Pameran Keramika & Megabuild Indonesia Resmi Dibuka Menperin Agus

Oleh : Ridwan | Jumat, 24 Februari 2023 - 11:10 WIB

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Ketua Umum Asaki Edy Suyanto saat berfoto bersama seusai pembukaan Keramika dan Megabuild 2023
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Ketua Umum Asaki Edy Suyanto saat berfoto bersama seusai pembukaan Keramika dan Megabuild 2023

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita secara resmi membuka pameran Keramika dan Megabuild Indonesia (MBI) yang diselenggarakan mulai dari 23 - 26 Februari 2023 di Jalarta Convention Center (JCC) Senayan.

Keramika merupakan pameran industri keramik yang menghadirkan berbagai produsen keramik Indonesia dan luar negeri seperti tile, sanitary, roofing dan tableware hingga perusahaan-perusahaan yang menyediakan teknologi, mesin hingga bahan baku untuk industri keramik.

Sementara Megabuild Indonesia merupakan pameran bahan bangunan, interior, arsitektur dan kontruksi.

Kedua pameran yang dihadirkan dengan konsep in-conjunction oleh Panorama Media bersama Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI) ini akan menjadi pameran terbesar produk bahan bangunan, interior, arsitektur, dan industri keramik di Indonesia yang diadakan di pusat kota Jakarta.

Pemerintah menyakini jika tahun 2023 sebagai momentum kebangkitan sektor industri keramik di tanah air setelah pandemi. Hal tersebut ditandai dengan langkah penggelontoran dana segar ke dalam sektor industri di tahun 2022 lalu sebagai langkah untuk memperkuat investasi dan pemenuhan permintaan pasar domestik maupun global.

“Kita dapat melihat jika terjadi kinerja positif industri keramik sebagai subsektor dari industri bahan galian nonlogam, tumbuh sebesar 1,35% dengan kontribusi 0,47% (year on year/yoy) pada tahun 2022 lalu. Pencapaian positif itu sekaligus menempatkan industri bahan galian nonlogam sebagai peringkat kedua dalam kontribusi perkembangan investasi di sektor industri kimia, farmasi, dan tekstil (IKFT)," kata Menperin Agus.

Dirinya mengungkapkan bahwa, permintaan pasar dalam negeri untuk ubin kayu telah mencapai 7,8 juta ton, ini menunjukan daya saing ubin keramik dalam negeri semakin kuat dengan ditandai meningkatnya proposi supply local dibandingkan import. 

Optimisme kebangkitan industri bahan bangunan nasional, khususnya produk ubin keramik Indonesia juga semakin terlihat jelas dengan adanya Undang Undang Nomor 3 Tahun 2022 mengenai Ibu Kota Nusantara (IKN). 

"Dapat kita bayangkan dengan keseluruhan luas IKN sebesar 256,142 hektar, menjadi peluang yang sangat bagus sekali untuk dimanfaatkan oleh seluruh stakeholder bahan bangunan dan jasa konstruksi nasional untuk menetapkan IKN sebagai potensi pasar dalam peningkatan utilitas produksi dan upaya menekan laju import," terangnya.

Setelah bergulat dengan kenyataan pandemi di tahun 2020 hingga 2023, kegiatan infrastruktur mulai menggeliat dan hal ini ditambah adanya komitmen pemerintah dalam penggunaan barang dan jasa dalam negeri menjadi angin segar bagi sektor konstruksi untuk tetap terus tumbuh. 

Di tahun 2023 ini, industri konstruksi diperkirakan tetap tumbuh sebesar 5,78%. Ini didorong oleh residensial, industrial, infrastruktur sebagai tiga penggerak pasar konstruksi di Indonesia.

Bukan hanya infrastruktur, kapasitas produksi keramik nasional tercatat sudah mencai 79% di tahun 2022, dan ini merupakan angka utilisasi kapasitas produksi keramik tertinggi sejak 2014.

“Melanjutkan kinerja tahun 2022, industri keramik diprediksi tetap melaju di tahun 2023, ketidakpastian ekonomi tetap terus menciptakan peluang baru untuk kami," tutur Edy Suyanto, Ketua Umum Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI). 

