Pendiri Maka Capital Kailash Raghuwanshi Optimis Melihat Pasar Modal Indonesia

Oleh : Hariyanto | Minggu, 19 Februari 2023 - 14:26 WIB

Maka Capital
Maka Capital

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dewasa ini, telah banyak perusahaan tahap awal atau early stage company yang tumbuh di Indonesia. Sayangnya tidak semua perusahaan tersebut bisa tumbuh secara maksimal, ditengarai lantaran sulitnya mengakses permodalan serta model usaha yang tidak sustainable. Oleh sebab itu, Maka Capital lahir sebagai perusahaan capital advisory sekaligus investasi yang membina perusahaan tahap awal dan membiayai pre-IPO financing.

Maka Capital didirikan oleh Kailash Raghuwanshi dan Mahardika Prima, setelah keduanya mendirikan perusahaan teknologi finansial yang sebelumnya sempat ingin melakukan Initial Public Offering (IPO). Sebagai ekspatriat yang telah menjadi advisor di beberapa usaha di berbagai negara, Kailash melihat potensi untuk banyak perusahaan tahap awal melantai di Bursa Efek Indonesia. Menurutnya, Pasar Modal Indonesia masih tertinggal jauh dibanding negara tetangga di Asia Tenggara.

“Misi besar kami di Maka Capital adalah ingin membuka akses permodalan ke perusahaan-perusahaan yang berpotensi memajukan Indonesia, salah satunya dengan IPO. Saya percaya IPO adalah titik permulaan perusahaan untuk tumbuh, bukan sekedar tempat untuk menggalang dana dari masyarakat,” kata Kailash yang dikutip INDUSTRY.co.id, Minggu (19/2/2023).

Pada awal karirnya, Kailash adalah seorang periset untuk teknologi RFID di New York, sebelum bergabung menjadi periset di Singapore Management University pada tahun 2011. Setelah beberapa tahun berkarir di Singapura, Kailash memulai perjalanannya bersama perusahaan modal ventura bernama Rocket Internet, yang melahirkan perusahaan seperti Zalora, Lazada, dan FoodPanda. Ia terlibat langsung dalam ekspansi perusahaan tersebut.

Pada tahun 2014, Kailash menjabat di perusahaan modal ventura asal Swiss yaitu Mountain Partners, sebelum akhirnya bergabung ke Kejora Capital yang merupakan perusahaan modal ventura ternama di Indonesia. Ia juga aktif berinvestasi secara personal di beberapa perusahaan startup dan telah meraih keberhasilan divestasi (exit) antara tahun 2015-2017.

Pada tahun 2016, Kailash bergabung ke perusahaan inkubator bernama Oxdream yang merupakan salah satu perusahaan inkubator aktif berdasarkan Inc42 dan menjalankan dana untuk berinvestasi di startup bersama Mahardika Prima. Hingga tahun 2018, Oxdream berpartisipasi dalam beberapa perusahaan seperti Sticar yang melakukan kerjasama akuisisi strategis dengan Marvons, dan juga berpartisipasi dalam investasi di PT Scan Nusantara yang kini dikenal dengan nama PT Envy Technologies Tbk (ENVY) sebelum melantai di bursa saham pada tahun 2019.

Kailash pun pernah menjabat sebagai Board Member dari Landcent, perusahaan non-profit asal belanda dan membantu penggalangan dana. Kailash berhasil menggalang dana dari perusahaan non-profit milik Bill Gates yakni Bill and Melinda Gates Foundation. Ia juga terlibat dalam ekspansi perusahaan crowdfunding asal eropa, FundedByMe, dan membantu operasi di berbagai negara serta penggalangan dana hingga USD3 Juta sebelum akhirnya mendirikan perusahaan fintech bernama Gua Digital yang diambil alih oleh perusahaan teknologi pemasaran digital Capella Digicrats.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.