Hari Raya Lebaran Dapat Menumbuhkan Semangat Toleransi Antarumat Beragama

Oleh : Herry Barus | Minggu, 25 Juni 2017 - 07:15 WIB

Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jayapura- Tokoh agama di Papua berharap hari raya lebaran dapat menumbuhkan semangat toleransi antarumat beragama, baik umat Islam maupun umat Kristiani di wilayah paling timur ini

Pastor John Djonga, salah satu tokoh agama di Papua ketika dikonfirmasi dari Jayapura, Jumat (23/6/2017)  mengemukakan umat Kristiani mengharapkan hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah kali ini dapat menumbuhkan semangat toleransi, semangat persaudaraan dan semangat kekeluargaan.

"Sebagai umat yang beriman, semoga melalui hari raya ini sesama umat beragama saling mendukung, saling mengunjungi dan saling memaafkan. Saya mengucapkan selamat merayakan lebaran kepada seluruh teman-teman, saudara-saudara, dan handaitaulan umat Islam diseluruh tanah Papua," ujarnya.

Pastor John juga mengucapkan selamat berbahagia karena sudah berhasil melaksanakan puasa dengan baik.

"Selama bulan suci Ramadhan ini mendatangkan berkat, dan semoga memperoleh kesucian dalam bermasyarakat di tanah Papua," ujarnya.

Sebagai pemimpin gereja di wilayah parokinyan tapi juga sebagai aktivis hak asasi manusia, menurut dia, semoga pengalaman suci selama masa puasa dan Ramadhan ini menjadi berkat bagi sesama saudara islam dalam bermasyarakat, berkarya dan juga berjuang untuk keadilan hak asasi manusia di tanah Papua.

"Kalau bukan umat Islam yang telah melaksanakan masa puasa sebagai bulan suci untuk membangun kehidupan spiritual yang bermanfaat maka ini suatu kekurangan atau kerugian besar perkembangan kemanusiaan secara umum, demokrasi, dan HAM di tanah Papua," ujarnya.

"Melalui Ramadhan ini, lebih mencintai Tuhan Allah dan lebih mencintai sesama antar umat beragama," ujar Pastor John. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Investasi Bodong (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 00:11 WIB

Catat Ya! Jadi Korban Investasi Bodong, Nasabah Disarankan Tempuh Jalur Hukum

Jakarta - Kasus dugaan dana nasabah hilang di rekening tabungan PT Bank Tabungan Negara Tbk menarik perhatian publik.

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.

Gebyar undian Bank Mandiri ini hoax

Minggu, 05 Mei 2024 - 21:00 WIB

Bank Mandiri Himbau Masabah untuk Hati-Hati pada Modus Penipuan Berkedok Undian Berhadiah

Bank Mandiri mengimbau kepada para nasabah untuk berhati-hati dengan kejahatan pembobolan rekening dengan modus penipuan berkedok undian berhadiah. Aksi kejahatan dengan modus yang mengatasnamakan…