Pupuk Kaltim Raih Dua Penghargaan Beruntun

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 29 Oktober 2022 - 12:29 WIB

Pupuk Kaltim
Pupuk Kaltim

INDUSTRY.co.id - Bontang – Investasi ke sektor ekonomi hijau berbasis lingkungan, sosial, dan tata kelola berkelanjutan masih menjadi tren global, termasuk di Indonesia. Meningkatnya kesadaran dunia usaha untuk menjalankan bisnis yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan jadi pendorong utama. Adanya isu krisis energi dan upaya transisi energi baru terbarukan pun menjadi pemicu utama bagi para investor untuk berinvestasi di usaha-usaha yang memberikan arus kas positif secara jangka panjang, berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan. 

Sebagai pelopor transformasi hijau di industri petrokimia, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) pun selalu berinisiatif untuk memegang teguh prinsip ESG yang juga tertuang dalam roadmap pertumbuhan kedua perusahaan 40 tahun kedepan. Upaya PKT dalam mewujudkan transformasi hijau industri petrokimia dengan fokus pada pengembangan renewable resources dipercaya mampu mendukung komitmen Indonesia net zero emission di 2060. 

Direktur Utama PKT, Rahmad Pribadi, mengungkap, “Industri petrokimia menjadi salah satu industri yang digadang-gadang menjadi industri yang dinilai paling tepat bertransformasi menjadi industri hijau dan berkelanjutan, guna mendukung target Indonesia bebas emisi karbon di tahun 2060. Sebagai perusahaan pupuk dan petrokimia terbesar di Asia Tenggara, PKT siap menjadi pionir transformasi hijau industri petrokimia. Kedepannya, perusahaan tidak hanya dituntut menjadi lebih produktif tetapi juga lebih ramah lingkungan. Hal ini merupakan langkah kami untuk meraih keseimbangan 3P (people, planet, profit). Kami berupaya menyeimbangkan profitabilitas dengan upaya kami menjaga kelestarian lingkungan dan berkontribusi terhadap sosial kemasyarakatan.”

Komitmen penerapan ESG ini pun diganjar dengan raihan dua penghargaan beruntun. PKT mendapatkan penghargaan di gelaran ESG Disclosure Awards 2022 dengan predikat Leadership AAA yang dilaksanakan di Jakarta, Rabu, 26 Oktober 2022 oleh B Universe (Berita Satu Media Holding). 

Dalam proses penjurian di ESG Disclosure Awards 2022, PKT dinilai dapat mengimplementasi aspek-aspek ESG dengan baik kepada perusahaannya. Perhitungan skor sendiri dilakukan melalui analisa Sustainability Reporting untuk menentukan tingkat transparansi ESG yang menggunakan faktor-faktor yang dinilai relevan oleh BGK Foundation. BGK Foundation sendiri mengidentifikasi sebanyak 33 faktor utama ESG berdasarkan studi peraturan, perjanjian internasional, serta standar dan pedoman pelaporan.

Sebelumnya, pada Rabu, 19 Oktober, PKT juga meraih penghargaan Trenasia ESG Excellence 2022 untuk industri petrokimia kategori Action. Dalam proses penjurian TrenAsia ESG Excellence 2022, menyaring lebih dari 120 perusahaan di 34 subsektor industri, yang dinilai dari implementasi ESG beserta variable-variabel turunannya. Proses penjurian mulai dari 12 September hingga 12 Oktober 2022, berdasarkan laporan keberlanjutan dan laporan tahunan perusahaan periode 2021. Penilaian dilakukan oleh jajaran pakar dari berbagai latar belakang bidang. Mereka adalah Michael T. Tjoajadi, CEO Schroders Indonesia; Arsjad Rasjid, Chairman Kadin Indonesia; Mas Achmad Daniri, Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG); Edi Setijawan, Director Department of Research Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Maria Rosaline Nindita Radyati, President Director Institute for Sustainability & Agility dan Adhitya Noviardi, Editor in Chief TrenAsia.com.

