KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman:Pemimpin Harus Dapat Menjawab Tantangan di Era Perubahan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 24 Juni 2022 - 06:00 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman
KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

INDUSTRY.co.id - Magelang- Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., membuka secara resmi Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD TA 2022 di Gedung Lily Rochly Akademi Militer Magelang. Kamis, (23/6/2022).

Apel yang digelar selama dua hari (23-24 Juni 2022) dan diikuti oleh 747 peserta terdiri Danrem, Dandim, Aster Kotama dan Balakpus, Dansat, Dan Lemdik, serta calon Dansat ini mengusung Tema “Melalui Apel Komandan Satuan TNI AD TA 2022, Kita Wujudkan Unsur Pimpinan yang Berkarakter, Inovatif, dan Responsif dalam Rangka Membentuk Prajurit TNI AD yang Profesional”.

Dalam pengarahannya Kasad menyampaikan, bahwa sebagai Komandan Satuan harus mengambil peran sebagai pemimpin yang memiliki kapabilitas dan karakter sehingga dapat menjawab tantangan di era perubahan saat ini.

“Pemimpin itu adalah peran, untuk menjawab tantangan saat ini maka kita harus berperan menjadi seorang pemimpin yang memberikan dampak positif bagi satuan, anak buah dan masyarakat,” kata Kasad. Demikian informasi dari Dispen TNI dan Dispenad.

Kasad juga menyampaikan beberapa penekanan kepada prajurit TNI AD dalam pelaksanaan tugas, pertama memiliki naluri intelijen dan pengamanan. Kedua, menguasai medan operasi, tipologi wilayah, serta karakteristik kemampuan lawan. Ketiga, melakukan revisi terhadap doktrin yang disesuaikan dengan kondisi-kondisi saat ini. Keempat, lakukan pembinaan dan pengembangan personel untuk dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi. Kelima, membantu menyukseskan program Pemerintah terutama tentang pangan, menurunkan angka kemiskinan dan menyejahterakan petani.

Selanjutnya Kasad juga menyampaikan kebijakan-kebijakan TNI AD, seperti melakukan pemenuhan kebutuhan operasi khususnya perlengkapan perorangan, senjata, transportasi dan kebutuhan operasi lainnya, serta upaya meningkatkan kesejahteraan prajurit serta keluarganya, seperti pengadaan susu serdadu yang diberikan secara periodik, pengadaan perumahan bagi prajurit, dan lain-lain.

Mengakhiri pengarahannya, Kasad menekankan agar para Komandan Satuan memiliki kepekaan terhadap kondisi prajuritnya, karena prajurit TNI AD merupakan aset yang harus dibina dan dikembangkan untuk dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi.

“Untuk itu, kalian harus berani dalam mengambil keputusan dan jangan takut akan kegagalan,” tutup Kasad.

Untuk memberikan bekal kepada para peserta AKS dalam pelaksanaan tugas di wilayahnya masing-masing, pada kegiatan ini dihadirkan beberapa narasumber seperti Menteri Pertahanan RI, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Menteri Dalam Negeri RI, Kepala BNPT dan Kapolri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemusik Leon Travis

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:51 WIB

Pemusik Leon Travis Meng-Country di Tanah Amerika

Tidak banyak musisi country di Indonesia yang konsisten mengeluarkan karyanya selama 5 tahun terakhir.

Artis Bintang Darmawan

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:40 WIB

Bintang Darmawan, dari Di Bully Akhirnya Tunjukan Prestasi Dengan Mengeluarkan Single Bintang Di Hatimu karya Bemby Noor

Industry musik Indonesia tidak pernah kekurangan talent baru yang potensial meramaikan pasar musik yang sempat tiarap akibat wabah Pandemi Covid 19 yang nyaris tembus 3 tahun. Adalah Bintang…

Ilustrasi ACT

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:38 WIB

Soroti Dugaan Penyimpangan Dana Umat ACT, DPR Minta Adanya Sanksi Tegas

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menanggapi tentang Kasus masalah penyelewengan dana donasi yang dilakukan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT). Menurutnya, oknum yang melakukan…

Kolaborasi CIMB Niaga dan KB Bukopin Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di Jaringan ATM Bersama

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:28 WIB

Kolaborasi CIMB Niaga dan KB Bukopin Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di Jaringan ATM Bersama

Tangerang Selatan-PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) bersama PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) dan PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) hari ini meresmikan Implementasi Layanan Tarik…

Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Pariaman, Sumatra Barat (Foto: Kemenparekraf)

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:00 WIB

Sandiaga Uno ingin Kota Pariaman Kembangkan Potensi Seni Pertunjukan, Kriya, Kuliner, dan Fesyen

Sebagai upaya untuk membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif di Kota Pariaman, Sumatra…