Kemenperin Fasilitasi Perjodohan IKM Elektronika, Kelistrikan dan Telekomunikasi dengan BUMN

Oleh : Ridwan | Jumat, 02 Desember 2022 - 20:05 WIB

Temu bisnis IKM Elektronika, Kelistrikan dan Telekomunikasi dengan BUMN
Temu bisnis IKM Elektronika, Kelistrikan dan Telekomunikasi dengan BUMN

INDUSTRY.co.id - Bekasi - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) menggelar acara "Temu Bisnis IKM Elektronika, Kelistrikan dan Telekomunikasi dengan BUMN". 

Kegiatan temu bisnis ini diikuti sebanyak 28 IKM elektronika, kelistrikan dan telekomunikasi, serta 8 perusahaan BUMN. 

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Reni Yanita mengatakan, business matching ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman antara tiga kementerian yaitu Kementerian KUKM, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian BUMN tentang Kemitraan Koperasi, UMKM/IKM dalam Rantai Pasok BUMN.

"Business matching ini juga bertujuan untuk memperpendek rantai pasok BUMN ke IKM, serta membuka akses kemitraan baru antara BUMN dengan IKM elektronika," kata Reni di Bekasi, Jumat (2/12).

Reni menilai temu bisnis menjadi cara efektif untuk mengenal dan mengetahui potensi produk dari IKM elektronika, kelistrikan, dan telekomunikasi.

"Sebelumnya, melalui temu bisnis yang diselenggarakan oleh Ditjen IKMA, sebanyak 10 IKM telah menjalin kemitraan dengan BUMN," terangnya.

Meski demikian, Reni menyebut masih ada beberapa tantangan bagi IKM untuk dapat bermitra dengan BUMN, salah satunya sertifikat TKDN.

Oleh karena itu, lanjut Dirjen IKMA, pihaknya telah mengusulkan kepada Kementerian Hukum dan HAM untuk pengurusan sertifikat TKDN gratis untuk IKM.

"Kita sudah usulkan, mudah-mudahan dalam seminggu kedepan sudah terbit aturannya. Ketika itu sudah terbit, tugas kita mensosialisasikan kepada IKM," tuturnya.

Menurut Reni, hingga saat ini sudah banyak IKM yang bermitra dengan BUMN. Namun memang masih didominasi IKM penghasil produk alat-alat pertanian. 

"Memang paling banyak IKM alat-alat pertanian. Ada juga IKM pengadaan jasa yang sudah bermitra dengan PT Krakatau Steel untuk jasa maintenance peralatan mesinnya," jelas Reni.

Dirjen IKMA berharap melalui temu bisnis ini akan bertambah lagi kemitraan antara IKM dengan BUMN.

"Setelah temu bisnis, agar dapat ditindaklanjuti dengan evaluasi berkala untuk mengetahui progres atau kendala yang dihadapi baik dari sisi IKM maupun BUMN,” tuturnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting mengatakan, kemitraan antara BUMN dengan IKM/UKM sudah terbuka luas.

Namun, lanjutnya, memang ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh IKM antara lain, spesifikasi, hingga sertifikat TKDN yang memang menjadi syarat inti bagi IKM.

"Dari sisi persyaratan memang tentunya ada gradasinya, mana yang memang tidak boleh ditolelir misalnya dari sisi keamanan. Namun, jika bersifat estetika, nampaknya bisa dipenuhi oleh IKM," jelas Loto.

Oleh karena itu, ia berharap IKM memahami permintaan spesifikasi yang diberikan oleh BUMN termasuk uji coba yang dipersyaratkan, agar nantinya semakin banyak IKM yang sukses menembus menjadi vendor pengadaan barang dan jasa di BUMN.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ibu Wury Dukung Produk UMKM Lokal

Selasa, 31 Januari 2023 - 17:48 WIB

Tinjau Pasar Beringharjo, Ibu Negara Iriana Jokowi dan Ibu Wury Dukung Produk UMKM Lokal

Mengawali kunjungan kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ibu Iriana Joko Widodo, Ibu Wury Ma'ruf Amin, serta para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM)…

Pupuk Bersubsidi Ilustrasi (ist)

Selasa, 31 Januari 2023 - 17:15 WIB

Pupuk Indonesia Siapkan Pupuk Subsidi Capai 16.770 Ton untuk Banten

PT Pupuk Indonesia (Persero) menyiapkan stok pupuk bersubsisidi sebesar 16.770 ton untuk Provinsi Banten per tanggal 25 Januari 2022. Angka tersebut cukup memenuhi kebutuhan petani dalam beberapa…

SKIN+

Selasa, 31 Januari 2023 - 16:36 WIB

Perawatan Kulit Tetap Sehat dan Glowing

Tahun baru selalu diiringi dengan resolusi baru, mencapai kulit yang sehat dan glowing adalah salah satunya. Tentunya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit sehat dan bercahaya.…

Menko Airlangga Hartarto bersama Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat peresmian Pabrik Lead Rubber Bearing (LRB), Bearing, Expansion Joint dan Fasilitas Uji Seismik Isolator PT Magdatama Multi Industri (MMI) di Karawang, Jawa Barat

Selasa, 31 Januari 2023 - 16:30 WIB

Kemenperin Pacu Substitusi Impor Industri Pengolahan Karet

Pemerintah bertekad untuk terus mewujudkan kemandirian industri dalam negeri dengan upaya aktif meningkatkan investasi dan mendorong program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN).…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Menko Polhukam Mahfud MD

Selasa, 31 Januari 2023 - 15:43 WIB

Ketua MPR RI dan Menko Polhukam Sepakat Realisasi Pendidikan dan Kesehatan Gratis bagi Masyarakat Papua

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo bersama Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad dan Ketua MPR RI For Papua (Forum Komunikasi Anggota MPR RI/DPR RI dan DPD RI…