Dahsyat! Indonesia Bakal Segera Ekspor Pipa ke Eropa

Oleh : Ridwan | Selasa, 04 Oktober 2022 - 10:20 WIB

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia

INDUSTRY.co.id - Batang - Indonesia bakal mulai ekspor pipa ke Eropa. Hal ini diwujudkan dengan dibangunnya pabrik pipa mikik Wavin Manufacturing Indonesia yang merupakan bagian dari Wavin Orbia asal Belanda, di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah.

"Produksinya bukan hanya untuk penetrasi di Asia Tenggara dan Pasifik, tetapi juga akan di ekspor ke Eropa," ujar Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, pada prosesi peletakan batu pertama pabrik pipa Wavin di Batang, Senin (3/10/2022).

Selama ini, lanjut Bahlil, 80% pipa di Indonesia masih impor. Namun dengan berdirinya pabrik Wavin bakal membuat Indonesia mengekspor pipa.

Bahkan pabrik pipa yang berdiri itu diproyeksikan bakal menjadi salah satu fasilitas produksi terbesar perushaan di dunia.

Bahlil pun menceritakan untuk membawa pabrik pipa di Batang ini mempunyai proses yang cukup panjang.

Namun ada penawaran menarik dari pemerintah sebelum akhirnya perusahaan tersebut memilih bangun pabrik di Indonesia ketimbang Vietnam.

"Kita rayu mereka. Tadinya mau ke negara lain, salah satunya Vietnam. Tapi kita kasih tawaran yang baik. Alhamdulillah, mereka bisa hadir untuk groundbreaking hari ini," terangnya.

Bahlil menjelaskan setidaknya pabrik tersebut bakal berdiri dan mulai beroperasi pada akhir tahun 2024 mendatang.

Adapun nilai investasi, dalam laporkan Kemeterian Investasi/BKPM pada November 2020 yang lalu mencapai USD125 juta atau setara Rp1,9 triliun (kurs saat ini). Diproyeksikan, pabrik tersebut akan langsung menyerap tenaga kerja sekitar 400-500 orang.

CEO Orbia Sameer Bharadwaj menyampaikan rasa sukacitanya atas masuknya Orbia ke Indonesia bersama Wavin. 

Sameer juga menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara yang indah dengan populasi menakjubkan sebesar 270 juta orang serta potensi sumber daya alam yang luar biasa. 

Menurut Sameer, Indonesia merupakan titik stabil untuk melakukan investasi, khususnya di Kawasan Asia Tenggara.

"Saya sangat berterima kasih kepada Menteri Investasi kami yang terhormat atas dukungan luas yang telah diberikan kepada kami karena kami telah mempersiapkan investasi ini,” ucap Sameer.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ms. Echo Hong CEO JDL Express Indonesia

Rabu, 07 Desember 2022 - 07:46 WIB

JDL Express Indonesia Siap Berikan Layanan Terbaik di Harbolnas 12.12

Momen tanggal kembar selalu ditunggu-tunggu oleh para pecinta belanjam online serta para pelaku bisnis online. Menyambut festival belanja online terbesar di akhir tahun yaitu 12.12, JDL Express…

Ninja Xpress

Rabu, 07 Desember 2022 - 07:31 WIB

Tips Mudah dari Ninja Xpress untuk Bantu Tingkatkan Penjualan

Menjelang akhir tahun, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2022 menjadi saat yang tepat untuk berjualan karena tingginya antusias konsumen untuk berbelanja. Hal ini juga dibuktikan melalui…

Konferensi pers Lamudi.co.id Property Award

Rabu, 07 Desember 2022 - 07:30 WIB

Lamudi.co.id Property Award Bakal Kembali Digelar, Hadirkan 11 Kategori Fenomenal

Ajang penghargaan bergengsi bagi pelaku industri properti di Tanah Air, Lamudi.co.id Property Award (LPA) akan kembali digelar. Lamudi.co.id Property Awards adalah ajang penghargaan tahunan…

Cleo Air Minum (Ist)

Rabu, 07 Desember 2022 - 07:28 WIB

CLEO Dijadwalkan Bangun 3 Pabrik Baru dan Kembangkan Jaringan Distribusi di 2023

PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel Group) emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan IDX ticker code: CLEO:IJ, akan melanjutkan ekspansi agresif Perseroan pada tahun 2023, dengan…

Agenda Business Matchmaking antara Startup dan BUMN pada event Nex-BE Fest 2022 di Bali, pekan lalu.

Rabu, 07 Desember 2022 - 06:42 WIB

Telkom Melalui MDI Ventures dan TMI hasilkan lebih 150 Potensi Sinergi antar BUMN dan Startup

Rangkaian event tahunan ‘Next Billion Ecosystem Festival’ (Nex-BE Fest) besutan MDI Ventures dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero)…