Ekraf diharapkan Menparekraf Jadi Narasi Baru Pengembangan Ekonomi di Kukar Kaltim

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 25 Juli 2022 - 12:15 WIB

Menprekraf Sandiaga Uno mengabadikan penampilan salah satu peserta Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia, Minggu (24/7/2022).
Menprekraf Sandiaga Uno mengabadikan penampilan salah satu peserta Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia, Minggu (24/7/2022).

INDUSTRY.co.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menginginkan ekonomi kreatif menjadi narasi baru dalam pengembangan ekonomi di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, yang selama ini dikenal dengan kekuatan ekonomi ekstraktif. 

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur untuk menghadiri acara "Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kutai Kartanegara, Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (KaTa Kreatif Indonesia)", Minggu (24/7/2022) di Pendopo Kantor Bupati Kutai Kartanegara. 

Dalam kesempatan itu Menparekraf Sandiaga berdialog dengan para pelaku ekonomi kreatif terkait upaya bersama dalam mendorong kebangkitan ekonomi kreatif di Kabupaten Kutai Kartanegara. 

Menparekraf Sandiaga mengapresiasi upaya Kabupaten Kutai Kartanegara yang sudah melakukan uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif dengan subsektor seni pertunjukan sebagai unggulan dalam pengembangan ekonomi kreatif Kutai Kartanegara ke depan. 

"Saya ucapkan selamat kepada Kabupaten Kutai Kartanegara yang sudah menjadi kabupaten kreatif dengan seni pertunjukan sebagai subsektor ekonomi kreatif unggulan. Dan tadi saya berdialog dengan para pelaku ekonomi kreatif yang berharap kehadiran pemerintah dalam memfasilitasi kebangkitan ekonomi dan juga ada solusi-solusi yang bersifat berkelanjutan dengan semangat kewirausahaan," kata Menparekrar Sandiaga Uno melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Ia melihat pelaku ekonomi kreatif di Kutai Kartanegara memiliki potensi yang besar untuk maju. Terbukti dari karya-karya yang ditampilkan mulai dari film, musik, dan seni pertunjukan yang memiliki daya tarik yang tinggi. 

Karenanya, melalui "Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten Kutai Kartanegara" ini diharapkan dapat meningkatkan inovasi dan kewirausahaan para pelaku ekonomi kreatif. Sehingga nantinya diharapkan dapat memicu kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja yang seluas-luasnya.

"Pengalaman saya sebagai pimpinan di dunia usaha dan sekarang di kementerian, bahwa untuk menyikapi tantangan ekonomi yang kita hadapi sekarang kita perlu kolaborasi. Tinggalkan kompetisi, raihlah kolaborasi," jelas Sandiaga.

Tidak hanya dalam pengembangan subsektor seni pertunjukan, tapi juga tiga subsektor lainnya yang selama ini jadi unggulan di ekonomi kreatif tanah air yaitu kuliner, kriya, dan fesyen. 

"Di Kutai Kartanegara selama ini identik dengan ekonomi ekstraktif, saatnya kita bawa narasi baru yaitu ekonomi kreatif yang berbasis imajinasi, kreativitas, inovasi, adaptasi dan kolaborasi," kata Menparekraf Sandiaga.  

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, menyampaikan apresiasi juga terima kasih atas dukungan serta kehadiran langsung Menparekraf Sandiaga Uno yang memberikan dorongan kepada komunitas-komunitas kreatif yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. 

Ia mengatakan, sejak Kutai Kartanegara ditetapkan sebagai bagian dari kabupaten kreatif di tahun 2019, pihaknya terus bergerak dengan membentuk komite ekonomi kreatif yang tersebar hingga ke 18 kecamatan yang ada di Kutai Kartanegara. 

"Komite ekonomi kreatif ini kami bentuk sampai di 18 Kecamatan yang mewadahi seluruh stakeholder dan khususnya para pelaku usaha ekonomi kreatif di Kabupaten Kutai Kartanegara. Semoga dengan kunjungan beliau ini memberikan dorongan dan motivasi lagi kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, tentunya juga kepada seluruh para pemangku kepentingan dan adik-adik saya yang sudah terhimpun di dalam komunitas kreatif yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara," kata Edi.  

"Insyaallah ini bagian dari perkembangan baru karena Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif sangat familiar dengan banyak komunitas. Inilah bagian dari tanda-tanda kemajuan negara kita Republik Indonesia ini, kemajuan perkembangan ekonomi kreatif khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara," kata Edi Damansyah. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Melalui Kolaborasi Produk Merchandise Sharp X The Goods Dept, Galang Dana Untuk Pembiayaan Pelatihan Garuda INAF

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:55 WIB

Sharp Indonesia Dukung Timnas Berlaga di Piala Dunia 2022

Jakarta – Dunia sepak bola Indonesia makin menancapkan taringnya, tidak hanya tingkat Asia namun juga dunia. Berita bahagia hadir melalui tim Persatuan Sepakbola Amputasi Indonesia (PSAI)…

Setelah Meresmikan Pabrik Baru di Mojokerto, PT. Arwana Citramulia Tbk (ARNA) juga Mulai Operasikan PLTS Atap

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:44 WIB

Keren! Setelah Meresmikan Pabrik Baru di Mojokerto, PT. Arwana Citramulia Tbk (ARNA) juga Mulai Operasikan PLTS Atap

Jakarta - PT Arwana Citramulia Tbk (Arwana Ceramics), sebagai emiten pabrik keramik dan porselen di Indonesia mulai beralih menggunakan tenaga surya (PLTS Atap) untuk kegiatan operasional di…

Rayakan HUT ke-30, BRI Danareksa Sekuritas Tawarkan Promo Fee Transaksi 0,1% Hingga 1 Tahun

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:34 WIB

Rayakan HUT ke-30, BRI Danareksa Sekuritas Tawarkan Promo Fee Transaksi 0,1% Hingga 1 Tahun

Jakarta– Dalam rangka memeriahkan HUT ke-30, BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) memberikan penawaran promo khusus kepada nasabah BRI pengguna aplikasi BRI mobile (BRImo) berupa promo fee transaksi…

 Menko Airlangga Hartarto Berperan Penting Dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:24 WIB

Menko Airlangga Hartarto Berperan Penting Dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Jakarta-Menko Airlangga Hartarto disebut strategis dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Daftar Serentak ke KPU, Soliditas KIB Masih Terjaga

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:21 WIB

Daftar Serentak ke KPU, Soliditas KIB Masih Terjaga

Jakarta- Tiga partai anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mendaftarkan diri bersamaan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan Koalisi Indonesia…