AMMAN Gandeng JEL dan PT JEL Untuk Proyek Pengembangan Pembangkit Listrik

Oleh : Candra Mata | Selasa, 30 Agustus 2022 - 09:00 WIB

Penandatanganan perjanjian AMMAN dengan JEL dan PT JEL
Penandatanganan perjanjian AMMAN dengan JEL dan PT JEL

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) menandatangani perjanjian pengadaan peralatan dengan Jurong Engineering Limited (JEL) dan perjanjian pengadaan dan konstruksi lump sum turnkey engineering dengan PT Jurong Engineering Lestari (PT JEL) untuk Pembangkit Listrik Tenaga Siklus Gabungan Batu Hijau-1 (Proyek BHCCPP-1).

BHCCPP-1 akan dibangun sebagai bagian dari strategi AMMAN dalam meningkatkan pasokan listrik yang dapat mendukung kegiatan operasional yang terus berkembang - termasuk penambangan, pengolahan, dan peleburan - di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Konfigurasi plant adalah dua blok yang terdiri dari tiga generator turbin gas, tiga generator uap pemulihan panas dan satu turbin uap. Efisiensi termalnya akan menjadi salah satu yang tertinggi di kawasan ini untuk pembangkit listrik industri.

Presiden Direktur AMMAN, Rachmat Makkasau menegaskan kembali komitmen AMMAN dalam menjalankan operasi secara berkelanjutan. "Kami bangga menjadi salah satu perusahaan pertama di kawasan ini, yang beralih ke gas, sumber energi yang lebih bersih dengan emisi karbon yang lebih rendah," kata Rachmat dari keterangannya yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id, pada Selasa (30/8/2022).

Ia menjelaskan, saat ini AMMAN telah menggunakan turbin gas paling efisien serta teknologi mutakhir untuk low-NOx burner untuk memastikan bahwa kami mematuhi pedoman emisi lingkungan yang paling ketat, seperti standar Eropa atau IFC/World Bank.

“Sebagai salah satu perusahaan pertambangan tembaga dan emas terbesar di Indonesia, kami ingin berkontribusi dalam upaya dekarbonisasi, terutama karena kami menyadari bahwa permintaan untuk produk tembaga akan terus meningkat, sejalan dengan visi dunia untuk mencapai ekonomi bersih,” tutup Rachmat.

Dalam kesempatan yang sama, Managing Director & CEO JEL, Koichi Watanabe, menyampaikan apresiasinya atas kepercayaan yang diberikan oleh AMMAN. 

“Kami bangga telah diberikan kepercayaan oleh AMMAN untuk menjalankan proyek ini. Dengan kapabilitas engineering kami dalam membangun fasilitas pembangkit listrik dengan menggunakan berbagai teknologi dan capaian kinerja keselamatan kami, kami yakin bahwa proyek ini akan menambah catatan keberhasilan JEL,” ujar Koichi Watanabe.

JEL adalah pemasok peralatan dan penyedia layanan offshore terkait untuk BHCPP-1 berbasis gas yang akan menghasilkan 450 MW (gross). Lingkup pekerjaan JEL terdiri dari penyediaan dan pengiriman peralatan besar dan teknik untuk pabrik. Secara terpisah, PT JEL adalah kontraktor konstruksi dan commissioning untuk proyek tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…