Bakamla RI Gelar ASEAN Coast Guard Forum 2022 di Bali

Oleh : Herry Barus | Kamis, 24 November 2022 - 05:00 WIB

Bakamla RI Gelar ASEAN Coast Guard Forum 2022 di Bali
Bakamla RI Gelar ASEAN Coast Guard Forum 2022 di Bali

INDUSTRY.co.id - BaLI- Menjelang akhir tahun 2022, Bakamla RI berkesempatan mengumpulkan beberapa Kepala Coast Guard negara tetangga, khususnya yang tergabung dalam ASEAN. Bukan tanpa alasan, pertemuan ini diselenggarakan dalam rangka menguatkan cara pandang, komitmen dan kerja sama coast guard di ASEAN, di Legian, Bali, Selasa (22/11/2022).

Pertemuan ini dimaksudkan untuk membahas potensi kerja sama antar coast guard dan penegak hukum di laut, khususnya di kawasan ASEAN. “Terlebih lagi pertemuan ini diharap dapat mencapai konsensus peningkatan komitmen dalam rangka pembentukan ASEAN Coast Guard Forum,” ucap Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia dalam sambutannya. Demikian keterangan dari Dispen TNI dan Humas Bakamla RI

“ASEAN Cost Guard Forum merupakan keniscayaan sebagai forum yang ASEAN DRIVEN yaitu bagi Negara anggota ASEAN saja karena negara ASEAN ini saling berbatasan satu sama lain, dan beragam ancaman maritim di perbatasan, perlu diselesaikan hanya oleh kedua negara, tentu dengan cara-cara sesuai ASEAN Way”, lanjut Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Perlu diketahui bahwa cukup banyak forum kerja sama yang aktif di kawasan ASEAN seperti HACGAM (Head of Asian Coast Guard Agency Meeting), SEAMLEI (South East Asia Maritime Law Enforcement Initiative), ReCAAP (Regional Cooperation Agreement on Combatting  Piracy and Armed Robbery against Ships in Asia), namun melibatkan banyak negara di luar ASEAN yang tergabung dalam forum tersebut.

Ini adalah untuk pertama kalinya, Coast Guard negara ASEAN berkumpul untuk menyatukan visi mewujudkan laut kawasan yang damai dan aman setelah sejak 2014 ide ASEAN Coast Guard pertama kali diangkat dalam ASEAN Maritime Forum (AMF).

“Hadir dalam kegiatan ini, 8 negara ASEAN yaitu Kamboja, Malaysia, Myanmar, Indonesia selaku host, Pilipina, Thailand, Singapura, dan Vietnam”, jelas Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Tahun depan di 2023, seturut dengan keketuaan ASEAN yang ada di pundak Indonesia, Bakamla RI pun menjadi ketua dan host untuk pertemuan ACF 2023”, pungkas Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia.

Pertemuan berlangsung dengan khidmat dan kental dengan suasana kekeluargaan. Tidak berhenti disitu, pembahasan juga berlanjut ke pertemuan bilateral guna membahas rencana kerja sama yang lebih mendetail dan teknis.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya ekosistem digital.

Senin, 05 Desember 2022 - 23:26 WIB

Indonesia Butuh 9 Juta SDM Digital, Mendesak Kolaborasi Pendidikan dan Industri

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya…

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres).

Senin, 05 Desember 2022 - 22:58 WIB

Pengamat: Munculnya Dinamika Pencapresan di KIB Hal Wajar

Jakarta- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres). Hal itu diungkap Ketum PAN Zulkifli Hasan, yang mengatakan…

Ilustrasi TV produksi Panasonic terbaru

Senin, 05 Desember 2022 - 20:19 WIB

Panasonic Produksi OLED TV & Smart TV 4K Terbaru

PT Panasonic Gobel Indonesia tak henti menghadirkan inovasi teknologi Televisi. Guna memberikan kepuasan mendapatkan informasi dan hiburan dengan performa dan kualitas produk yang terbaik, Panasonic…

RiaMiranda Tenth Annual Show

Senin, 05 Desember 2022 - 19:21 WIB

Ria Miranda Perkenalkan Tren Koleksi 2023 Lewat RiaMiranda Tenth Annual Show

Brand Moslem fashion RiaMiranda menggelar acara tahunannya yang ke-10, RiaMiranda Tenth Annual Show dipersembahkan oleh BRI serta didukung oleh Somethinc sebagai Official Beauty Partner di Grand…

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf bersama Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan

Senin, 05 Desember 2022 - 19:20 WIB

Pasuruan Optimalkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

Sepanjang tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus memaksimalkan pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT). Tujuannya sudah pasti, mendukung penuh pelaksanaan program-program…