Kemenperin Fasilitasi Perjodohan IKM Elektronika, Kelistrikan dan Telekomunikasi dengan BUMN

Oleh : Ridwan | Jumat, 02 Desember 2022 - 20:05 WIB

Temu bisnis IKM Elektronika, Kelistrikan dan Telekomunikasi dengan BUMN
Temu bisnis IKM Elektronika, Kelistrikan dan Telekomunikasi dengan BUMN

INDUSTRY.co.id - Bekasi - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) menggelar acara "Temu Bisnis IKM Elektronika, Kelistrikan dan Telekomunikasi dengan BUMN". 

Kegiatan temu bisnis ini diikuti sebanyak 28 IKM elektronika, kelistrikan dan telekomunikasi, serta 8 perusahaan BUMN. 

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Reni Yanita mengatakan, business matching ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara tiga kementerian yaitu Kementerian KUKM, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian BUMN tentang Kemitraan Koperasi, UMKM/IKM dalam Rantai Pasok BUMN.

"Business matching ini juga bertujuan untuk memperpendek rantai pasok BUMN ke IKM, serta membuka akses kemitraan baru antara BUMN dengan IKM elektronika," kata Reni di Bekasi, Jumat (2/12).

Reni menilai temu bisnis menjadi cara efektif untuk mengenal dan mengetahui potensi produk dari IKM elektronika, kelistrikan, dan telekomunikasi.

"Sebelumnya, melalui temu bisnis yang diselenggarakan oleh Ditjen IKMA, sebanyak 10 IKM telah menjalin kemitraan dengan BUMN," terangnya.

Meski demikian, Reni menyebut masih ada beberapa tantangan bagi IKM untuk dapat bermitra dengan BUMN, salah satunya sertifikat TKDN.

Oleh karena itu, lanjut Dirjen IKMA, pihaknya telah mengusulkan kepada Kementerian Hukum dan HAM untuk pengurusan sertifikat TKDN gratis untuk IKM.

"Kita sudah usulkan, mudah-mudahan dalam seminggu kedepan sudah terbit aturannya. Ketika itu sudah terbit, tugas kita mensosialisasikan kepada IKM," tuturnya.

Menurut Reni, hingga saat ini sudah banyak IKM yang bermitra dengan BUMN. Namun memang masih didominasi IKM penghasil produk alat-alat pertanian. 

"Memang paling banyak IKM alat-alat pertanian. Ada juga IKM pengadaan jasa yang sudah bermitra dengan PT Krakatau Steel untuk jasa maintenance peralatan mesinnya," jelas Reni.

Dirjen IKMA berharap melalui temu bisnis ini akan bertambah lagi kemitraan antara IKM dengan BUMN.

"Setelah temu bisnis, agar dapat ditindaklanjuti dengan evaluasi berkala untuk mengetahui progres atau kendala yang dihadapi baik dari sisi IKM maupun BUMN,” tuturnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting mengatakan, kemitraan antara BUMN dengan IKM/UKM sudah terbuka luas.

Namun, lanjutnya, memang ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh IKM antara lain, spesifikasi, hingga sertifikat TKDN yang memang menjadi syarat inti bagi IKM.

"Dari sisi persyaratan memang tentunya ada gradasinya, mana yang memang tidak boleh ditolelir misalnya dari sisi keamanan. Namun, jika bersifat estetika, nampaknya bisa dipenuhi oleh IKM," jelas Loto.

Oleh karena itu, ia berharap IKM memahami permintaan spesifikasi yang diberikan oleh BUMN termasuk uji coba yang dipersyaratkan, agar nantinya semakin banyak IKM yang sukses menembus menjadi vendor pengadaan barang dan jasa di BUMN.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…