Kenalkan Cita Rasa Kuliner Khas, Pemkot Madiun Gelar Festival Makanan

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 07 Juli 2017 - 11:55 WIB

Kuliner Khas Jawa Timur, Pecel Madiun (Ist)
Kuliner Khas Jawa Timur, Pecel Madiun (Ist)

INDUSTRY.co.id, Madiun - Salah satu cara untuk memperkenalkan kuliner khas daerah, Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, menggelar Festival Makanan Khas Jawa Timur pada Kamis (6/7/2017).

Kegiatan Festival Makanan Khas Jawa Timur tersebut digelar di Alun-Alun Kota Madiun sebagai bagian dari rangkaian dari perayaan Hari Jadi ke-99 Kota Madiun pada tahun 2017.

Adapun, festival diikuti oleh delapan peserta yakni perwakilan dari Hotel Aston, Hotel Amaris, Sun Hotel, M Cafe Resto, M Pizza, Rumah Makan Itik Emas, Rumah Makan I Club, dan Katering Rahmat. Hadir pula pada acara tersebut Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto beserta ibu Ismah Sugeng Rismiyanto dan pejabat Pemkot Madiun lainnya.

Wakil Wali Kota Madiun Sugeng Rismiyanto, dikutip dari antara, mengatakan produk makanan dan minuman cukup signifikan dalam mendukung pengembangan pariwisata daerah.

"Kota Madiun sebagai bagian dari wilayah Jawa Timur ikut berperan dan bertanggung jawab mengembangkannya. Acara itu bertujuan menumbuhkan inovasi dan kreativitas masyarakat guna mengembangkan makanan khas di Kota Madiun dan menciptakan beragam kuliner yang ke depannya dapat menjadi destinasi wisata kuliner di Kota Madiun," ujar Sugeng Rismiyanto.

Dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari Sun Hotel menyiapkan masakan Oseng-Oseng dari bahan kulit melinjo beserta ubi sebagai pengganti nasi dengan rasa gurih pedas. Sedangkan dari M Cafe menyuguhkan iga bakar bumbu kecap.

Kemudian, restoran Itik Emas dengan masakan khasnya ayam serabut, Hotel Amaris menyediakan es Pleret, es Blitar beserta ayam Lodho, I club menyiapkan mie tepo pecel dengan bahan dasar tepo yang di goreng.

Lalu, perwakilan M Pizza menyajikan es dawet bubur sungsum, dan terakhir dari Hotel Aston menyuguhkan "sandwich" pecel dengan bahan dasar roti, paru, telor ceplok serta makanan pecel yang menjadi khas Kota Madiun.

"Harapan dalam festival itu tidak hanya melihat tampilan saja, melainkan dituntut untuk menciptakan inovasi dan rasa yang unik," kata dia.

Adapun, kriteria penilaian dalam festival makanan tersebut di antaranya adalah teknik memasak, cara penyajian, tekstur makanan, rasa, penampilan penyajian, layak jual, dan kerapian.

Diharapkan, kegiatan tersebut dapat mendongkrak wisata kuliner khas Kota Madiun sehingga semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Madiun untuk mencicipi masakan khas tersebut.

Sementara, data Dinas Parwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Madiun mencatat wisata kuliner merupakan satu dari sejumlah jenis wisata yang dikembangkan oleh pemkot setempat. Selain wisata kuliner, terdapat wisata religi, wisata iptek, wisata budaya, dan wisata belanja yang intensif digarap.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Blockchain

Kamis, 18 April 2019 - 17:10 WIB

Jelajahi Pasar Blockchain Indonesia, TTC Gandeng Tokocrypto dan Infonesia

Blockchain proyek dari Singapura, TTC Foundation resmi bekerjasama dengan Tokocrypto dan Infonesia sebagai bagian dari strategi memasuki pasar Indonesia. Melalui kerja sama ini, TTC Foundation…

Fujitsu Indonesia

Kamis, 18 April 2019 - 16:06 WIB

Tahun 2019, Fujitsu Indonesia Bidik Pertumbuhan Usaha Hingga Double Digit

PT Fujitsu Indonesia optimis penjulan di tahun 2019 akan tumbuh mencapai double digit. Pasalnya, segmen pasar yang disasar oleh perusahaan masih mempunyai peluang yang cukup besar di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat salah satu AMMDes

Kamis, 18 April 2019 - 15:10 WIB

Sejak Diluncurkan Agustus 2018, AMMDes Raih Banyak Pujian

Pengembangan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) diapresiasi banyak pihak karena mampu memberikan beragam manfaat bagi kebutuhan masyarakat desa. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 18 April 2019 - 14:38 WIB

BNI Syariah Targetkan Pembukaan Rekening Online diakhir 2019

Jakarta - BNI Syariah menargetkan pembukaan rekening online di kuartal 4 2019. Pembukaan rekening online merupakan salah satu strategi yang dilakukan BNI Syariah untuk meningkatkan layanan di…

Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi di Pesantren-Pesantren

Kamis, 18 April 2019 - 14:11 WIB

Cerita Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi ke Pesantren-Pesantren

Koperasi Komunitas Mantan Narapidana teroris dan Gerakan Aktivis Radikal (Kontantragis) yang didirikan di Bandung pada 28 Oktober 2017 sukses memperluas pasar dengan produk unggulan kopi, sabun,…