IMA Chapter Jakarta Latih UMKM dan Pelaku Industri Pariwisata Lewat Seminar dan Pelatihan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 14 September 2022 - 19:40 WIB

Gelaran SMES & Tourism Day
Gelaran SMES & Tourism Day

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia Marketing Association (IMA) melalui Chapter DKI Jakarta menggelar Small Medium Enterprise & Tourism Day pada Minggu, 11 September 2022 di Sarinah, Jakarta.

Gathering IMA Chapter DKI Jakarta ini dikemas dalam beberapa kegiatan menarik, dimulai dari kegiatan Family Fun Bike, lalu dilanjut dengan Gathering, Seminar, Coaching Class dan lainnya. 

Kegiatan dibuka dengan Family Fun Bike yang melibatkan puluhan peserta yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Rutenya sendiri mulai dari Sarinah – Monas – Bundaran HI - Sarinah. Kemudian, acara dilanjutkan dengan seminar bertajuk “The Role of SMEs in Tourism Industry”.

Seminar tersebut, membahas bagaimana potensi UMKM dapat bersinergi dengan industri pariwisata. Potensi tersebut kupas tuntas oleh sejumlah narasumber.  Direktur Eksekutif – Kelapa Perwakilan BI DKI Jakarta Onny Widjanarko,  General Secretary of ICSB Diah Yusuf, dan Ketua Umum ID SEED Ira Damayanti. Seminar ini dimoderatori oleh Kunto Wibowo.

"IMA adalah komunitas untuk individu yang memiliki ketertarikan di bidang Marketing dan memiliki banyak program dalam mengembangkan UMKM dan pelaku industri pariwisata melalui acara seminar dan coaching seperti ini," kata Andi Rahim ketua harian IMA Chapter DKI yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (14/9/2022).

Sementara itu, Onny Widjanarko menyampaikan bagaimana pentingnya content dan konteks dalam berpromosi di media sosial.” Setelah memiliki content dan konteks lalu bikinlah sebuah  event , pasti akan viral” ujarnya.

Kunci menggunakan medsos, bagi onny jangan hanya sebangai pengamat atau observer, tetapi juga sebagai Explorer, yang melakukan eksplorasi berbagai fitur dan gaya unggahan, lalu menjadi produser content yang kreatif, hingga akhirnya menjadi investor  dari bentuk unggahan baru dan menjadi  connector atau penghubung antara konsumen dengan produk yang dipasarkan.

"Jika ingin umkm merambah pasar luar negeri, pengusaha harus mempunya data intelenjensi pasar luar negeri tentang kebutuhan dan selera pasar luar negeri," ungkap General Secretary of ICSB Diah Yusuf.

Pada kesempatan itu, Diah Yusuf juga memberikan kunci keberhasilannya , yaitu strengthen ur strength, preparing smart dan Networking and collaboration.

Pembicara terakhir Ira Damayanti melihat  ada persoalan pada produk Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN tetapi kalah jauh dengan negara kecil seperti Singapura. Untuk itu Indonesia perlu memperbaiki system dan kualitas produk – produk Indonesia. “Know your product,  know your market, “ nasihatnya.

Kemudian pada sesi kedua, para peserta UMKM juga mendapatkan sejumlah tips dalam mengembangkan usahanya, Ada tips gampang akses digital untuk UMKM, pendanaan UMKM, pengelolaan pajak untuk UMKM dan Startup.

Komunitas terkait juga turut memeriahkan acara dengan membawakan materi tentang peranan asosiasi UMKM di Indonesia hingga materi tentang bagaimana melakukan branding UMKM yang efektif. Acara ini ditutup dengan berbagai hadiah untuk para pelaku UMKM dan pelaku industri pariwisata yang hadir.

Indonesia Marketing Association (IMA) merupakan salah satu organisasi profesional marketing di Tanah Air. Tak hanya fokus pada aktivitas pengembangan pemasaran sebagai profesi. IMA juga aktif dalam mengadakan berbagai kegiatan positif yang berkontribusi pada kemajuan ekonomi bangsa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto kiri-kanan (Markus Rozano Antar Prasetyo - Bung Kepra selaku Ketua Koordinator Pergelaran; Dirjen Bimas Budha Supriyadi; Ketua Umum Panitia Acara Siddhartha The Musical, Sutina Irsan)

Sabtu, 25 Mei 2024 - 02:40 WIB

Keren! Hadir Kembali Setelah 17 Tahun, Siddhartha The Musical Sukses Hipnotis Warga Jakarta

Jakarta- Kerinduan warga Jakarta, khususnya umat Budha akan Siddhartha The Musical akhirnya terobati. Penampilan para seniman panggung Siddharta The Musical sukses menghipnotis warga yang memadati…

[Ki-Ka] M. Ade Kurniawan - CEO of ACSI, Jaja Ahmad Subarja - President Director of ACSI Corp, Yusup

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:22 WIB

Kukuhkan Kepemimpinan Teknologi Lingkungan, Cetta Akuisisi EAS.ai

Akuisisi EAS.ai akan memperkuat posisi Cetta sebagai pemimpin dalam industri teknologi lingkungan di Indonesia dengan mengembangkan kemampuan teknologi AI-nya serta membuka peluang pasar baru.

Kegiatan CSR PT Krakatau Sarana Properti

Jumat, 24 Mei 2024 - 16:48 WIB

PT. Krakatau Sarana Properti Gelar Kegiatan CSR Bidang Pendidikan dan Lingkungan di Provinsi Banten

PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) baru saja menggelar aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin dilaksanakan di wilayah Cilegon maupun juga disekitar daerah Provinsi Banten.…

Apartemen

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:42 WIB

Sentimen Positif Dorong Permintaan Apartemen di Jakarta Selama Paruh Kedua Tahun 2024

Colliers memperkirakan permintaan apartemen di Jakarta akan mengalami peningkatan sepanjang sisa semester tahun ini, terutama pada paruh kedua dengan penetapan pemerintahan baru dan kondisi…

PT Charoen Pokphand Indonesia

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:18 WIB

Citi Indonesia Rampungkan Kesepakatan Fasilitas Kredit Sindikasi Bergulir untuk Charoen Pokphand

Citibank Indonesia (Citi Indonesia), bertindak sebagai Bank Koordinator Tunggal, telah sukses menyelesaikan kesepakatan fasilitas kredit sindikasi bergulir (syndicated revolving credit facilities)…