KedaiSayur Gandeng BRI Untuk Atasi Masalah Offtake dan Permodalan Petani

Oleh : Candra Mata | Rabu, 31 Agustus 2022 - 10:40 WIB

Penandatanganan MoU PT Kedai Sayur Indonesia dengan PT Bank Republik Indonesia Tbk
Penandatanganan MoU PT Kedai Sayur Indonesia dengan PT Bank Republik Indonesia Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Kedai Sayur Indonesia (KedaiMart), perusahaan agribusiness enabler di bawah Triputra Group, dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), sepakat menjalin kerjasama pembentukan ekosistem digital untuk menjadi solusi bagi permasalahan pembelian hasil panen (offtake) dan permodalan yang dihadapi para petani Indonesia. 

Seremoni penandatanganan Nota Kesepahaman mengenai kerjasama tersebut ditandatangani oleh CEO KedaiSayur Adrian Hernanto dan Agribusiness Division Head BRI Mochamad Choliq serta Value Chain Solution Division Head BRI Achmad Suadi di Kantor Pusat BRI (29/8).

CEO KedaiSayur Adrian Hernanto mengatakan, pembentukan ekosistem digital diharapkan akan menguntungkan seluruh stakeholder dalam ekosistem ini; didalamnya termasuk namun tidak terbatas pada jaminan offtake dan pemberian fasilitas kredit dan jasa perbankan kepada para petani mitra binaan. Mengingat sekalipun Indonesia merupakan negara dengan sektor pertanian yang besar, tetapi minat tenaga kerja ke sektor pertanian justru terus menurun karena dipandang kurang menguntungkan.

Menurutnya, salah satu halangan yang dihadapi oleh para petani selain dari ketersediaan modal kerja, adalah tidak adanya jaminan offtake pada saat panen tiba dan ketidakpastian harga. 

Hal itu, lanjut Adrian, diamati oleh PT Kedai Sayur Indonesia dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, yang berujung pada kerjasama pembentukan ekosistem digital pertanian, dimana KedaiSayur akan berperan sebagai off-taker yang akan membantu petani membeli hasil panennya dengan skema harga yang menguntungkan pihak petani. Sementara BRI akan berperan sebagai pemberian fasilitas kredit dan jasa perbankan.

“Kami percaya program kolaborasi ini akan memberikan dampak yang sangat baik bagi para petani. Semoga kerja sama yang terjalin ini dapat memberikan akses bagi para petani dan dapat membantu pertumbuhan bisnis mereka. Relasi bank dengan petani akan lebih kuat dengan adanya kepastian harga jual dan pesanan dari kami,” ujar Adrian Hernanto dari keterangannya yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id, pada Rabu (31/8/2022).

Lebih lanjut Adrian menjelaskan, KedaiMart adalah sebuah e-grocery platform yang memiliki kelengkapan produk dengan bahan segar, kualitas terjaga dan pilihan dari merek terpercaya dalam satu platform. KedaiMart sebagai channel B2C dari KedaiSayur akan menjadi salah satu omnichannel yang menjual hasil panen petani dari program ini. 

Selain itu, KedaiSayur kini melakukan ekspansi tidak saja secara B2C melainkan juga B2B. Pasokan dari petani juga akan didistribusikan ke berbagai industri seperti restoran dan hotel.

Hal senada diungkapkan Agribusiness Division Head BRI Mochamad Choliq, kerjasama ini diharapkan dapat berdampak positif terhadap setiap pihak, khususnya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani yang berkesinambungan.

“Kolaborasi antara BRI dan KedaiSayur memberikan solusi praktis dengan menggunakan ekosistem digital bagi pelaku UMKM terutama para petani dan pedagang sayur di Indonesia,” ujar Mochamad Choliq.

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

diskusi online yang digelar Forum Merdeka Barat bertajuk "UU Cipta Kerja Tumbuhkan Pengusaha Muda dan UMKM" pada Senin (26/9/22).

Senin, 26 September 2022 - 19:37 WIB

UU Ciptakerja Memberi Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan UMKM

Jakarta, FMB9 - Sekretaris Satgas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja, Arief Budimanta menyampaikan kehadiran Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) bertujuan memberikan kemudahan, perlindungan…

Mitsubishi New Xpander Cross

Senin, 26 September 2022 - 19:30 WIB

Dibekali Fitur Canggih, New Xpander Cross Lebih Unggul dari Mobil Sekelas

New Mitsubishi Xpander Cross resmi diluncurkan pada 11 Agustus 2022 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mengusung tagline “Rise to Your Life’s Adventure”,…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Senin, 26 September 2022 - 19:19 WIB

Sebelum Diberlakukan, Pemerintah Diminta Masifkan Uji Coba Konversi ke Kompor Listrik

Jakarta- Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah meminta pemerintah untuk melanjutkan ujicoba konversi elpiji ke listrik dan membuktikan bahwa dengan cara ini masyarakat bisa berhemat.

CEO Telin Budi Satria Dharma Purba (kedua dari kanan) berdiskusi dengan para Panelis, dari TI Sparkle Leonardo Cerciello (paling kanan), China Unicom Global Dr. Meng Shusen (tengah), Head of Asia GSMA Julian Gorman (kedua dari Kiri), dan SMD Delta Partners Sam Evans (paling kiri)

Senin, 26 September 2022 - 19:15 WIB

Perkuat Infrastruktur, Telkom Bidik Potensi Konektivitas Asia Pasifik

PT Tekom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menilai konektivitas Asia Pasifik memiliki potensi pertumbuhan yang sangat tinggi, seiring dengan transformasi digital yang dilakukan negara-negara…

Kepala BKSJI Kemenperin Doddy Rahadi

Senin, 26 September 2022 - 18:40 WIB

Keren! Balai Besar Kemenperin Ciptakan Sistem Monitoring Kualitas Udara & Air Limbah Industri Terintegrasi Digital

Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Pencegahan Pencemaran Industri (BBSPJPPI) Semarang telah menciptakan sistem monitoring kualitas udara maupun air limbah industri yang terintegrasi…