Perbakin Sulsel Gelar Pelatihan Dasar Berburu 2017

Oleh : Herry Barus | Jumat, 16 Desember 2016 - 11:16 WIB

Perbakin sulsel-foto perbakinunhas
Perbakin sulsel-foto perbakinunhas

INDUSTRY.co.id - Pengprov Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (Perbakin) Sulawesi Selatan berencana menggelar pelatihan dasar (Pelatsar) Berburu 2017 pada 13-15 Januari 2017 .

Ketua panitia Pelatsar berburu, Irawan Abadi di Makassar, Rabu (15/12) mengatakan, Pelatsar yang akan dilaksanakan pada pertengahan Januari 2017 itu merupakan yang pertama setelah 16 tahun terakhir vakum.

"Pelatsar berburu itu yang terakhir kita laksanakan tahun 1990 dan baru bisa kita gelar di tahun 2017 setelah lama vakum dan pesertanya membludak," ujarnya.

Irawan menyebutkan, terhentinya proses pendidikan pelatihan dasar menembak ini bukan karena jumlah anggotanya yang kurang, melainkan karena proses administrasi di pengurusan Perbakin.

Ia mengaku jika animo peserta dari anggota Perbakin Sulsel, khususnya pada bidang berburu sangat tinggi dan anggotanya juga sudah cukup banyak.

"Anggota Perbakin bidang berburu itu sangat banyak tapi yang mempunyai sertifikasi itu cuma ada sekitar tujuh orang di Sulsel. Sangat sedikit memang dan inilah alasan kita menggelar Pelatsar Berburu," jelasnya.

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Berburu Perbakin Sulsel Andi Muh Fachrul kepada Antara menambahkan, Pelatsar ini disesuaikan dengan jadwal yang ditetapkan Pengurus Besar Perbakin.

"Meski pelatsar jadwalnya disesuaikan dengan jadwal yang ditetapkan PB Perbakin, namun untuk ujian nembak Pelatsar digelar Minggu 15 Januari 2017 di lapangan tembak SPN Batua Jalan Urip Sumoharjo, Makassar," katanya.

Menurut dia, target peserta yang akan diikutkan dalam Pelatsar ini sebanyak 50 dan pesertanya dari seluruh pengurus provinsi, cabang dan kota di Kawasan Indonesia Timur.

"Karena pesertanya kita batasi cuma 50 orang, sedangkan undangan ditujukan bagi semua Pengprov, Pengcab dan Pengkot se-Indonesia Timur, maka yang mendaftar lebih awal menjadi prioritas," ujarnya.

Adapun syarat pendaftaran membawa foto kopi KTP, Pas foto latar merah ukuran 4x6 sebanyak 6 lembar, SKCK dan surat izin dari klub Perbakin masing-masing daerah. Selain itu, peserta juga harus membayar biaya pendaftaran Rp6,5 juta di luar pembuatan KTA PB.

Dijelaskannya, manfaat dari pelatsar ini selain belajar tentang dasar-dasar menembak juga akan mendapatkan sertifikat berburu. Sertifikat berburu bisa digunakan membeli senjata laras panjang sesuai standar berburu. (Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno (tengah)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Penguatan Peran Perempuan di Sektor Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan pihaknya berkomitmen mendukung penguatan peran perempuan dalam pengembangan dan kepemimpinan di sektor…

Grand Opening Roti Keset Condet Kemang

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:25 WIB

Fadil Jaidi dan Pak Muh Seru-seruan di Grand Opening Roti Keset Condet Kemang

Youtuber Fadil Jaidi dan ayahnya Pak Muh menjadi bintang tamu pada Grand Opening Roti Keset Condet Kemang, Rabu (1/5/2024). Lokasinya di Jalan Kemang Selatan VIII No.56A Jakarta Selatan.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Sabtu, 04 Mei 2024 - 15:21 WIB

Pacu Kualitas dan Kuantitas Pendidikan Vokasi Industri, Menperin Agus Resmikan JARVIS 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjalankan program pendidikan vokasi yang menjadi pelopor dual system di Indonesia. Program tersebut bertujuan untuk memenuhi dan mengantisipasi kebutuhan…

Pembukaan Business Matching IKM Pangan dan Furnitur dengan HIPPINDO

Sabtu, 04 Mei 2024 - 14:48 WIB

Menperin Agus Jodohkan IKM Pangan dan Furnitur dengan Ritel Lewat Gelaran Temu Bisnis

Upaya Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong kemandirian Industri Kecil Menengah (IKM) salah satunya dilakukan melalui dukungan terhadap kemitraan antara IKM dengan berbagai sektor…

Ahmad Himawan Ketua YKMI

Sabtu, 04 Mei 2024 - 13:30 WIB

YKMI Nyatakan Dukungan Terhadap Aksi Palestine Solidarity Camp

Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) secara resmi mendukung inisiatif sivitas akademika Universitas Indonesia (UI) yang mulai memasifkan protes dan solidaritas terhadap Palestina dengan…