Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)
Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang diterapkan pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19, berakibat pada penurunan aktivitas dan daya beli masyarakat.

 

Selain itu, penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dan protokol kesehatan mengakibatkan operasional bisnis mengalami banyak keterbatasan, sehingga tidak dapat memberikan kontribusi pendapatan sebagaimana mestinya.

 

Seperti diketahui, Summarecon yang telah berdiri selama 47 tahun sudah membangun tujuh kawasan berskala kota, yaitu Summarecon Kelapa Gading, Summarecon Serpong, Summarecon Bekasi, Summarecon Bandung, Summarecon Mutiara Makassar, Summarecon Emerald Karawang dan Summarecon Bogor.

 

Summarecon Kelapa Gading, Summarecon Serpong, dan Summarecon Bekasi saat ini telah tumbuh menjadi kawasan yang produktif, pusat niaga dan bisnis. Sedangkan Summarecon Bandung, Summarecon Mutiara Makassar, Summarecon Emerald Karawang dan Summarecon Bogor saat ini masih dalam tahap pengembangan.

 

Pengembangan ini berdampak positif bagi perekonomian, karena mendorong dibukanya beragam usaha dan kegiatan ekonomi, yang juga diikuti tersedianya peluang lapangan kerja. Pasalnya, bisnis properti yang dijalankan perseroan ini adalah salah satu motor pendorong ekonomi yang memiliki multiplier effect.

 

Bisnis perseroan tersebut mampu menggerakkan sekitar 174 sektor usaha lainnya, mulai dari sektor jasa, bahan bangunan, hingga membuka lapangan kerja baru yang tidak hanya bagi 4.000 karyawan perusahaan, tetapi juga bagi 1.700 pekerja proyek di seluruh unit usaha.

 

Karena itu, perseroan berkomitmen untuk tetap menjaga produktivitas bisnis di masa pandemi. Hal itu dilakukan melalui penerapan strategi yang efektif, inovatif, disertai kerja keras dan ketekunan.

 

“Untuk mempertahankan agar bisnis perseroan tetap produktif dan memberikan kontribusi positif bagi seluruh stakeholder di saat pandemi, kami secara ketat menjaga kualitas produk, menghadirkan desain produk yang mengadaptasi kebutuhan masyarakat, memberikan layanan pada kepuasan pelanggan, serta pemasaran produk dengan skema pembayaran yang lebih ringan dan tingkat suku bunga kredit yang relatif rendah. Ini membuat produk properti Summarecon semakin menarik dan lebih terjangkau bagi masyarakat,” papar Adrianto P. Adhi, President Direktur SMRA dalam acara paparan publik, Kamis (07/07/2022).

 

Adrianto mengemukakan, dengan penerapan strategi seperti itu, perseroan pada 2021  berhasil meraih marketing sales (pra-penjualan) sebesar Rp5,2 triliun. Itu mencapai 30% di atas target yang ditetapkan semula sebesar Rp4 triliun. Di samping itu, angka marketing sales 2021 tersebut menunjukkan pertumbuhan 58% dibandingkan dengan realisasi 2020 sebesar Rp3,3 triliun.

 

“Angka marketing sales 2021 tersebut merupakan rekor tertinggi dalam sejarah perusahaan,” imbuh Adrianto.

 

 

 

 

Unit Pengembangan Properti

Unit usaha Pengembangan Properti mencatat pendapatan Rp4,148 triliun, meningkat Rp478 miliar atau 13% dibandingkan realisasi pendapatan 2020 sebesar Rp3,670 triliun. Pengembangan Properti adalah unit usaha yang mengkontribusikan pendapatan sebesar 75% dari total pendapatan perseroan.

 

Sebesar 66% dari total pendapatan tersebut didominasi segmen perumahan. Pendapatan dari segmen perumahan ini naik 37% atau Rp732 miliar menjadi 2,723 triliun pada 2021. Sementara itu, Penjualan apartemen mengkontribusikan 17% dari pendapatan Unit Pengembangan Properti. Untuk apartemen, Summarecon Serpong merupakan kontributor pendapatan tertinggi, yaitu sebesar Rp2,243 triliun.

