6 Tips Untuk Membantu Anda Berhasil Dalam Magang

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 24 Juni 2017 - 10:45 WIB

Ilustrasi Bekerja (ist)
Ilustrasi Bekerja (ist)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Pekerjaan magang dapat menjadi menakutkan, sulit, dan benar-benar mengerikan. Baik ketika Anda mengisi kertas, membuat kopi, atau duduk dalam rapat-rapat dengan para CEO, akan selalu ada ruang untuk peningkatan. Berikut adalah 6 cara untuk memanfaatkan kesempatan emas ini, berhasil dalam magang

1. Perlakukan pekerjaan ini seperti pekerjaan sungguhan

Jika Anda ingin dianggap serius, maka Anda harus menganggap pekerjaan magang ini dengan serius. Anda perlu ingat bahwa pekerjaan Anda akan mempunyai dampak untuk organisasi tersebut. Tunjukkan pada pimpinan Anda bahwa Anda antusias dan termotivasi bekerja untuk mereka.

Datanglah tepat waktu di pagi hari, datang untuk rapat sebelum dimulai, dan menyelesaikan pekerjaan sebelum batas akhirnya. Hal ini juga termasuk berpenampilan baik. Jika Anda berpenampilan seperti Anda akan pergi kuliah maka Anda menunjukkan bahwa Anda tidak menganggap pekerjaan ini dengan serius.

Amati bagaimana cara yang lainnya bertingkah laku, dan contohlah itu. Detil-detil ini mungkin terlihat sepele, tetapi hal ini akan membantu Anda untuk tampil menonjol daripada pekerja magang lainnya.
 
2. Lakukan Semua Tugas dengan Kualitas Bagus

Terima semua tugas tanpa keluhan, minta pekerjaan lainnya ketika tugas-tugas sebelumnya sudah selesai, dan buatlah kualitas kerja yang bagus. Dengarkan instruksi yang diberikan dengan baik dan minta klarifikasi. Manfaatkan waktu untuk melakukan suatu pekerjaan yang bagus. Tunjukkan bahwa Anda memperhatikan detil-detil dengan mengikuti instruksi dan mempedulikan kualitas.

Berikan segala yang Anda lakukan dalam pekerjaan ini dengan 101% kemampuan Anda dan tidak kurang dari itu. Baik jika tugas tersebut biasa saja atau berat, lakukan dengan kemauan tanpa henti dan tekad untuk lebih. Walaupun Anda hanyalah seorang pekerja magang, pekerjaan Anda akan tetap berdampak untuk perusahaan, jadi pastikan bahwa pekerjaan Anda bagus.
 
3. Carilah masukan

Jika Anda mendapatkan masukan dari supervisor Anda, maka indahkanlah masukan tersebut. Jika hal ini tidak datang dengan sendirinya, maka carilah! Tidak merugikan untuk bertanya pada bos Anda tentang kinerja Anda, apa yang Anda dapat lakukan untuk meningkat, dan sebagainya. Tujuan dari pekerjaan magang ini adalah untuk belajar dan mendapatkan sebanyak mungkin yang Anda bisa.

Meminta masukan tidak hanya membantu Anda meningkatkan pekerjaan Anda, akan tetapi Anda juga menunjukkan bahwa Anda ingin untuk maju di bidang Anda. Hal ini juga akan membantu Anda menemukan kelebihan dan kelemahan Anda, jadi Anda bisa mengatasinya sebelum Anda pergi.
 
4. Hindari Snapchat, Twitter, FB, Instagram, Whatsapp

Jangan gunakan situs jejaring sosial atau bertukar pesan dengan teman selama jam kerja. Kecuali jika pekerjaan Anda melibatkan penggunaan sosial media, hindari sosial media dan fokus pada pekerjaan Anda. Anda berada di sana untuk belajar dan mendapatkan pengalaman berharga, jadi manfaatkan waktu yang Anda punya dan curahkan waktu Anda untuk melakukan hal-hal baru dan mengembangkan kemampuan-kemampuan Anda.

Jika pekerjaan Anda telah selesai, dan tidak ada lagi yang bisa Anda kerjakan, mintalah pekerjaan lainnya atau membaca literatur perusahaan dan/atau jurnal-jurnal profesional. Duduk di meja Anda dengan memeriksa pesan Twitter Anda sambil menunggu seseorang memberikan pekerjaan untuk Anda adalah salah satu cara terbaik untuk tidak dapat panggilan lagi.

Ingatlah, akun sosial media Anda tidak akan hilang akan tetapi kesempatan Anda untuk belajar dan tumbuh berkembang akan melayang ketika Anda sedang memposting status baru Anda.
 

5. Bertemanlah dan tetaplah terhubung
 
Karena Anda akan memperlakukan pekerjaan ini seperti sebuah pekerjaan tetap, Anda akan ingin untuk meluangkan waktu mengenal kolega dan bos Anda. Buatlah inisiatif untuk memperkenalkan diri Anda sendiri dan tunjukkan sebuah sikap positif dan ramah kepada siapapun yang Anda jumpai, dari mulai tukang bersih-bersih hingga pada para CEO. Cobalah berinteraksi dengan masing-masing orang dan rasakan apa yang mereka lakukan.

Melanjutkan hubungan yang Anda telah bangun setelah masa magang berakhir. Anda bisa tetap terhubung dengan teman-teman baru Anda dalam media sosial atau email.

Jika Anda ditawari sebuah pekerjaan, Anda akan punya modal lebih baik untuk berkembang sejak dari awal. Jika Anda belum punya, kontak Anda dapat membantu Anda untuk masuk ke perusahaan lainnya, membuat Anda tetap mendapatkan informasi akan perkembangan-perkembangan industry, memberikan Anda sebuah referensi yang cemerlang, dan daftarnya masih akan tetap bertambah.
 
6. Katakan Terima Kasih

Di akhir masa magang Anda, jangan lupa untuk berterimakasih pada semua orang yang Anda ajak bekerja dan orang-orang yang membantu Anda melewati masa magang ini. Kita semua sesekali menyukai ekspresi penghargaan, jadi jangan malu untuk memperlihatkannya. Biarkan mereka tahu seberapa besar Anda menghragai kesempatan bekerja ini dan belajar dari mereka – hal ini memberikan perasaan yang baik pada semua orang dan sopan santun tidaklah membutuhkan biaya.
 
Pekerjaan magang Anda adalah langkah terakhir Anda antara menjadi seorang pelajar dan seorang pekerja professional. Pekerjaan magang adalah kerja keras. Dan hanya melakukan apa yang diharapkan tidaklah cukup untuk membuat Anda dikenal. Anda perlu untuk berusaha lebih dan manfaatkan waktu Anda dalam organisasi ini. Gunakan 6 tips ini untuk membantu anda memanfaatkan kesempatan yang luar biasa ini. (Js)
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…