PT PLN Batam Raih Peringkat 1 Wajib Pajak Taat Pajak Kategori PPJU

Oleh : Herry Barus | Kamis, 30 Juni 2022 - 14:58 WIB

PT PLN Batam Raih Peringkat 1 Wajib Pajak Taat Pajak Kategori PPJU
PT PLN Batam Raih Peringkat 1 Wajib Pajak Taat Pajak Kategori PPJU

INDUSTRY.co.id - Batam- Pemerintah Kota Batam menyelenggarakan Malam Apresiasi Wajib Pajak Taat Pajak Kota Batam, untuk memberikan penghargaan bagi wajib pajak taat pajak terbaik tahun 2022, Jumat (24/6/2022) malam di Swiss Bell Hotel, Harbour Bay Batam. Berdasarkan 11 kategori pajak yang dinilai dengan masing-masing kategori memiliki tiga pemenang terbaik.

PT PLN Batam sebagai perusahaan penyedia listrik utama di Batam termasuk wajib pajak untuk kategori Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) bersama lima perusahaan lain yang memiliki Izin Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (IUPTL), diantaranya PT. Batamindo Investment Cakrawala, PT. Panasonic, PT. Tunas Energi dan Ecogreen Oleochemicals. Dari kategori PPJU PT PLN Batam berhasil meraih peringkat satu yang kemudian disusul oleh PT Batamindo Investment Cakrawala dan PT Panasonic.

Dalam sambutannya, Walikota Batam, H. Muhammad Rudi, SE. MM., mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada wajib pajak taat pajak yang manfaatnya digunakan untuk membangun infrastruktur yang sangat baik bagi Kota Batam.

“Maka dari itu Bapak/Ibu pajak menjadi nomor satu. Baik pajak yang dibayarkan melalui Pemko Batam ataupun pajak pada Badan Pengusahaan (BP) Batam menjadi salah satu sumber utama untuk membangun Kota Batam yang kita cintai ini,” imbuh Rudi pada Selasa (28/06/2022).

Rudi optimis, dengan landainya musibah pandemi Covid-19, Ia yakin ekonomi Kota Batam akan bangkit jika semua elemen taat membayar pajak, sehingga pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan akan cepat. Rudi juga berharap dengan pembangunan infrastruktur kota Batam yang memadai dapat menarik minat wisatawan maupun investor lokal dan mancanegara untuk datang ke Batam.

“Jika kita semua, kompak bersama-sama membangun Kota Batam hasilnya akan kita nikmati bersama. Yakinlah jika Kota Batam indah, bandaranya bagus, pelabuhan lautnya modern, jalannya indah dan masyarakatnya ramah, saya yakin orang akan datang sendiri berinvestasi di Kota Batam. Mereka semua yang akan bercerita membatu pemerintah untuk promosi, dunia yang berbicara, mari kita ke Kota Batam karena Batam sudah dibangun dengan standar dunia,” tutup Rudi

Sejalan dengan Walikota Rudi, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Batam, Raja Asmansyah mengungkapkan bahwa penerimaan pajak Kota Batam tahun 2021 sudah mulai pulih dan membaik setelah sebelumnya sempat mengalami penurunan pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19.

“Peningkatan penerimaan dimasa pandemi ini tidak lepas dari peran serta wajib pajak yang taat dalam melakukan pembayaran pajak. Mudah-mudahan apresiasi yang diberikan Pemerintah Kota Batam pada malam hari ini menjadi pencerahaan bagi kita untuk kemajuan pembangunan Kota Batam,” beber Raja.

Sementara itu, Executive Vice President Commercial PT PLN Batam, Muchlis A Mile sebagai perwakilan manjemen PT PLN Batam juga mengungkapkan rasa terimakasihnya atas apresiasi yang diberikan oleh Pemerintah Kota Batam. Menurut Muchlis, penghargaan posisi pertama taat pajak kategori PPJU ini menunjukkan bahwa PLN Batam adalah wajib pajak yang taat aturan dan sudah melakukan pembayaran pajak sesuai ketentuan.

Terakhir Muchlis menjelaskan selama tahun 2021, realisasi PPJU dari PT PLN Batam berjumlah lebih dari Rp 200 Miliar. Muchlis berharap PPJU dari PLN Batam dapat berkontribusi terhadap program pembangunan dan kemajuan infrastruktur Kota Batam.(*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:19 WIB

Peduli Lingkungan, Allianz Indonesia Ajak Masyarakat Kelola Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli kembali melanjutkan kegiatan pembuatan eco enzyme bersama para guru SDN 07 Pulogadung sebagai mitra kolaborasi, para Kader Posyandu dan Bank…

Allianz Indonesia panen ECO enzyme

Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:14 WIB

Peduli Lingkungan, Allianz Indonesia Ajak Masyarakat Kelola Sampah Organik Menjadi Eco Enzyme

Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli kembali melanjutkan kegiatan pembuatan eco enzyme bersama para guru SDN 07 Pulogadung sebagai mitra kolaborasi, para Kader Posyandu dan Bank…

Menko Airlangga Hartarto saat menjajal mobil listrik Wuling Air ev

Selasa, 09 Agustus 2022 - 08:10 WIB

Jajal Mobil Listrik Wuling Air ev, Menko Airlangga: Tidak Ada Suaranya..

Wuling Motors (Wuling) resmi meluncurkan produksi perdana kendaraan listrik, Wuling Air ev di pabrik yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Dengan kapasitas produksi mencapai 10.000 unit per…

Menkop dan UKM Teten Masduki

Selasa, 09 Agustus 2022 - 07:59 WIB

Teten: Digitalisasi Dorong UMKM Lebih Berkualitas

Jakarta – Transformasi digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan keniscayaan. Perkembangan teknologi yang cukup pesat telah mendorong pergeseran aktivitas jual-beli dari…

Dorong Pebisnis Disabilitas Kuasai Ekonomi Digital, Kemenkop dan UKM Gandeng Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia

Selasa, 09 Agustus 2022 - 07:39 WIB

Dorong Pebisnis Disabilitas Kuasai Ekonomi Digital, Kemenkop dan UKM Gandeng Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia

Nusa Dua Bali-Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) bekerjasama dengan Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) mendorong para pelaku bisnis dari kalangan disabilitas…