST (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Industri keramik dalam negeri diproyeksi akan semakin bersinar di tahun 2023. Hal ini juga didorong massifnya pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang digencarkan oleh pemerintah.

Bentang keseluruhan luas daratan IKN Nusantara sebesar 256.142 hektare (ha) dengan proyeksi pembangunan kawasan pengembangan IKN Nusantara sebesar 78 persen atau seluas 199.962 ha bisa dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder industri keramik dan menetapkan IKN Nusantara sebagai potensial market. 

"Industri keramik sangat menjanjikan kedepan, secara over all industri ini masih sangat menjanjikan. Apalagi ditopang dengan massifnya pembangunan di IKN Nusantara," kata Chief Operating Officer (COO) PT Arwana Citramulia Tbk Edy Suyanto di Jakarta, Kamis (9/3).

Optimisme tersebut juga ditopang dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 12 Tahun 2021 tentang Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Dalam Perpres tersebut disebutkan bahwa kementerian, lembaga perangkat daerah wajib menggunakan produk dalam negeri termasuk rancang bangun dan perekayasa nasional yang mempersyaratkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) paling sedikit 40 persen.

"Regulasi ini tentu sangat membantu, sehingga produsen keramik dalam negeri akan bahu membahu menimgkatkan kapasitas produksi, dan tentunya pasar industri keramik akan semakin menjanjikan kedepannya," terangnya.

Untuk merebut pangsa pasar keramik, PT Arwana Citramulia Tbk. (ARNA) telah menyelesaikan pembangunan pabrik baru Plant 5C di Mojokerto, Jawa Timur, dengan kapasitas produksi mencapai 4,4 juta m2 per tahun, dan ditargetkan akan beroperasi pada kuartal kedua tahun 2023. 

Perseroan juga telah resmi mengawali pembangunan Plant 4C di Ogan Ilir, Sumatera Selatan, yang nantinya akan memiliki kapasitas produksi mencapai 4 juta m2 per tahun.

Tidak berhenti sampai disitu, perseroan juga berencana membangun pabrik baru Plant 6 di Jawa Barat. "Kami berencana akan membangun pabrik baru Plant 6. Kami juga sedang memilih dua tempat di Jawa Barat untuk lokasi pabrik baru nanti. Yang pasti pabrik baru ini harus memiliki landbank yang sangat besar," jelas Edy.

Dirinya memastikan pembangunan pabrik baru Plant 6 tersebut akan dilakukan pada tahun 2025. "Direncanakan tahun 2025 kami akan memulai proses pembangunan pabrik baru tersebut," tuturnya.

Meski demikian, dirinya belum dapat menyebut terkait lokasi dan investasi untuk pabrik baru Palnt 6 tersebut. "Yang pasti kami saat ini sedang memilih dua lokasi di Jawa Barat yang pasokan gas-nya mencukupi," jelas Edy.

Dengan beroperasinya seluruh pabrik, perseroan optimis dapat memenuhi pertumbuhan permintaan keramik di dalam negeri.

Perlu diketahui, pemilik nama "ARNA" (kode saham-red) hingga saat ini tercatat telah memiliki lima pabrik keramik yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari Tangerang, Serang, Gresik, Ogan Ilir dan Mojokerto dengan kapasitas produksi mencapai 65 juta meter persegi per tahun.

ARNA sendiri sejatinya telah menjadi produsen keramik terbesar di Indonesia dan peringkat kesembilan di dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ricco Survival Yubaidi, S.H., M.Kn., Ph.D. Notaris, PPAT, Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia

Rabu, 19 Juni 2024 - 08:05 WIB

PT Perorangan: Solusi Praktis untuk Percepatan Usaha di Indonesia

Dalam ekosistem bisnis di Indonesia, ada dua bentuk perseroan yang diakui secara hukum: Perseroan Perorangan (PTP) dan Perseroan Terbatas (PT). Masing-masing bentuk perseroan ini memiliki karakteristik…

MoU Binawan dengan Susie Care di Belanda.

Selasa, 18 Juni 2024 - 21:55 WIB

Binawan Siap Tempatkan Perawat Indonesia Bekerja di Fasilitas Milik Pemerintahan Belanda

Impian perawat Indonesia untuk bisa bekerja di benua Eropa, khususnya Belanda, kini terwujud lewat kerjasama yang terjalin antara Binawan Group dengan Susie Care.

Penyediaan dan penyaluran livestock (sapi hidup) untuk menjaga pasokan dna memenuhi permintaan selama HBKN.

Selasa, 18 Juni 2024 - 16:06 WIB

Potong Ratusan Hewan Kurban, ID FOOD Dorong Peningkatan Konsumsi Protein Hewani Masyarakat

Jakarta - Memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Holding BUMN Pangan ID FOOD melaksanakan penyaluran dan pemotongan ratusan hewan kurban di sejumlah provinsi. Selain untuk memaknai…

Fortune Mengumumkan 500 Perusahaan Terbesar di Asia Tenggara

Selasa, 18 Juni 2024 - 15:48 WIB

Fortune Mengumumkan 500 Perusahaan Terbesar di Asia Tenggara

Fortune meluncurkan peringkat 500 Perusahaan Terbesar di Asia Tenggara atau disebut Fortune Southeast Asia 500 untuk tahun 2024, daftar pertama perusahaan-perusahaan terbesar di kawasan ini,…

Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik

Selasa, 18 Juni 2024 - 15:00 WIB

Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik

Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik, meluncurkan inovasi terbarunya, fasilitas Call Center untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Fasilitas Call Centre…