Bukit Moko Bandung, Tempat Berburu Sunrise hingga Jelajah Hutan Pinus

Oleh : Hariyanto | Selasa, 16 Agustus 2022 - 08:36 WIB

Pemandangan Kota Bandung dari Bukit Moko | Sumber: Shutterstock - Adnan Hidayat P
Pemandangan Kota Bandung dari Bukit Moko | Sumber: Shutterstock - Adnan Hidayat P

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kota Bandung tak sekadar menawarkan keindahan bagi para wisatawan, melainkan juga momen-momen berkesan dan personal. Tidak heran kota ini kerap disebut sebagai kota film, sekaligus surga fesyen, kuliner dan liburan. Pesonanya sebagai sebuah kota tak habis diulik untuk mengisi liburan. Daya tarik Bandung sebagai destinasi wisata pun turut menempatkannya di peringkat ketiga dengan transaksi akomodasi terbesar di Pegipegi –setelah Jakarta dan Yogyakarta.

Ada banyak tempat wisata di Bandung yang memesona untuk dikunjungi, salah satunya Bukit Moko. Bukit ini merupakan satu di antara deretan destinasi wisata Bandung yang sudah sangat terkenal, baik di kalangan wisatawan domestik maupun internasional. Terletak di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl), membuat Bukit Moko memiliki udara yang sejuk dan berselimut kabut, terutama pada pagi dan malam hari.

Ada tiga jalur alternatif yang bisa Anda tempuh untuk mencapai Bukit Moko. Pertama, melewati Jalan Bojong Koneng yang memiliki jarak paling dekat, tapi dengan medan yang menantang dibandingkan jalur lainnya. Kedua, Anda bisa mencoba via Jalan Cimuncang dengan medan yang cenderung berbatu dan cukup berkelok-kelok. Atau, memilih Jalur Padasuka sebagai alternatif ketiga yang disebut-sebut sebagai rute paling mudah dan cukup direkomendasikan. Jalur ketiga ini bisa dilewati kendaraan bermotor dan sebagian besar jalannya pun sudah beraspal.

Dengan rute-rute yang telah disebutkan sebelumnya, Anda disarankan menginap di sekitar kawasan wisata Bukit Moko agar momen liburan berlangsung lebih nyaman. Anda bisa memesan hotel di Bandung dengan memanfaatkan promo menarik yang ditawarkan layanan Online Travel Agent (OTA) seperti Pegipegi.

Menariknya lagi, ternyata ada lima kegiatan seru yang wajib Anda lakukan saat berada di Bukit Moko. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini, yuk!

Berburu Matahari Terbit
Anda bisa datang ke Bukit Moko sepagi mungkin untuk menikmati momen matahari terbit. Kombinasi langit berwarna oranye kekuningan yang terlihat di kejauhan dengan pemandangan cantik khas Kota Bandung dari ketinggian, membuat pengalaman berkunjung Anda ke Bukit Moko semakin unik dan menyenangkan.

Memotret Bima Sakti
Dengan hamparan ladang dan bukit yang indah, Anda dapat menikmati langit malam spektakuler yang bertabur bintang-bintang. Bagi penggemar fotografi, Anda mungkin tertarik membawa kamera dan tripod pribadi untuk memotret langit malam. Siapa tahu dari Bukit Moko Anda bisa menangkap indahnya pemandangan malam, ataupun memotret Bima Sakti.

Mencicipi Kuliner Lezat
Tak perlu khawatir jika perut keroncongan, karena Anda bisa mencicipi beragam kuliner lezat di sekitar Bukit Moko. Ada sejumlah restoran dan kedai yang menawarkan pengalaman kuliner unik berkat nuansa alam yang indah dan menenangkan. Seperti restoran Burgundy, di mana Anda bisa menikmati burger, pasta, hingga segelas cokelat hangat. Jika ingin kulineran dengan harga terjangkau, Anda bisa mampir ke warung-warung lesehan setempat. Ada banyak pilihan menu dengan harga mulai Rp3.000-an.

Berkemah ditemani Api Unggun
Jika ingin menghabiskan malam nan sejuk di Bukit Moko, pihak pengelola menyediakan lahan perkemahan. Anda bisa menyewa tenda dan peralatan untuk membuat api unggun. Momen liburan Anda pun terasa semakin 'hangat' sembari menikmati pemandangan lanskap Kota Bandung yang menakjubkan.

Jelajah Hutan Pinus
Bukit Moko juga memiliki hutan pinus. Hutan ini sering dijadikan lokasi pemotretan prewedding. Selain itu,  selama di sini Anda juga bisa mencoba trekking, melewati hamparan pohon pinus yang lebat dan berbaris rapi. Waktu yang disarankan untuk trekking di jalur hutan pinus Bukit Moko yaitu siang menjelang sore hari.

Sekadar informasi, masuk ke Bukit Moko akan dikenakan biaya. Untuk hari Senin-Jumat, Anda akan dikenakan biaya Rp15.000 per orang. Sedangkan di akhir pekan dan hari libur, biaya masuknya sebesar Rp25.000 per orang.

Nah, bagi Anda yang tinggal di luar kota dan tertarik #PegipegiLagi ke berbagai tempat wisata favorit Bandung, yuk, persiapkan itinerary perjalanan mulai dari sekarang. Pesan tiket pesawat, tiket kereta, tiket bus dan travel, serta hotel di Bandung hanya di aplikasi Pegipegi. Dapatkan juga harga lebih hemat dengan berbagai promo menarik yang ditawarkan Pegipegi setiap harinya! Jangan lupa, jaga selalu protokol kesehatan kapan pun dan di mana pun demi keamanan, kenyaman, dan keselamatan Anda.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Rabu, 24 April 2024 - 06:29 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Guna menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kemampuan menembak Pistol, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi…

Progress Group groundbreaking jalan penghubung di Ciputat

Rabu, 24 April 2024 - 06:15 WIB

Permudah Mobilitas Warga Paradise Resort City, Progress Group Groundbreaking Jalan Penghubung di Ciputat

Progress Group melakukan groundbreaking pembangunan jalan penghubung antara Jl. Aria Putra dan Jl. H Taip di Ciputat, sebagai bagian penting dari pengembangan akses boulevard dari township Paradise…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Rabu, 24 April 2024 - 03:52 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Singapura

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan The Minister For Foreign Affairs of Singapore (Menteri Luar Negeri Singapura) H.E Mr. Vivian Balakrishnan yang didampingi…

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rabu, 24 April 2024 - 03:45 WIB

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rapat Kerja Teknis Staf Operasi Korps Marinir Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan dibuka oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E.,…