Wow, Keren! Libatkan Para Legenda Balap Nasional, Kemenparekraft Dukung Tour Jelajahi Flores 1001 Tikungan

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 15 Oktober 2022 - 10:41 WIB

Marc Marquez makin memperlebar posisi di puncak klasemen setelah berhasil memenangi MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (20/5/2018).
Marc Marquez makin memperlebar posisi di puncak klasemen setelah berhasil memenangi MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (20/5/2018).

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraft) serta Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) mendukung penyelenggaraan Tour de Flores Heritage yang dijadwalkan berlangsung pada 24-30 Oktober 2022 mendatang. 

Kegiatan touring bertajuk "Jelajahi Flores 1001 Tikungan" itu melibatkan para mantan pembalap nasional yang tergabung dalam Komunitas Legend Riders atau Legend Riders Club. Para Riders merupakan tokoh-tokoh balap Tanah Air namanya melambung di era 80an hingga 90an.

Sebanyak 20 sepeda motor dari berbagai merek milik para pereli senior tersebut, Kamis (13/10) malam diberangkatkan dari Jakarta, tepatnya di Balai Sarwono, Jeruk Purut, Jakarta Selatan menuju Maumere, Flores, NTT. 

Alex Dungkal selaku Ketua Tour de Flores Heritage (TdFH) mengatakan kegiatan turing menjelajahi Flores ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraft) serta Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).

Adapun dukungan kementerian ini tidak terlepas dari semangat dan tujuan dari kegiatan ini. Dijelaskannya, kegiatan tour ini tidak hanya sebatas mengukur jalan, namun pihaknya telah bersepakat dengan para Riders untuk mengunjungi warisan-warisan budaya yang tersebar dari ujung timur hingga barat Flores.

"Selain itu, kita juga melakukan aksi penyelamatan lingkungan hidup berupa penanaman manggrove di beberapa titik yang difasilitasi oleh Direktorat Rehabilitasi Perairan Darat dan Mangrove KLHK," kata Alex di Jakarta, Jum'at (14/10).

Di sela-sela kegiatan touring ini, para riders juga akan melakukan aksi sosial, sumbangan buku, dan penanaman Mangrove di kawasan Sikka, Maumere.

Penanaman manggrove akan difasilitasi oleh Direktorat Rehabilitasi Perairan Darat dan Mangrove Ditjen (PDASRH) KLHK. Sementara sumbangan buku dilaksanakan dengan dukungan Yayasan Flores Abdi Bangsa (FAB) dan Yayasan Cipta Insan Bhakti (YCIB).

Adapun para legenda balap yang mengikuti turing bertajuk ini yakni Chepot Hani Wiano, Rio Sarwono, Fauzi Aldjufrie, Dolly Indra Nasution, Dani Sarwono, Dodo TS, Arie Hermanto, Irwan Rachim, Joel D. Mastana dan lain-lain.

Para Legenda ini diajak untuk berhenti sejenak di pusat-pusat peradaban tua di Flores. Seperti Kota Renya Larantuka, sebagai peninggalan satu-satunya kerajaan Katolik di Indonesia, kampung-kampung adat (Nagekeo), kampung megalitik Bena (Ngada), situs Homo Floresiensis di Liang Bua (Manggarai) hingga Warloka/Golo Mori (Manggarai Barat).

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi Buka Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8

Selasa, 06 Desember 2022 - 03:57 WIB

Presiden Jokowi Buka Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8

Presiden Joko Widodo secara resmi membuka penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8 Tahun 2022. Acara pembukaan dipusatkan di Hall Nusantara, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya ekosistem digital.

Senin, 05 Desember 2022 - 23:26 WIB

Indonesia Butuh 9 Juta SDM Digital, Mendesak Kolaborasi Pendidikan dan Industri

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya…

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres).

Senin, 05 Desember 2022 - 22:58 WIB

Pengamat: Munculnya Dinamika Pencapresan di KIB Hal Wajar

Jakarta- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres). Hal itu diungkap Ketum PAN Zulkifli Hasan, yang mengatakan…

Ilustrasi TV produksi Panasonic terbaru

Senin, 05 Desember 2022 - 20:19 WIB

Panasonic Produksi OLED TV & Smart TV 4K Terbaru

PT Panasonic Gobel Indonesia tak henti menghadirkan inovasi teknologi Televisi. Guna memberikan kepuasan mendapatkan informasi dan hiburan dengan performa dan kualitas produk yang terbaik, Panasonic…

RiaMiranda Tenth Annual Show

Senin, 05 Desember 2022 - 19:21 WIB

Ria Miranda Perkenalkan Tren Koleksi 2023 Lewat RiaMiranda Tenth Annual Show

Brand Moslem fashion RiaMiranda menggelar acara tahunannya yang ke-10, RiaMiranda Tenth Annual Show dipersembahkan oleh BRI serta didukung oleh Somethinc sebagai Official Beauty Partner di Grand…