Pengembangan Neobank dan Usaha Mikro jadi Fokus Utama KoinWorks di 2023

Oleh : Ridwan | Senin, 02 Januari 2023 - 16:20 WIB

Acara KoinWorks NEO Inspiration
Acara KoinWorks NEO Inspiration

INDUSTRY.co.id - Jakarta - KoinWorks, perusahaan fintech yang fokus pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melanjutkan perjalanannya menjadi neobank di tahun 2022.

Inovasi terbaru dari perusahan, KoinWorks NEO menjadi bagian tak terpisahkan dari transformasi neobank ini. NEO Card merupakan salah satu fitur unggulan KoinWorks NEO dan hingga kini 200.000 kartu telah dibuat.

Dengan Virtual Card Number (VCN), kartu ini berfungsi sebagai kartu debit virtual bagi UMKM yang memungkinkan UMKM untuk bertransaksi secara digital ke lingkup internasional, menemukan harga paling kompetitif untuk bahan baku dan sumber daya lainnya untuk bisnis, dan menerima pembiayaan.

Chief Marketing Officer KoinWorks, Grace Hong mengatakan, sepanjang tahun 2022, kami melihat sambutan yang baik dari masyarakat dan UMKM terhadap KoinWorks NEO.

"Mendukung pengembangan UMKM di industri-industri penting seperti FnB, fashion, agribisnis, dan jasa, merupakan suatu kabanggan, dan akan kami lakukan secara konsisten. Kami juga mengapresiasi semua pihak yang telah mempercayai kami, bergabung dalam memajukan UMKM melalui pendanaan, dan memilih kami sebagai mitra keuangan untuk pengembangan aset," katanya di Jakarta (2/1).

Selain menciptakan solusi bagi UMKM, KoinWorks juga meningkatkan potensi UMKM dengan berbagai inisiatif pengembangan usaha di tahun 2022. Sebanyak 9.000 UMKM dari berbagai industri mengikuti kompetisi KoinWorks NEO Inspire yang memfasilitasi pemenangnya dengan modal usaha. 

Bekerja sama dengan mitra strategis, KoinWorks juga mengadakan pelatihan bisnis untuk UMKM di tingkat kelurahan yang sekaligus memperluas penetrasi KoinWorks NEO.

Pemilik UMKM Naturaworld dengan produk skincare, Runi turut membagikan pengalamannya dari pelatihan tersebut.

"Pelatihannya sangat menambah wawasan, terutama untuk strategi pemasaran digital bagi para pemula, sehingga kami lebih percaya diri dalam strategi penjualan. Networking kami juga semakin luas dari pelatihan," terang Rini.

Sementara itu, Chief Executive Officer KoinWorks, Benedicto Haryono mengungkapkan bahwa setahun terakhir ini, KoinWorks berhasil untuk terus produktif menciptakan berbagai inovasi dan meningkatkan pencapaiannya. 

"Upaya kami dalam digitalisasi UMKM semakin terlihat dari teknologi yang terus diperbarui. Di tahun mendatang, dengan KoinWorks NEO sebagai andalan kami, KoinWorks akan fokus pada strategi pengembangan UMKM dalam skala mikro dan mendekatkan layanan kami kepada lebih banyak masyarakat di seluruh Indonesia,” ujar Benedicto Haryono.

UMKM diprediksi akan tetap menjadi garda terdepan perekonomian Indonesia di tahun 2023, di tengah berbagai tantangan yang dihadapi. Akses pembiayaan UMKM dan pertumbuhan usaha juga akan terus ditingkatkan sejalan dengan target pemerintah. 

Untuk itu, KoinWorks melanjutkan komitmennya untuk memberikan solusi keuangan bagi UMKM yang masih underserved.

Dengan basis pengguna yang kini mencapai 2,5 juta pengguna, KoinWorks telah menyalurkan pendanaan hingga 8 triliun rupiah kepada lebih dari 850.000 UMKM di tahun 2022.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…