Masjid Istiqlal Jakarta Terima Zakat Fitrah Rp400 Juta

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 24 Juni 2017 - 15:21 WIB

Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Masjid Istiqlal, Jakarta (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Masjid Istiqlal, Jakarta telah menerima zakat fitrah pemberi zakat (muzaki) sebesar Rp400 juta dalam bentuk uang dan angka tersebut akan dapat bertambah seiring aktivitas gerai zakat yang masih melayani jamaah.

"Sampai pukul 14.00 WIB uang zakat fitrah diterima senilai kurang lebig Rp400 juta dalam bentuk uang," kata Kepala Bagian Protokol dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam ketika ditemui wak media  di Jakarta, Sabtu (24/6/2017)

Sembari membantu panitia/amil zakat fitrah, Abu mengatakan hampir 98 persen masyarakat memilih menunaikan zakat fitrah dalam bentuk uang tunai daripada membawa beras langsung.

Hal terpenting, kata dia, uang tersebut setara dengan nilai harga beras 3,5 liter atau 2,7 kilogram yang ditetapkan senilai Rp50 ribu.

Berdasarkan pantauan Antara, sejumlah pengunjung Istiqlal menunaikan zakat fitrah kepada amil secara bergantian. Panitia menyediakan gerai khusus untuk penerimaan zakat yaitu di pintu masuk Al Fatah, Masjid Istiqlal.

Sementara itu, nampak juga unsur masyarakat selaku penerima zakat (mustahik) fitrah yang silih ganti berdatangan mengambil beras zakat fitrah ke ruang pengambilan. Mereka berasal dari perorangan, lembaga sosial, masjid dan musholla.

Abu mengatakan para penerima dari lembaga yang mengambil zakat fitrah harus mengajukan proposal terlebih dahulu. Sementara dari unsur perorangan mereka berdatangan satu per satu megambil hak selaku mustahik.

Pembagian per kepala, kata dia, adalah 4 kilogram beras per orang. Suasana pembagian terpantau lancar karena tidak ada antrian panjang.

Meski penerimaan zakat fitrah belum ditutup, Abu mengatakan pembagian beras dilakukan secara berangsur-angsur guna efektivitas kerja dari amil zakat fitrah.

Dia mengatakan panitia zakat fitrah Istiqlal terus membuka gerai untuk umum hingga terakhir Sabtu malam pukul 23.00 WIB dengan catatan pemerintah menetapkan 1 Syawal/Hari Idul Fitri jatuh pada Minggu, 25 Juni 2017. Hal berbeda jika Idul Fitri ditetapkan pada Senin, 26 Juni 2017 yang berarti penutupan penerimaan zakat adalah pada Minggu (25/6) malam.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…

Brand skincare Kharities Beauty milik Rey Utami berhasil masuk dalam skincare kualitas terbaik versi Indonesia Quality Observer.

Senin, 06 Mei 2024 - 15:48 WIB

Ini 5 Skincare Kualitas Terbaik Berdasarkan Hasil Riset Indonesia Quality Observer

Berdasarkan hasil penelitian dan riset Indonesia Quality Observer terhadap produk-produk skincare yang beredar di Indonesia dengan mengacu pada kualitas produk, didapat 5 brand skincare terbaik.

Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 15:39 WIB

Kemenperin Bongkar Kasus SPK 'Bodong' Senilai Rp80 Miliar di Direktorat IKFH

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berhasil membongkar kasus Surat Perintah Kerja (SPK) fiktif di Direktorat Industri Kimia Hilir dan Farmasi (Direktorat IKFH) Tahun Anggaran 2023.

Cashew Milk produk lokal

Senin, 06 Mei 2024 - 14:33 WIB

Kebaikan Rasa Bumi Indonesia dari Arummi Cashew Milk

Arummi merupakan brand pionir produk susu plant-based lokal berbahan dasar kacang mede atau cashew. Arummi Cashew Milk menghadirkan kebaikan rasa bumi Indonesia dari bahan kacang mede berkualitas,…