Ninja Xpress Menggiatkan Gerakan Pengelolaan Sampah Belanja Online untuk Mewujudkan Logistik Ramah Lingkungan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 Januari 2023 - 10:18 WIB

Ninja Xpress Menggiatkan Gerakan Pengelolaan Sampah Belanja Online
Ninja Xpress Menggiatkan Gerakan Pengelolaan Sampah Belanja Online

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  – Melihat semakin banyaknya sampah yang dihasilkan dari aktivitas bisnis online, Ninja Xpress bersama shipper berinisiatif menggiatkan kegiatan pengumpulan sampah untuk didaur ulang. Kali ini, Ninja Xpress turut serta mengajak karyawan mengumpulkan sampah belanja online mereka.

Kegiatan pengumpulan sampah yang dilakukan Ninja Xpress bersama Kamibox ini menjadi langkah nyata untuk mewujudkan logistik ramah lingkungan. Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress mengatakan, “Sebagai langkah nyata untuk menerapkan logistik yang bertanggung jawab dan ramah lingkungan, Ninja Xpress bekerja sama dengan Kamibox untuk mengumpulkan dan mendaur ulang sampah aktivitas bisnis online. Pertama kami memulainya pada 2022 dengan shipper. Kini, kami memulainya bersama karyawan. Kami ingin shipper dan karyawan mulai menyadari dampak dari aktivitas bisnis online tersebut dan melakukan langkah nyata untuk mewujudkan logistik ramah lingkungan.”

Ninja Xpress dan Kamibox mengumpulkan tiga kategori sampah:

1.            Logam (kaleng, besi, aluminium).

2.            Kertas dan kardus (HVS, karton minuman, koran, majalah), dan

3.            Plastik (botol, gelas, jerigen, botol sabun/shampoo/perawatan kulit, tutup botol, keranjang plastik.

Semua sampah yang dihasilkan dari operasional Ninja Xpress, termasuk shipper dan karyawan, akan dijemput oleh Kamibox setiap dua minggu sekali untuk didaur ulang setiap dua minggu. Semua dana yang dihasilkan dari pengumpulan sampah tersebut akan disalurkan untuk kegiatan sustainability living kepada anak-anak yang tinggal di TPST Bantar Gebang.

Kolaborasi Ninja Xpress bersama Kamibox dan beberapa pengelola sampah selama 2022 telah berhasil mengumpulkan hingga 3.000 kilogram (kg) serta 1.000 kg sampah kardus dan karung  dari shipper untuk didaur ulang. Upaya ini diperkirakan telah membantu:

●             Penyelamatan lebih dari 10 pohon

●             Pengurangan sekitar 10 ton gas CO2

●             Pengurangan kebutuhan lebih dari 500 m3 lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA)

●             Penghematan sekitar 22.500 kWh energi, dan

●             Penghematan hingga 275 kiloliter air.

Penanganan sampah oleh industri termasuk logistik juga menjadi suatu tuntutan agar memiliki daya saing tinggi. Daya saing tidak hanya dilihat dari kuantitas dan kualitas produksi namun juga bagaimana industri logistik tersebut mengelola dampak yang ditimbulkan dari aktivitas ekonominya. Maka dari itu, Ninja Xpress mendorong model industri logistik yang menerapkan reduce, reuse, dan recycle.

Berdasarkan catatan Pusat Penelitian Oseanografi (P20) LIPI pada 2020, kenaikan bisnis online telah memicu perilaku konsumtif. Perilaku ini menyebabkan penggunaan kemasan pembungkus seperti plastik dan bubble wrap semakin meningkat. Selain itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga mencatat bahwa dari 68,5 juta ton limbah pada 2021, sebanyak 11,6 juta ton berupa sampah plastik yang berasal dari kegiatan di daratan.

Ninja Xpress siap membantu pengiriman paket dengan mudah melalui penjemputan langsung ke lokasi dengan terlebih dahulu mendaftar di https://selalusiap.ninjaxpress.id. Berbagai layanan dari regular, same day, hingga COD (Cash on Delivery) dengan perhitungan pasti dan pencairan 2 kali seminggu siap membantu UMKM mengirimkan paket ke seluruh wilayah di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.