Apa Itu Project Manager? Seperti Apa Fungsi dan Tipenya?

Oleh : Hariyanto | Kamis, 17 November 2022 - 18:09 WIB

Ilustrasi Project Manager
Ilustrasi Project Manager

INDUSTRY.co.id - Salah satu role yang sangat dibutuhkan hampir di setiap industri maupun perusahaan adalah project manager. Role ini memiliki tanggung jawab dalam setiap tahapan serta harus memastikan proyek yang dikerjakan dapat berjalan lancar tanpa kendala.

Nah, apabila kamu tertarik terjun ke role yang satu ini sebagai fokus karir kamu kedepan, alangkah lebih baik untuk mengetahui lebih dekat bagaimana sebenarnya peran project manager ini. Mulai dari definisinya, fungsinya, hingga ragam tipe-tipenya.

Apa Itu Project Manager

Lantas, apa itu project manager? Project manager merupakan seorang profesional atau memiliki keahlian dalam menjalankan proses manajemen sebuah proyek industri atau perusahaan.

Seorang project manager memiliki tugas untuk mengatur, merencanakan, dan melaksanakan proyek sesuai dengan batasan yang telah ditentukan. Selain itu, project manager juga harus bisa memaksimalkan eksekusi anggaran dan waktu proyek yang sudah disepakati.

Misalnya, ketika perusahaan membutuhkan website untuk pemasaran, sebagai project manager kamu harus mengawasi pemilihan layanan VPS Indonesia dan pembelian domain id untuk perusahaan, pembuatan tampilan, serta hal-hal lainnya.

Project manager juga mempunyai tanggung jawab untuk memimpin sebuah tim, membuat tujuan, berkomunikasi pada stakeholder, serta memantau perkembangan proyek. Project manager juga akan bertanggung jawab terhadap keberhasilan atau kegagalan proyek, lho!

Fungsi Project Manager

Project manager juga memiliki fungsi dalam industri maupun perusahaan. Nah, secara umum berikut adalah fungsi project manager yang perlu kamu ketahui!

1. Memperhatikan Kualitas Kerja

Seorang project manager akan selalu memperhatikan kualitas pekerjaannya. Mereka harus rutin melakukan tinjauan internal dan memastikan setiap pekerjaan selesai dengan baik. Kemudian, project manager akan menyerahkan laporannya kepada stakeholder.

2. Mengelola Waktu Pengerjaan Proyek

Seorang project manager juga harus bisa mengelola waktu pengerjaan proyeknya sebaik mungkin sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Project manager harus bisa mendorong kinerja penyelesaian proyek dengan metode yang lebih efektif dan efisien.

3. Manajemen Anggaran

Seorang project manager juga bertugas membuat laporan anggaran secara rutin untuk meningkatkan transparansi dan menghasilkan akuntabilitas yang baik. Project manager juga bisa menekan alokasi anggaran dengan tetap memperhatikan kualitas proyeknya.

Nah, setelah mengetahui apa itu project manager dan fungsinya, kini kamu bisa memahami tipe-tipe project manager. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai tipe-tipe project manager!

Tipe-Tipe Project Manager

Tentu setiap project manager mempunyai kepribadian dan gaya kepemimpinannya masing-masing. Umumnya, tipe project manager ini didasarkan pada seberapa besar proyek yang akan ditangani. Nah, berikut empat tipe project manager berdasarkan Harvard Business View!

1. Executor

Umumnya, tipe project manager executor ini tetap akan sejalan dengan strategi pertumbuhan perusahaan tersebut. Executor cenderung akan memilih mencari sebuah peluang pertumbuhan yang sebelumnya pernah digunakan dan berhasil dijalankan.

Tipe yang satu ini dapat dikatakan lebih menghindari risiko dan ide-ide yang ekstrim. Walaupun begitu, langkah ini adalah keputusan yang paling aman dan paling pasti untuk menentukan keberhasilan sebuah proyek.

2. Gambler

Tipe project manager gambler adalah tipe yang bekerja sesuai dengan aturan tetapi tidak mempunyai data yang cukup untuk memprediksi sebuah keberhasilan. Dapat dikatakan, ia menjalankan proyek dalam ketidakpastian atau memiliki peluang keberhasilan dan kegagalan.

Tipe gambler ini akan mengambil risiko yang besar dalam keputusan yang ia ambil. Nah, tipe yang satu ini biasanya selalu meyakinkan pihak perusahaan agar berani mengambil resiko yang besar demi memperoleh pencapaian baru yang lebih besar.

Walaupun memiliki risiko yang tinggi, namun project manager tipe ini juga sangat dibutuhkan perusahaan untuk melihat peluang dari setiap sektor. Setelah itu, ia dapat mengubahnya untuk menjadi sektor baru yang menguntungkan bagi perusahaan.

3. Prophet

Tipe project manager prophet secara aktif akan mengejar setiap peluang bisnis yang sebenarnya berada di luar batas dan sulit mendapatkan peluang keberhasilan. Dapat dikatakan tipe ini menyukai tantangan dan berusaha meraih peluang keberhasilan yang baru.

Tipe prophet ini memiliki visi yang besar untuk menumbuhkan perusahaan dengan perspektif yang berbeda. Meskipun ia tidak selalu mempunyai bukti fisik yang kuat untuk mendukung terobosan yang telah ia rencanakan sebelumnya.

Dapat dikatakan, tipe ini biasanya memiliki kepribadian persuasif yang kuat guna meyakinkan para kliennya. Ia juga akan berusaha agar klien bisa melihat peluang yang sama dengan dirinya sesuai pada terobosan yang telah direncanakan.

4. Expert

Project manager dengan tipe expert ini akan mengembangkan sebuah peluang bagi perusahaan untuk membuat ide atau gagasan yang ada di luar batas strategis perusahaan. Akan tetapi, ia tetap memiliki bukti yang kuat dan alasan kemungkinan peluang memiliki keberhasilan.

Tipe expert ini biasanya akan didukung dengan banyak pihak yang juga percaya pada kemampuan dirinya. Sehingga adanya risiko kegagalan dapat diterima apabila memang ada kendala yang terjadi di luar kemampuan mereka.

Salah satu hal yang menjadi tantangan utama bagi tipe expert ini adalah membuat para eksekutif dan tim lainnya mau bergerak ke luar zona nyaman. Tujuannya, supaya perusahaan bisa mengejar peluang yang lebih besar lagi.

Bagaimana? Apakah kamu sudah paham dengan apa itu project manager? Selain memiliki fungsi krusial bagi suatu industri atau perusahaan, project manager juga bertanggung jawab dengan keberhasilan proyek yang dikerjakannya. Jadi, tipe project manager manakah yang ingin kamu perankan?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…