Menkes Budi Apresiasi Dexa Award Science Scholarship Wujudkan Kemandirian Kesehatan

Oleh : Ridwan | Rabu, 03 Agustus 2022 - 15:15 WIB

Dexa Award Science Scholarship
Dexa Award Science Scholarship

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dexa Group terus berkomitmen mewujudkan ketahanan kemandirian kesehatan melalui penyelengaraan Dexa Award Science Scholarship untuk mendorong inovasi di bidang farmasi dan kesehatan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam sambutannya di acara Virtual Ceremony Dexa Award Science Scholarship (DASS) 2022, beberapa waktu lalu menegaskan, pihainya tengah fokus dalam mewujudkan ketahanan kesehatan sebagai salah satu pilar transformasi kesehatan dengan sasaran terpenuhinya kebutuhan sediaan farmasi dan alat kesehatan nasional oleh produksi dalam negeri.

"Untuk mencapai sasaran ini, dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak termasuk akademisi, industri, pemerintah dan masyarakat, khususnya dalam menghasilkan ilmuwan, ahli dan praktisi yang berkualitas yang dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas produksi sediaan farmasi dalam negeri,” kata Budi Gunadi Sadikin.

Menurut Menkes Budi, Dexa Award Science Scholarship merupakan bentuk dukungan masyarakat dan industri terhadap transformasi sistem kesehatan khususnya pada transformasi ketahanan kesehatan. 

Selain itu, tambahnya, ajang ini juga sejalan dengan transformasi sumber daya manusia di bidang kesehatan melalui beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa.

“Saya sangat mengapresiasi Dexa Group yang telah memberikan bantuan beasiswa pada ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia melalui program Dexa Award Science Scholarship," terangnya.

Oleh karena itu, Menkes berharap program ini terus berlanjut memberikan inspirasi dan motivasi bagi generasi muda Indonesia dalam pengembangan ilmu dan teknologi, berkarya secara kreatif, berinovasi dan berkontribusi dalam pembangunan manusia Indonesia.

Pimpinan Dexa Group, Ferry Soetikno mengatakan, Dexa Group sebagai bagian dari industri kesehatan terus mengarahkan segenap kapasitas dan kapabilitasnya untuk mewujudkan upaya membangun kemandirian kesehatan.

"Di sinilah peran Dexa Award Science Scholarship yang mendorong inovasi di bidang farmasi dan kesehatan secara luas dengan memberikan beasiswa pendidikan S2 dan beasiswa penelitian,” kata Ferry.

Hingga saat ini, Dexa Group telah memberikan lebih dari 3.000 beasiswa mulai dari tingkat pendidikan dasar dan lulusan apoteker hingga beasiswa S2.

“Kami berharap Dexa Award Science Scholarship memberi manfaat bagi para peneliti generasi muda. Perkenankan kami mengucapkan selamat kepada para finalis yang berhasil masuk dalam 5 besar, dan secara khusus kepada para pemenang Dexa Award Science Scholarship 2022,” pungkas Ferry.

Sebanyak 1.002 saintis muda mendaftar untuk mendapatkan beasiswa DASS 2022. Proposal  penelitian hingga babak penjurian diseleksi ketat oleh saintis-saintis terbaik Indonesia.

Setelah proses penjurian, terpilih 3 pemenang yang mendapatkan beasiswa pendidikan S2 dan juga penelitian. 

Adapun, pemenang program beasiswa DASS 2022 adalah Faizal Maulana dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan topik penelitian tentang Kajian Metabolomik untuk Penjagaan Mutu Bahan Baku Obat yang Berbasis Bahan Alam, Jovita Aurelia dari Unika Atma Jaya Jakarta dengan topik penelitian tentang Pengembangan Material Penghantar Obat Bahan Alam untuk Penghantaran Rute Oral, dan Wahyu Nur Safitriono dari Universitas Sebelas Maret dengan topik penelitian tentang Pengembangan Penghantar Obat Kanker untuk Target di Otak.

Program beasiswa ini digagas atas ide mulia dari Founder Dexa Group (Alm) Rudy Soetikno. Semangat pengabdian dan kontribusi beliau di bidang kesehatan ingin ditularkan kepada para generasi penerusnya melalui dukungan untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

Gagasan ini kemudian diwujudnyatakan oleh Pimpinan Dexa Group Ferry Soetikno, Leader Dharma Dexa Gloria Haslim, dan Dr. Raymond Tjandrawinata selaku Director of Research and Business Development Dexa Group sehingga melahirkan program Dexa Award Science Scholarship.

Dalam program beasiswa tersebut, mahasiswa dapat mengajukan proposal penelitian dari beragam latar belakang keilmuan yang terkait dengan kesehatan, yang hasil akhirnya nanti dapat diaplikasikan untuk kesehatan masyarakat. 

Terhadap proposal yang diajukan dan terpilih sebagai pemenang, Dexa Group akan memberikan apresiasi beasiswa pendidikan S2 dan penelitian, serta bebas memilih kampus S2 terakreditasi A di seluruh Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Sumut (Foto Ist)

Kamis, 29 September 2022 - 20:24 WIB

Perbesar Kredit ke Sektor Riil, Bank Sumut Siap Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Medan– Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, karena menjadi basis berbagai komoditas unggulan nasional serta sentra manufaktur di luar Pulau Jawa.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto Doc Golkar

Kamis, 29 September 2022 - 20:14 WIB

Ekonomi Digital Indonesia akan Capai 150 Miliar US di 2025, Pemerintah Harus Siapkan Infrastruktur dan Tingkatkan SDM

Jakarta - Pertumbuhan Ekonomi digital akan sangat dinikmati oleh kaum muda Indonesia. Untuk itu, pemerintah diminta tidak hanya menyiapkan infrastruktur, tetapi juga meningkatkan sumber daya…

Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu, namun tertunda. Doc DPR

Kamis, 29 September 2022 - 20:06 WIB

Pertemuan Airlangga-Puan Bakal Buka Peluang Koalisi Pilpres 2024

Jakarta- Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu,…

forum diskusi bertema “Kelola Rencana Keuangan Ala Milenial Miliki Properti,”

Kamis, 29 September 2022 - 19:48 WIB

Synthesis Huis Berikan Solusi Keuangan Bagi Executive Milenial untuk Miliki Rumah di Jakarta

Hadirnya Synthesis Huis di wilayah Cijantung, Jakarta Timur dapat dijadikan pilihan hunian bagi semua kalangan termasuk executive milenial. Hal ini diungkapkan oleh Managing Director Synthesis…

dr. Amin Tjubandi, Sp.BTKV(K) dan dr. Hasril Hadis, Sp.JP(K), FIHA

Kamis, 29 September 2022 - 19:36 WIB

Diperlukan Penanganan Cepat untuk Serangan Jantung, Cardiac Ward RS Premier Jatinegara Jadi Andalan

Bertepatan dengan hari jantung sedunia Rumah Sakit Premier Jatinegara (RSPJ) bersama dengan tim Cardiac Center menggelar media gathering sekaligus seminar kesehatan jantung. Acara ini bertujuan…