IMA Chapter Jakarta Latih UMKM dan Pelaku Industri Pariwisata Lewat Seminar dan Pelatihan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 14 September 2022 - 19:40 WIB

Gelaran SMES & Tourism Day
Gelaran SMES & Tourism Day

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indonesia Marketing Association (IMA) melalui Chapter DKI Jakarta menggelar Small Medium Enterprise & Tourism Day pada Minggu, 11 September 2022 di Sarinah, Jakarta.

Gathering IMA Chapter DKI Jakarta ini dikemas dalam beberapa kegiatan menarik, dimulai dari kegiatan Family Fun Bike, lalu dilanjut dengan Gathering, Seminar, Coaching Class dan lainnya. 

Kegiatan dibuka dengan Family Fun Bike yang melibatkan puluhan peserta yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Rutenya sendiri mulai dari Sarinah – Monas – Bundaran HI - Sarinah. Kemudian, acara dilanjutkan dengan seminar bertajuk “The Role of SMEs in Tourism Industry”.

Seminar tersebut, membahas bagaimana potensi UMKM dapat bersinergi dengan industri pariwisata. Potensi tersebut kupas tuntas oleh sejumlah narasumber.  Direktur Eksekutif – Kelapa Perwakilan BI DKI Jakarta Onny Widjanarko,  General Secretary of ICSB Diah Yusuf, dan Ketua Umum ID SEED Ira Damayanti. Seminar ini dimoderatori oleh Kunto Wibowo.

"IMA adalah komunitas untuk individu yang memiliki ketertarikan di bidang Marketing dan memiliki banyak program dalam mengembangkan UMKM dan pelaku industri pariwisata melalui acara seminar dan coaching seperti ini," kata Andi Rahim ketua harian IMA Chapter DKI yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (14/9/2022).

Sementara itu, Onny Widjanarko menyampaikan bagaimana pentingnya content dan konteks dalam berpromosi di media sosial.” Setelah memiliki content dan konteks lalu bikinlah sebuah  event , pasti akan viral” ujarnya.

Kunci menggunakan medsos, bagi onny jangan hanya sebangai pengamat atau observer, tetapi juga sebagai Explorer, yang melakukan eksplorasi berbagai fitur dan gaya unggahan, lalu menjadi produser content yang kreatif, hingga akhirnya menjadi investor  dari bentuk unggahan baru dan menjadi  connector atau penghubung antara konsumen dengan produk yang dipasarkan.

"Jika ingin umkm merambah pasar luar negeri, pengusaha harus mempunya data intelenjensi pasar luar negeri tentang kebutuhan dan selera pasar luar negeri," ungkap General Secretary of ICSB Diah Yusuf.

Pada kesempatan itu, Diah Yusuf juga memberikan kunci keberhasilannya , yaitu strengthen ur strength, preparing smart dan Networking and collaboration.

Pembicara terakhir Ira Damayanti melihat  ada persoalan pada produk Indonesia sebagai negara terbesar di ASEAN tetapi kalah jauh dengan negara kecil seperti Singapura. Untuk itu Indonesia perlu memperbaiki system dan kualitas produk – produk Indonesia. “Know your product,  know your market, “ nasihatnya.

Kemudian pada sesi kedua, para peserta UMKM juga mendapatkan sejumlah tips dalam mengembangkan usahanya, Ada tips gampang akses digital untuk UMKM, pendanaan UMKM, pengelolaan pajak untuk UMKM dan Startup.

Komunitas terkait juga turut memeriahkan acara dengan membawakan materi tentang peranan asosiasi UMKM di Indonesia hingga materi tentang bagaimana melakukan branding UMKM yang efektif. Acara ini ditutup dengan berbagai hadiah untuk para pelaku UMKM dan pelaku industri pariwisata yang hadir.

Indonesia Marketing Association (IMA) merupakan salah satu organisasi profesional marketing di Tanah Air. Tak hanya fokus pada aktivitas pengembangan pemasaran sebagai profesi. IMA juga aktif dalam mengadakan berbagai kegiatan positif yang berkontribusi pada kemajuan ekonomi bangsa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…