KedaiSayur Gandeng BRI Untuk Atasi Masalah Offtake dan Permodalan Petani

Oleh : Candra Mata | Rabu, 31 Agustus 2022 - 10:40 WIB

Penandatanganan MoU PT Kedai Sayur Indonesia dengan PT Bank Republik Indonesia Tbk
Penandatanganan MoU PT Kedai Sayur Indonesia dengan PT Bank Republik Indonesia Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Kedai Sayur Indonesia (KedaiMart), perusahaan agribusiness enabler di bawah Triputra Group, dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), sepakat menjalin kerjasama pembentukan ekosistem digital untuk menjadi solusi bagi permasalahan pembelian hasil panen (offtake) dan permodalan yang dihadapi para petani Indonesia. 

Seremoni penandatanganan Nota Kesepahaman mengenai kerjasama tersebut ditandatangani oleh CEO KedaiSayur Adrian Hernanto dan Agribusiness Division Head BRI Mochamad Choliq serta Value Chain Solution Division Head BRI Achmad Suadi di Kantor Pusat BRI (29/8).

CEO KedaiSayur Adrian Hernanto mengatakan, pembentukan ekosistem digital diharapkan akan menguntungkan seluruh stakeholder dalam ekosistem ini; didalamnya termasuk namun tidak terbatas pada jaminan offtake dan pemberian fasilitas kredit dan jasa perbankan kepada para petani mitra binaan. Mengingat sekalipun Indonesia merupakan negara dengan sektor pertanian yang besar, tetapi minat tenaga kerja ke sektor pertanian justru terus menurun karena dipandang kurang menguntungkan.

Menurutnya, salah satu halangan yang dihadapi oleh para petani selain dari ketersediaan modal kerja, adalah tidak adanya jaminan offtake pada saat panen tiba dan ketidakpastian harga. 

Hal itu, lanjut Adrian, diamati oleh PT Kedai Sayur Indonesia dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, yang berujung pada kerjasama pembentukan ekosistem digital pertanian, dimana KedaiSayur akan berperan sebagai off-taker yang akan membantu petani membeli hasil panennya dengan skema harga yang menguntungkan pihak petani. Sementara BRI akan berperan sebagai pemberian fasilitas kredit dan jasa perbankan.

“Kami percaya program kolaborasi ini akan memberikan dampak yang sangat baik bagi para petani. Semoga kerja sama yang terjalin ini dapat memberikan akses bagi para petani dan dapat membantu pertumbuhan bisnis mereka. Relasi bank dengan petani akan lebih kuat dengan adanya kepastian harga jual dan pesanan dari kami,” ujar Adrian Hernanto dari keterangannya yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id, pada Rabu (31/8/2022).

Lebih lanjut Adrian menjelaskan, KedaiMart adalah sebuah e-grocery platform yang memiliki kelengkapan produk dengan bahan segar, kualitas terjaga dan pilihan dari merek terpercaya dalam satu platform. KedaiMart sebagai channel B2C dari KedaiSayur akan menjadi salah satu omnichannel yang menjual hasil panen petani dari program ini. 

Selain itu, KedaiSayur kini melakukan ekspansi tidak saja secara B2C melainkan juga B2B. Pasokan dari petani juga akan didistribusikan ke berbagai industri seperti restoran dan hotel.

Hal senada diungkapkan Agribusiness Division Head BRI Mochamad Choliq, kerjasama ini diharapkan dapat berdampak positif terhadap setiap pihak, khususnya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani yang berkesinambungan.

“Kolaborasi antara BRI dan KedaiSayur memberikan solusi praktis dengan menggunakan ekosistem digital bagi pelaku UMKM terutama para petani dan pedagang sayur di Indonesia,” ujar Mochamad Choliq.

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

[Kiri ke kanan] Royke Tobing - Direktur Cyber Intelligence PT Spentera, Haliwela - Direktur R & D PT Spentera, Marie Muhammad - Direktur Operasional Eksternal PT Spentera, Thomas Gregory - Direktur Operasi Internal PT Spentera

Jumat, 26 April 2024 - 09:50 WIB

Spentera Bantu Penguatan Keamanan Siber Pada Infrastruktur Informasi Vital Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Siber

Kejahatan siber merupakan masalah serius yang dapat menyerang baik individu maupun institusi. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan bahwa terjadi peningkatan…

ASABRI mengikuti edukasi keterbukaan informasi publik

Jumat, 26 April 2024 - 09:45 WIB

ASABRI Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik

ASABRI bersama 5 BUMN Lainnya yaitu Indonesia Re, Indonesia Financial Group (IFG), Perum Bulog, Danareksa, dan MIND.ID, hadir dalam penyelenggaraan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik…

Bekali Diri di Prodi Digital Entrepreneur Cyber University Sekarang!

Jumat, 26 April 2024 - 09:41 WIB

Ingin Sukses Jadi Digitalpreneur, Bekali Diri di Prodi Digital Entrepreneur Cyber University Sekarang!

Cyber University atau Universitas Siber Indonesia dikenal sebagai kampus fintech pertama di Indonesia dengan fokus pada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan memiliki kurikulum CLP (Company…

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…