Menperin Agus 'Bangga' Total Penjualan Produk IKM Lewat LagawiFest Tembus Rp5,2 Miliar

Oleh : Ridwan | Kamis, 23 Juni 2022 - 16:05 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Lampung - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebagai Campaign Manager bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dan Bank Indonesia (BI) menggelar acara Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) LagawiFest 2022, Kamis (23/6).

Gernas BBI pada bulan Juni ini mengusung tema #LagawiFest Lampung Bangga Wirausaha Industri yang berfokus pada Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Indonesia memiliki 4,4 juta unit industri kecil dan menengah (IKM) dengan 95.000 unit usaha, diantaranya adalah IKM asal Lampung yang unggul dengan produk makanan dan minuman kerajinan dan fashion.

"Rangkaian Lagawi Fest Tahun 2022, sebagai salah satu strategi menaikkan jumlah IKM, serta meningkatkan permintaan terhadap produk buatan artisan Indonesia khususnya produk IKM Lampung,” kata Menperin.

Adapun 3 tujuan utama dilaksanakannya program Gernas BBI #LagawiFest, yaitu untuk Meningkatkan jumlah IKM yang Onboarding; Pendampingan wirausaha industri; dan Peningkatan transaksi penjualan IKM.

Pada rangkaian program Gernas BBI, lanjut Menperin, pihaknya juga turut melaksanakan pameran offline dan online produk IKM di beberapa lokasi strategis.

"Dapat kami sampaikan bahwa total keseluruhan penjualan online dan offline 30 IKM terpilih periode 20 Maret - 17 Juni mencapai Rp 5.237.504.914. Hal ini adalah buah hasil para IKM yang semenjak kick off mendapatkan berbagai macam pendampingan baik digital dan fisik serta media," papar Agus.

Menurut Menperin, kegiatan tersebut akan tetap berkelanjutan sampai dengan bulan Desember 2022.

"Kami mengajak masyarakat untuk bangga dan membeli produk dalam negeri, khususnya produk Lampung yang dipamerkan pada hari ini," terangnya.

Lebih lanjut, Menperin Agus menekankan bahwa pihaknya akan terus mendorong pelaku IKM dalam menguasai teknologi digital bisnis, khususnya melalui program e-smart IKM.

"Program e-Smart IKM telah berjalan sejak tahun 2017, hingga saat ini tercatat 22.515 IKM telah dilatih melalui program e-Smart IKM dan sebanyak 14.973 IKM berstatus onboarding," tutur Agus

Menperin mengatakan, program e-Smart IKM juga sebagai wujud implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0 dalam rangka menumbuhkan kemampuan pemanfaatan teknologi informasi, sehingga pelaku IKM dapat menyajikan produknya secara digital.

Dalam rangka mendukung pencapaian target pembelian produk dalam negeri untuk belanja barang dan jasa pemerintah pada 2022 yaitu sebesar Rp 500 triliun, Kemenperin juga secara aktif melakukan program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) dalam bentuk sosialisasi dan sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Per 10 Juni 2022, terbit 934 sertifikat untuk 1180 Produk dari target 1250 sertifikat TKDN.

"Kami berharap dengan semakin banyak produk Indonesia ber-TKDN, semakin mudah pembelian produk dalam negeri via e-katalog, dan semakin besar belanja yang dilakukan pemerintah dan swasta pada produk-produk dalam negeri," tutup Menperin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Basuki Tinjau Pembangunan Tol Yogyakarta - Bawen

Senin, 15 Agustus 2022 - 10:31 WIB

Tinjau Pembangunan Tol Yogyakarta - Bawen, Ini 4 Pesan Menteri Basuki Kepada BUJT

Jalan tol ini telah dimulai pembangunannya pada awal 2022 untuk meningkatkan konektivitas Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah.

Pembangunan Homestay di Raja Ampat

Senin, 15 Agustus 2022 - 10:19 WIB

Dukungan Pengembangan Pariwisata di Papua Barat, Kementerian PUPR Lanjutkan Penanganan KSPN Raja Ampat

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendukung pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Raja Ampat untuk menjadi destinasi wisata unggulan di Provinsi…

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT)

Senin, 15 Agustus 2022 - 09:49 WIB

Dialog Environment Deputies Meeting G20: PKT Berhasil Tekan Emisi Lebih Dari 435 ribu Ton di Tahun 2022

Efisiensi sumber daya dan ekonomi sirkuler menjadi salah satu dari tujuh isu strategis yang dibahas dalam Environment Deputies Meeting (EDM) Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022. Saat ini,…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 15 Agustus 2022 - 09:45 WIB

Menperin Agus Apresiasi Produksi Perdana Futur Phone Wujudkan Substitusi Impor Ponsel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bertekad untuk terus menjalankan program substitusi impor 35% tahun 2022. Salah satu sektor yang dipacu adalah industri elektronika, termasuk pada upaya…

PKT Dukung Tomohon Jadi Sentra Industri Florikultura

Senin, 15 Agustus 2022 - 09:42 WIB

Meriahkan TIFF 2022, PKT Dukung Tomohon Jadi Sentra Industri Florikultura

Tingkatkan nilai produk di masyarakat, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) meriahkan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2022 di Kota Tomohon Sulawesi Utara, yang berlangsung pada 8-14…