Dirinya menyebut, proyeksi tingkat utilisasi dan kapasitas produksi keramik terus naik ke level 83-85% dan juga target pertumbuhan penjualan ekspor keramik sekitar 5% di tahun 2023 ini. 

"Kita patut berbangga karena saat ini Indonesia sudah menduduki peringat ke-4 dari 5 besar produsen keramik di dunia dengan kapasitas produksi sebesar 551 juta m2 per tahun. Terima kasih kepada pemerintah Indonesia yang selalu mendukung para produsen keramik Indonesia," papar Edy.

Bertumbuhnya sektor infrastuktur, bahan bangunan, dan juga keramik ini menjadi suatu bukti bahwa perekonomian Indonesia tetap terus berjalan ke arah semakin positif. Bahkan biro statistik merilis kinerja ekonomi Indonesia di tahun 2022 tumbuh 5,31% dibandingkan dengan tahun 2021.

Seluruh 17 lapangan usaha tumbuh positif dan memimpin di sektor-sektor yang paling menentukan seperti industri perdanganan, pertambangan, pertanian dan juga konstruksi. Hal ini membuktikan tren positif dan pertumbuhan yang cukup memberikan kesan positif.

Megabuild Indonesia edisi ke-20 dan juga Keramika Indonesia edisi ke-9 tahun ini akan diikuti oleh lebih dari 400 merek dari 12 negara dan regional seperti Singapura, Malaysia, Korea, India, China, Vietnam, Italia, Jepang, Jerman, Taiwan, Thailand, dan tentunya Indonesia. 

Antusias dari para pemilik merek untuk bergabung di edisi kali ini meningkat tajam dari edisi-edisi sebelumnya, hal ini dikarenakan kehausan untuk memamerkan produk, tren, teknologi dan inovasi terbaru mereka, bahkan diantaranya adalah tampilan perdana.

Keramika Indonesia sebagai ASEAN’s only Dedicated Ceramic Event dan juga merupakan pameran industri keramik terbesar di ASEAN ini: kali ini menghadirkan banyak produk dan program terbaru. 

Pameran Keramika Indonesia diikuti oleh pemain-pemain besar Keramik Indonesia seperti Roman, Arwana, Niro, Milan, KIA, Essenza, Kanmuri, dan Indogress. Pameran ini akan menjadi ajang yang sangat seru karena semua produsen keramik besar Indonesia sudah mempersiapkan produk baru, tren baru yang akan berlaku sepanjang tahun 2023 ini.

Selain keseruan dari para pelaku bisnis, kedua pameran ini juga diisi dengan puluhan kegiatan yang berlangsung selama 4 hari pameran seperti acara seperti Keramika Conference 2023, business matching, Indonesia Trade Connect Program, The Latest Innovation & Technology showcase, Seminar dan workshop, Ceramic Charity hingga tawaran harga produk dengan promo-promo khusus dan menggiurkan yang dapat diperoleh dan dinikmati oleh para pengunjung.

Khusus pengunjung VIP dapat menikmati fasilitas Business Lounge secara Gratis yang dipersembahkan oleh GoWork Coworking Space di pameran tersebut. 

Pengunjung dapat bekerja ataupun meeting di Business Lounge GoWork yang dirancang dengan nuansa Coworking Space yang nyaman digunakan. 

GoWork sendiri merupakan penyedia ruang kerja bersama dan sewa kantor terkemuka di Indonesia dengan konsep yang modern dan telah tersebar di 25 lokasi di seluruh Indonesia. 

Dukungan dari Asosiasi Kontraktor Bangunan, Pengembang, Arsitek, hingga Interior Desainer 
Indonesia pameran Megabuild dan Keramika Indonesia 2023 didukung oleh berbagai asosiasi profesi seperti Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII), Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta, Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI), Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI), Green Building Council Indonesia (GBCI), Green Product Council Indonesia (GPCI), Kontraktor Interior Desain Indonesia (KIDI), Himpunan Desainer Mebel Indonesia (HDMI) dan masih lagi lainnya.

Pameran Megabuild dan Keramika Indonesia 2023 didukung oleh Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat, Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…