Dua penghargaan ini tentu merupakan pencapaian kolektif yang menjadi bukti nyata komitmen PKT di bidang ESG. Rahmad Pribadi, Direktur Utama PKT mengatakan, “Penghargaan ini merupakan cerminan dari komitmen dan kerja keras PKT yang mendukung penuh program pemerintah melalui penerapan ESG di perusahaan. Sebagai perusahaan petrokimia berskala global, PKT terus membangun ekosistem bisnis dengan mengutamakan pengelolaan lingkungan, pemberdayaan masyarakat, dan tata kelola perusahaan, sehingga selalu menjadi perusahaan berkinerja unggul kelas dunia. Prestasi ini menjadi dukungan bagi PKT dalam usaha efisiensi energi, optimalisasi infrastruktur, dan ekspansi di pasar global.”

Berbagai inovasi berkelanjutan dalam koridor ESG pun sudah diinisiasi oleh PKT untuk mewujudkan komitmen perusahaan dalam transformasi hijau. Ada pembangunan Pembangkit LIstrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Bontang, Kalimantan Timur yang turut menekan penggunaan karbon di daerah perusahaan. PLTS Atap merupakan salah satu bagian dari ekosistem di lingkungan PKT yang mampu menghasilkan energi bersih dan menekan emisi gas karbon secara optimal. Kemampuan PLTS Atap ini dapat menghemat 20 hingga 30 persen kebutuhan energi PKT di area perkantoran. Selain itu juga, PKT mulai juga menggunakan sepeda dan motor listrik ramah lingkungan untuk transportasi operasional perusahaan dan juga uji emisi berkala untuk kendaraan bermotor operasional. 

Selain itu ada juga program Community Forest yang digagas PKT bersama TNI dalam bentuk aktivitas penanaman pohon bersama dengan target 10 juta pohon hingga 2030. Sinergi ini menjadi wujud komitmen PKT untuk mencapai target pengurangan emisi karbon hingga 32,50 persen di tahun 2030. Diharapkan dari program ini bisa berkontribusi terhadap penyerapan emisi karbon hinggi 5.379 ton CO2 per tahun. PKT juga bekerja sama dengan masyarakat sekitar Bontang dalam konservasi keanekaragaman hayati yang ada di dalam ekosistem perusahaan seperti konservasi terumbu karang, penangkaran rusa dan kultur jaringan tanaman langka.

Rahmad sangat mengapresiasi penghargaan yang telah didapatkan oleh Pupuk Kaltim. “Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Berita Satu Media Holding dan TrenAsia yang telah memberikan kepercayaan dan kehormatan kepada Pupuk Kaltim atas apresiasinya. Tentu saja tidak dapat dipungkiri, penghargaan ini merupakan hasil dari upaya bersama dan kinerja unggul yang ditunjukkan oleh semua rekan-rekan di PKT. Apresiasi penuh kami ucapkan kepada seluruh karyawan dan keluarga besar Pupuk Kaltim, yang selama ini telah mendukung dan mewujudkan komitmen perusahaan dalam pelaksanaan program ESG PKT.”

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…

[Kiri ke kanan] Royke Tobing - Direktur Cyber Intelligence PT Spentera, Haliwela - Direktur R & D PT Spentera, Marie Muhammad - Direktur Operasional Eksternal PT Spentera, Thomas Gregory - Direktur Operasi Internal PT Spentera

Jumat, 26 April 2024 - 09:50 WIB

Spentera Bantu Penguatan Keamanan Siber Pada Infrastruktur Informasi Vital Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Siber

Kejahatan siber merupakan masalah serius yang dapat menyerang baik individu maupun institusi. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan bahwa terjadi peningkatan…

ASABRI mengikuti edukasi keterbukaan informasi publik

Jumat, 26 April 2024 - 09:45 WIB

ASABRI Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik

ASABRI bersama 5 BUMN Lainnya yaitu Indonesia Re, Indonesia Financial Group (IFG), Perum Bulog, Danareksa, dan MIND.ID, hadir dalam penyelenggaraan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik…