KedaiSayur Gandeng BRI Untuk Atasi Masalah Offtake dan Permodalan Petani

Oleh : Candra Mata | Rabu, 31 Agustus 2022 - 10:40 WIB

Penandatanganan MoU PT Kedai Sayur Indonesia dengan PT Bank Republik Indonesia Tbk
Penandatanganan MoU PT Kedai Sayur Indonesia dengan PT Bank Republik Indonesia Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Kedai Sayur Indonesia (KedaiMart), perusahaan agribusiness enabler di bawah Triputra Group, dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), sepakat menjalin kerjasama pembentukan ekosistem digital untuk menjadi solusi bagi permasalahan pembelian hasil panen (offtake) dan permodalan yang dihadapi para petani Indonesia. 

Seremoni penandatanganan Nota Kesepahaman mengenai kerjasama tersebut ditandatangani oleh CEO KedaiSayur Adrian Hernanto dan Agribusiness Division Head BRI Mochamad Choliq serta Value Chain Solution Division Head BRI Achmad Suadi di Kantor Pusat BRI (29/8).

CEO KedaiSayur Adrian Hernanto mengatakan, pembentukan ekosistem digital diharapkan akan menguntungkan seluruh stakeholder dalam ekosistem ini; didalamnya termasuk namun tidak terbatas pada jaminan offtake dan pemberian fasilitas kredit dan jasa perbankan kepada para petani mitra binaan. Mengingat sekalipun Indonesia merupakan negara dengan sektor pertanian yang besar, tetapi minat tenaga kerja ke sektor pertanian justru terus menurun karena dipandang kurang menguntungkan.

Menurutnya, salah satu halangan yang dihadapi oleh para petani selain dari ketersediaan modal kerja, adalah tidak adanya jaminan offtake pada saat panen tiba dan ketidakpastian harga. 

Hal itu, lanjut Adrian, diamati oleh PT Kedai Sayur Indonesia dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, yang berujung pada kerjasama pembentukan ekosistem digital pertanian, dimana KedaiSayur akan berperan sebagai off-taker yang akan membantu petani membeli hasil panennya dengan skema harga yang menguntungkan pihak petani. Sementara BRI akan berperan sebagai pemberian fasilitas kredit dan jasa perbankan.

“Kami percaya program kolaborasi ini akan memberikan dampak yang sangat baik bagi para petani. Semoga kerja sama yang terjalin ini dapat memberikan akses bagi para petani dan dapat membantu pertumbuhan bisnis mereka. Relasi bank dengan petani akan lebih kuat dengan adanya kepastian harga jual dan pesanan dari kami,” ujar Adrian Hernanto dari keterangannya yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id, pada Rabu (31/8/2022).

Lebih lanjut Adrian menjelaskan, KedaiMart adalah sebuah e-grocery platform yang memiliki kelengkapan produk dengan bahan segar, kualitas terjaga dan pilihan dari merek terpercaya dalam satu platform. KedaiMart sebagai channel B2C dari KedaiSayur akan menjadi salah satu omnichannel yang menjual hasil panen petani dari program ini. 

Selain itu, KedaiSayur kini melakukan ekspansi tidak saja secara B2C melainkan juga B2B. Pasokan dari petani juga akan didistribusikan ke berbagai industri seperti restoran dan hotel.

Hal senada diungkapkan Agribusiness Division Head BRI Mochamad Choliq, kerjasama ini diharapkan dapat berdampak positif terhadap setiap pihak, khususnya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani yang berkesinambungan.

“Kolaborasi antara BRI dan KedaiSayur memberikan solusi praktis dengan menggunakan ekosistem digital bagi pelaku UMKM terutama para petani dan pedagang sayur di Indonesia,” ujar Mochamad Choliq.

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. inHarmony Group

Sabtu, 30 September 2023 - 19:57 WIB

inHarmony PREVENTA, Era Baru dalam Pelayanan Kesehatan Preventif

Pada perhelatan the 15th Comprehensive Vaccinology 2023, inHarmony Group secara resmi meluncurkan inHarmony PREVENTA, sebuah terobosan baru dalam dunia kesehatan yang memadukan pelayanan kesehatan…

Toko adidas di AEON Mall BSD City.

Sabtu, 30 September 2023 - 19:46 WIB

Kanmo Group Buka Toko adidas Dengan Konsep Baru Di AEON Mall BSD City

Konsep Home of Sport terbaru yang dihadirkan Kanmo Group ini menjadi wujud komitmen adidas dalam mengajak masyarakat untuk memiliki bergaya hidup lebih aktif dan sehat melalui olahraga.

Setahun Asparminas

Sabtu, 30 September 2023 - 18:28 WIB

Asparminas Perjuangkan Wadah Independen Industri AMDK

Tanggal 28 September 2023 menjadi tonggak berdirinya satu tahun Asosiasi Pengusaha Air Minum Kemasan Nasional (Asparminas). Acara peringatan ini dihadiri oleh anggota dan perwakilan asosiasi…

Menkes Budi Gunadi Sadikin dan SD Darmono Founder PT Jababeka Tbk

Sabtu, 30 September 2023 - 16:31 WIB

Peluang Pasar Industri Kesehatan Ala Menkes Budi Gunadi Sadikin

Dalam acara peresmian Jababeka Medical City di Cikarang medio Maret 2023 lalu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan sambutan sekaligus panduan peta jalan industri kesehatan di Indonesia.…

Dok. IdeaFest

Sabtu, 30 September 2023 - 16:07 WIB

Digelar Selama 3 Hari, IdeaFest 2023 Dorong Kreator Pimpin Revolusi Kreatif dengan Kolaborasi dan Inovasi

Kembali tunjukkan komitmen dengan memberikan wadah kolaborasi transformatif untuk ide segar para insan dan komunitas kreatif, IdeaFest 2023 hadir dengan beragam program kolaborasi yang bertujuan…