Kanwil Jakbar dan Usakti Perpanjang Kerja Sama Tax Center

Oleh : Herry Barus | Rabu, 05 Oktober 2022 - 05:52 WIB

Kanwil Jakbar dan Usakti Perpanjang Kerja Sama Tax Center
Kanwil Jakbar dan Usakti Perpanjang Kerja Sama Tax Center

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Barat dan Wakil Rektor 1 dan 4 Universitas Trisakti melakukan penandatanganan perpanjangan Nota Kesepahaman (Memorandum of UnderstandingMoU) Pendirian Tax Center Universitas Trisakti di Aula Gedung S Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kampus A Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta Barat.

Pada tahun 2011, Direktorat Jenderal Pajak telah menandatangani kerja sama program perpajakan dengan Universitas Trisakti dalam bentuk Kesepakatan Bersama untuk membentuk Tax Center Universitas Trisakti.

Nota Kesepahaman yang ditandatangani hari ini merupakan perpanjangan masa berlaku kesepakatan bersama Tax Center Universitas Trisakti. Perluasan ruang lingkup ditambahkan dalam nota kesepahaman ini, antara lain kerja sama dalam kegiatan pembinaan perpajakan dan non perpajakan kepada UMKM seperti memberi pelatihan terkait pembukuan, perizinan, legalitas, pembiayaan, penggunaan media sosial untuk pemasaran produk, serta pengelolaan forum komunikasi, kemudian mendaftarkan diri sebagai wajib pajak, menghitung, membayar, dan melaporkan pajaknya, antara lain melalui program Business Development Services (BDS) dan program lainnya, kegiatan penelitian bersama di bidang perpajakan, dan kajian akademis atas peraturan perpajakan.

Acara dimulai dengan sambutan dari Wakil Rektor 1 dan 4 Universitas Trisakti Prof. Ir. Asri Nugrahanti, M.S., Ph.D., IPU. Asri menyampaikan ucapan terima kasih pada Kanwil DJP Jakarta Barat dan mengharapkan agar kerja sama ini memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

“Universitas Trisakti mendukung kegiatan yang dilaksanakan melalui Tax Center Universitas Trisakti,” pungkas Asri.

Selanjutnya, Kepala Kanwil DJP Jakarta Barat Suparno, S.T, M.M. dalam sambutannya menyampaikan sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 23A Undang-undang Dasar 1945 diatur bahwa pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undang-undang, hal ini dimaksudkan bahwa negara tidak akan bertindak sewenang-wenang ketika memungut sebagian kekayaan rakyat, sekalipun itu dipergunakan untuk kepentingan rakyat. Pajak adalah kebutuhan mutlak pembangunan, semua pihak harus bergotong royong.

Berdasarkan data dan administrasi di DJP, masih banyak wajib pajak yang pembayarannya lebih rendah dari seharusnya, tidak teratur, tidak wajar, dan bahkan masih belum ber-NPWP sehingga dibutuhkan kerja sama dengan pihak ketiga dengan tujuan meningkatkan kepatuhan dan kesadaran perpajakan wajib pajak khususnya wajib pajak di wilayah Jakarta Barat.

“Keberadaan Tax Center diharapkan dapat mewujudkan kesadaran dan kepedulian masyarakat di bidang perpajakan dan khususnya bagi sivitas akademika,” pungkas Suparno.

Acara dilanjutkan dengan prosesi penandatanganan bersama perpanjangan MoU oleh Kakanwil DJP Jakarta Barat dan Wakil Rektor 1 dan 4 Universitas Trisakti.

Kedua belah pihak kemudian saling menyerahkan cendera mata berupa plakat dan berfoto bersama.  Pajak Kuat Indonesia Maju Lapor Lebih Awal Lebih Nyaman

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya ekosistem digital.

Senin, 05 Desember 2022 - 23:26 WIB

Indonesia Butuh 9 Juta SDM Digital, Mendesak Kolaborasi Pendidikan dan Industri

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya…

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres).

Senin, 05 Desember 2022 - 22:58 WIB

Pengamat: Munculnya Dinamika Pencapresan di KIB Hal Wajar

Jakarta- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres). Hal itu diungkap Ketum PAN Zulkifli Hasan, yang mengatakan…

Ilustrasi TV produksi Panasonic terbaru

Senin, 05 Desember 2022 - 20:19 WIB

Panasonic Produksi OLED TV & Smart TV 4K Terbaru

PT Panasonic Gobel Indonesia tak henti menghadirkan inovasi teknologi Televisi. Guna memberikan kepuasan mendapatkan informasi dan hiburan dengan performa dan kualitas produk yang terbaik, Panasonic…

RiaMiranda Tenth Annual Show

Senin, 05 Desember 2022 - 19:21 WIB

Ria Miranda Perkenalkan Tren Koleksi 2023 Lewat RiaMiranda Tenth Annual Show

Brand Moslem fashion RiaMiranda menggelar acara tahunannya yang ke-10, RiaMiranda Tenth Annual Show dipersembahkan oleh BRI serta didukung oleh Somethinc sebagai Official Beauty Partner di Grand…

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf bersama Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan

Senin, 05 Desember 2022 - 19:20 WIB

Pasuruan Optimalkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

Sepanjang tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus memaksimalkan pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT). Tujuannya sudah pasti, mendukung penuh pelaksanaan program-program…