Menperin Agus 'Bangga' Total Penjualan Produk IKM Lewat LagawiFest Tembus Rp5,2 Miliar

Oleh : Ridwan | Kamis, 23 Juni 2022 - 16:05 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Lampung - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebagai Campaign Manager bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dan Bank Indonesia (BI) menggelar acara Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) LagawiFest 2022, Kamis (23/6).

Gernas BBI pada bulan Juni ini mengusung tema #LagawiFest Lampung Bangga Wirausaha Industri yang berfokus pada Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Indonesia memiliki 4,4 juta unit industri kecil dan menengah (IKM) dengan 95.000 unit usaha, diantaranya adalah IKM asal Lampung yang unggul dengan produk makanan dan minuman kerajinan dan fashion.

"Rangkaian Lagawi Fest Tahun 2022, sebagai salah satu strategi menaikkan jumlah IKM, serta meningkatkan permintaan terhadap produk buatan artisan Indonesia khususnya produk IKM Lampung,” kata Menperin.

Adapun 3 tujuan utama dilaksanakannya program Gernas BBI #LagawiFest, yaitu untuk Meningkatkan jumlah IKM yang Onboarding; Pendampingan wirausaha industri; dan Peningkatan transaksi penjualan IKM.

Pada rangkaian program Gernas BBI, lanjut Menperin, pihaknya juga turut melaksanakan pameran offline dan online produk IKM di beberapa lokasi strategis.

"Dapat kami sampaikan bahwa total keseluruhan penjualan online dan offline 30 IKM terpilih periode 20 Maret - 17 Juni mencapai Rp 5.237.504.914. Hal ini adalah buah hasil para IKM yang semenjak kick off mendapatkan berbagai macam pendampingan baik digital dan fisik serta media," papar Agus.

Menurut Menperin, kegiatan tersebut akan tetap berkelanjutan sampai dengan bulan Desember 2022.

"Kami mengajak masyarakat untuk bangga dan membeli produk dalam negeri, khususnya produk Lampung yang dipamerkan pada hari ini," terangnya.

Lebih lanjut, Menperin Agus menekankan bahwa pihaknya akan terus mendorong pelaku IKM dalam menguasai teknologi digital bisnis, khususnya melalui program e-smart IKM.

"Program e-Smart IKM telah berjalan sejak tahun 2017, hingga saat ini tercatat 22.515 IKM telah dilatih melalui program e-Smart IKM dan sebanyak 14.973 IKM berstatus onboarding," tutur Agus

Menperin mengatakan, program e-Smart IKM juga sebagai wujud implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0 dalam rangka menumbuhkan kemampuan pemanfaatan teknologi informasi, sehingga pelaku IKM dapat menyajikan produknya secara digital.

Dalam rangka mendukung pencapaian target pembelian produk dalam negeri untuk belanja barang dan jasa pemerintah pada 2022 yaitu sebesar Rp 500 triliun, Kemenperin juga secara aktif melakukan program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) dalam bentuk sosialisasi dan sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Per 10 Juni 2022, terbit 934 sertifikat untuk 1180 Produk dari target 1250 sertifikat TKDN.

"Kami berharap dengan semakin banyak produk Indonesia ber-TKDN, semakin mudah pembelian produk dalam negeri via e-katalog, dan semakin besar belanja yang dilakukan pemerintah dan swasta pada produk-produk dalam negeri," tutup Menperin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

Pelita Air

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:51 WIB

Dukung Kelancaran Angkutan Lebaran 2024, Pelita Air Siapkan 273 Ribu Kursi Penerbangan

Pelita Air (kode penerbangan IP), maskapai medium service, menyiapkan 273 ribu kursi penerbangan selama periode angkutan lebaran pada 3 hingga 18 April 2024. Hal ini dilakukan untuk mendukung…

Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arif

Kamis, 28 Maret 2024 - 13:05 WIB

15 Subsektor Ekspansi, IKI Maret 2024 Tembus 53,05

Indeks Kepercayaan Industri (IKI) bulan Maret 2024 mencapai 53,05, meningkat sebesar 0,49 poin dibandingkan bulan Februari 2024 sebesar 52,56. Kenaikan nilai IKI pada Maret ini dipengaruhi oleh…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…