Gelar IPOS Vol.8, IVENDO Bakal Usulkan Hari Pekerja Event Nasional

Oleh : Ridwan | Sabtu, 04 Maret 2023 - 09:25 WIB

Konferensi pers IPOS Vol.8
Konferensi pers IPOS Vol.8

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Setelah dua (2) tahun vacuum karena pandemi, forum B2B tahunan para pelaku industri penyelenggara kegiatan atau event ke-8 (IPOS Vol.8) kembali hadir. 

Setalah 2 tahun tidak diselenggarakan, banyak pelaku industri MICE & Event yang ingin bertatap muka langsung dan membutuhkan update terkini perihal hotel, venue, transportasi, suppliers di seluruh destinasi di Indonesia.

"Apalagi saat ini sudah banyak bermunculan venue fan destinasi-destinasi baru yang perlu diperkenalkan, tidak hanya fasilitasnya tetapi juga para PIC-nya. Karena pasca pandemk PIC-nya sudah banyak berganti," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Industri Event Indonesia (IVENDO) Ilyas M. Balillah di Jakarta (3/3).

Mengusung tema "Bakudapa atau Saling Betemu Muka", perhelatan IPOS Vol.8 akan diselenggarakan pada tanggal 16-18 Mei 2023 di The Sultan Hotel & Residence Jakarta.

Diharapkan lebih dari 200 delegasi dari PCO, PEO, EO, WO, Promotor termasuk Korporasi, K/L, industri perhotelan & venue-venue terkemuka di Indonesia akan menghadiri IPOS Vol.8

Disamping forum bisnis table-top, tahun ini diselenggarakan pula forum Destination Update yang menghadirkan perwakilan dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang ditunggu-tunggu oleh para Buyer dan Dialog Interaktif perihal Link & Match dunia Pendidikan dan Industri Event Indonesia.

IVENDO mencatat, 97,86% penyelenggara event sudah kembali menerima pekerjaan di tahun 2022 yang diselenggarakan di 25 provinsi di seluruh Indonesia. Event yang dilaksanakan meliputi meeting (14,82%), pameran (12,14%), incentive (11,61%), entertainment (11,61%), festival (9,82%), konvensi (8,21%), pelatihan (8,04%), sport (5,36%), dan lainnya (18,40%).

“Atas dasar itulah penyelenggaraan IPOS Vol.8 ini menjadi penting dan strategis. Setelah 2 tahun tidak diselenggarakan, banyak pelaku industri MICE & Event yang ingin bertatap muka langsung dan membutuhkan update terkini perihal penawaran hotel, venue, transportasi, suppliers di seluruh destinasi di Indonesia” ungkap Harry D. Nugraha, sebagai pendiri IPOS. 

Sementara itu, Ketua Umum DPP IVENDO, Mulkan Kamaludin menyatakan, pihaknya sangat menghargai perhatian dan dukungan yang diberikan pemerintah. 

Menurutnya, semua ini adalah sinyal yang baik dan positif untuk para pemangku kepentingan industri event di Indonesia.

"Rasanya ini waktu yang tepat untuk mengusulkan ke pemerintah adanya Hari Pekerja Event Nasional, sebagai upaya untuk mengglorifikasikan bangkitnya industri pariwisata melalui event-event yang berkualitas di seluruh nusantara," terangnya.

Seperti diketahui, diberbagai kesempatan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terus mendorong para pelaku industri event untuk membuat event yang berkualitas dan menjemput bola ke daerah-daerah.

Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah meminta jajaran kepolisian dan kepala daerah untuk memberikan izin event secara cepat dan mudah minimal 1 bulan, sehingga pihak penyelenggara dapat mempersiapkan acara dengan matang.

"Tahun 2023 ini diperkirakan ada kurang lebih 3000-an event olahraga dan seni ini bagus untuk ekonomi kita," ucap Presiden Joko Widodo di acara APPSI baru-baru ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Arfindi Batubara (Marketing Director LIXIL Water Technology Indonesia) dan Hasan Alatas (Head of HOIRe by Lifetime Design)

Sabtu, 13 Juli 2024 - 23:33 WIB

American Standard Warnai Instalasi Rumah Dalam Mall Arief Muhammad

Koleksi terbaru American Standard itu tampil di kids bathroom dalam instalasi rumah-dalam-mall The House Within hasil kolaborasi Lifetime Design dengan Arief Muhammad.

Karyawan SBI Pabrik Cilacap saat menyiapkan semen kantong yang siap kirim di emplasemen kereta api Karangtalun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:35 WIB

Dinilai Memiliki Kinerja Menjanjikan, SIG Masuk Daftar Konstituen Indeks PEFINDO i-Grade

Jakarta– Saham PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) ditetapkan sebagai konstituen PEFINDO Investment Grade Index (Indeks PEFINDO i-Grade) periode Juli - Desember 2024 oleh PT Pemeringkat…

Fidi Sjamsoedin, Director Marketing & Innovation Sababay WInery

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:13 WIB

Sababay Winery Luncurkan SANGRIA Dengan Perpaduan Rasa Unik Dari Buah Dan Rempah Indonesia

Pelopor dalam industri wine Indonesia, Sababay Winery meluncurkan Sababay SANGRIA! Kaya akan rempah-rempah dan buah-buahan asli Indonesia, Sababay SANGRIA hadir dengan rasa yang unik.

Progres Pemulihan PDNS 2, 86 Layanan Telah Aktif

Sabtu, 13 Juli 2024 - 20:12 WIB

Menko Hadi Sampaikan Kabar! Progres Pemulihan Pusat Data Nasional Sementara 2, 86 Layanan Telah Aktif

Jakarta-Pemulihan layanan pada Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 telah bertambah menjadi 86 layanan, yang berasal dari 16 tenant.

PJI Company of The Year Competition

Sabtu, 13 Juli 2024 - 15:17 WIB

PJI, Zurich, Starbucks, dan AIG Bersinergi Bawa Pelajar Indonesia ke Kompetisi Wirausaha Tingkat Global

Untuk merayakan puncak program edukasi kewirausahaan Student Company, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dengan dukungan Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, The Starbucks Foundation, Starbucks…