Kanwil Jakbar dan Usakti Perpanjang Kerja Sama Tax Center

Oleh : Herry Barus | Rabu, 05 Oktober 2022 - 05:52 WIB

Kanwil Jakbar dan Usakti Perpanjang Kerja Sama Tax Center
Kanwil Jakbar dan Usakti Perpanjang Kerja Sama Tax Center

INDUSTRY.co.id - Jakarta-  – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Barat dan Wakil Rektor 1 dan 4 Universitas Trisakti melakukan penandatanganan perpanjangan Nota Kesepahaman (Memorandum of UnderstandingMoU) Pendirian Tax Center Universitas Trisakti di Aula Gedung S Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kampus A Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta Barat.

Pada tahun 2011, Direktorat Jenderal Pajak telah menandatangani kerja sama program perpajakan dengan Universitas Trisakti dalam bentuk Kesepakatan Bersama untuk membentuk Tax Center Universitas Trisakti.

Nota Kesepahaman yang ditandatangani hari ini merupakan perpanjangan masa berlaku kesepakatan bersama Tax Center Universitas Trisakti. Perluasan ruang lingkup ditambahkan dalam nota kesepahaman ini, antara lain kerja sama dalam kegiatan pembinaan perpajakan dan non perpajakan kepada UMKM seperti memberi pelatihan terkait pembukuan, perizinan, legalitas, pembiayaan, penggunaan media sosial untuk pemasaran produk, serta pengelolaan forum komunikasi, kemudian mendaftarkan diri sebagai wajib pajak, menghitung, membayar, dan melaporkan pajaknya, antara lain melalui program Business Development Services (BDS) dan program lainnya, kegiatan penelitian bersama di bidang perpajakan, dan kajian akademis atas peraturan perpajakan.

Acara dimulai dengan sambutan dari Wakil Rektor 1 dan 4 Universitas Trisakti Prof. Ir. Asri Nugrahanti, M.S., Ph.D., IPU. Asri menyampaikan ucapan terima kasih pada Kanwil DJP Jakarta Barat dan mengharapkan agar kerja sama ini memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

“Universitas Trisakti mendukung kegiatan yang dilaksanakan melalui Tax Center Universitas Trisakti,” pungkas Asri.

Selanjutnya, Kepala Kanwil DJP Jakarta Barat Suparno, S.T, M.M. dalam sambutannya menyampaikan sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 23A Undang-undang Dasar 1945 diatur bahwa pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undang-undang, hal ini dimaksudkan bahwa negara tidak akan bertindak sewenang-wenang ketika memungut sebagian kekayaan rakyat, sekalipun itu dipergunakan untuk kepentingan rakyat. Pajak adalah kebutuhan mutlak pembangunan, semua pihak harus bergotong royong.

Berdasarkan data dan administrasi di DJP, masih banyak wajib pajak yang pembayarannya lebih rendah dari seharusnya, tidak teratur, tidak wajar, dan bahkan masih belum ber-NPWP sehingga dibutuhkan kerja sama dengan pihak ketiga dengan tujuan meningkatkan kepatuhan dan kesadaran perpajakan wajib pajak khususnya wajib pajak di wilayah Jakarta Barat.

“Keberadaan Tax Center diharapkan dapat mewujudkan kesadaran dan kepedulian masyarakat di bidang perpajakan dan khususnya bagi sivitas akademika,” pungkas Suparno.

Acara dilanjutkan dengan prosesi penandatanganan bersama perpanjangan MoU oleh Kakanwil DJP Jakarta Barat dan Wakil Rektor 1 dan 4 Universitas Trisakti.

Kedua belah pihak kemudian saling menyerahkan cendera mata berupa plakat dan berfoto bersama.  Pajak Kuat Indonesia Maju Lapor Lebih Awal Lebih Nyaman

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.