 

 

 

 

Unit Investasi dan Manajemen Properti

Unit Investasi dan Manajemen Properti selama masa pandemi beroperasi di bawah kapasitas karena adanya pembatasan PPKM. Unit Investasi dan Manajemen Properti berhasil meningkatkan pendapatan sebesar Rp24 miliar (3%) menjadi Rp918 miliar. Itu mengkontribusikan 16% dari total pendapatan perseroan pada 2021.

 

Bisnis pusat perbelanjaan dan properti ritel memberikan kontribusi sebesar 91% dari pendapatan unit investasi dan manajemen properti. Meski tidak dapat beroperasi penuh, pusat perbelanjaan masih berhasil mempertahankan tingkat hunian lebih dari 90%. Summarecon Mall Kelapa Gading menyumbang 46% dari pendapatan segmen bisnis ini sementara Serpong dan Bekasi masing-masing menyumbang 30% dan 22%.

 

 

 

 

Unit Usaha Lain-Lain

Pendapatan dari klub olahraga, hotel, dan manajemen properti serta layanan lain-lain yang tercakup dalam unit usaha ini naik Rp36 miliar (8%) menjadi Rp502 miliar. Secara kolektif, pendapatan ini menyumbang 8% dari total pendapatan tahun berjalan.

 

 

 

 

 

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 7 Juli 2022, Perseroan juga mengumumkan jajaran Dewan Komisaris dan Direksi, sebagai berikut;

 

 

 

 

Dewan Komisaris

Ir. Soetjipto Nagaria               : Komisaris Utama

Harto Djojo Nagaria               : Komisaris

Drs Edi Darnadi                       : Komisaris Independen

Lexy Arie Tumiwa                   : Komisaris Independen

Ge Lilies Yamin                       : Komisaris Independen

 

 

 

 

Direksi

Adrianto P. Adhi                      : Direktur Utama

Liliawati Rahardjo                   : Direktur

Soegianto Nagaria                  : Direktur

Herman Nagaria                     : Direktur

Sharif Benyamin                     : Direktur

Lidya Tjio                                 : Direktur

Nanik Widjaja                         : Direktur

Jason Lim                                : Direktur

 

 

 

 

Atas pencapaian yang berhasil diraih pada 2021, perseroan membagikan dividen tunai untuk tahun buku 2021 bernilai total Rp99 miliar (Rp6 per saham).

 

Pada 2022, kendati pandemi relatif melandai, namun masih perlu diwaspadai. Pandemi yang masih berlangsung dan konflik global akan berdampak negatif pada pemulihan ekonomi dunia, karena rantai pasokan global terganggu.

 

Di tengah berbagai krisis yang melanda, Summarecon tetap berupaya memegang komitmen untuk memberikan kontribusi yang membangun negeri melalui produk-produk berkualitas yang memberikan kepuasan pelanggan serta meningkatkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik.***

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan SYL di HUT RI

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:59 WIB

Mentan SYL Sampaikan Terimakasih Kepada Para Petani

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan terimakasih atas perjuangan para petani yang selama ini terus berproduksi.

Kementan MoU dengan Nestle

Kamis, 18 Agustus 2022 - 07:09 WIB

Kementan Gandeng PT. Nestle Tingkatkan Produksi Susu di Indonesia

Dalam rangka meningkatkan produksi susu di Indonesia, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan menggandeng PT. Nestle Indonesia.

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:08 WIB

Penyanyi Cilik Farel Prayoga Sanggup Goyangkan Sejumlah Menteri Kabinet

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 17 Agustus 2022, tidak hanya berlangsung khidmat, tapi juga meriah. Selain…

 Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Kamis, 18 Agustus 2022 - 06:00 WIB

Purnawirawan Angkatan Laut Gelar Upacara HUT RI 77 di KRI Semarang

Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) akan terus berkontribusi untuk bangsa," demikian disampaikan Ketua Umum PPAL Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. kepada awak media sesaat…

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana

Kamis, 18 Agustus 2022 - 05:56 WIB

Kirab Budaya Kembali Meriahkan Peringatan HUT Kemerdekaan RI

Kemeriahan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) diawali dengan prosesi kirab budaya dari Monumen Nasional menuju Istana Merdeka, Jakarta, pada tanggal…