Menperin Agus 'Bangga' Total Penjualan Produk IKM Lewat LagawiFest Tembus Rp5,2 Miliar

Oleh : Ridwan | Kamis, 23 Juni 2022 - 16:05 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Lampung - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebagai Campaign Manager bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dan Bank Indonesia (BI) menggelar acara Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) LagawiFest 2022, Kamis (23/6).

Gernas BBI pada bulan Juni ini mengusung tema #LagawiFest Lampung Bangga Wirausaha Industri yang berfokus pada Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Indonesia memiliki 4,4 juta unit industri kecil dan menengah (IKM) dengan 95.000 unit usaha, diantaranya adalah IKM asal Lampung yang unggul dengan produk makanan dan minuman kerajinan dan fashion.

"Rangkaian Lagawi Fest Tahun 2022, sebagai salah satu strategi menaikkan jumlah IKM, serta meningkatkan permintaan terhadap produk buatan artisan Indonesia khususnya produk IKM Lampung,” kata Menperin.

Adapun 3 tujuan utama dilaksanakannya program Gernas BBI #LagawiFest, yaitu untuk Meningkatkan jumlah IKM yang Onboarding; Pendampingan wirausaha industri; dan Peningkatan transaksi penjualan IKM.

Pada rangkaian program Gernas BBI, lanjut Menperin, pihaknya juga turut melaksanakan pameran offline dan online produk IKM di beberapa lokasi strategis.

"Dapat kami sampaikan bahwa total keseluruhan penjualan online dan offline 30 IKM terpilih periode 20 Maret - 17 Juni mencapai Rp 5.237.504.914. Hal ini adalah buah hasil para IKM yang semenjak kick off mendapatkan berbagai macam pendampingan baik digital dan fisik serta media," papar Agus.

Menurut Menperin, kegiatan tersebut akan tetap berkelanjutan sampai dengan bulan Desember 2022.

"Kami mengajak masyarakat untuk bangga dan membeli produk dalam negeri, khususnya produk Lampung yang dipamerkan pada hari ini," terangnya.

Lebih lanjut, Menperin Agus menekankan bahwa pihaknya akan terus mendorong pelaku IKM dalam menguasai teknologi digital bisnis, khususnya melalui program e-smart IKM.

"Program e-Smart IKM telah berjalan sejak tahun 2017, hingga saat ini tercatat 22.515 IKM telah dilatih melalui program e-Smart IKM dan sebanyak 14.973 IKM berstatus onboarding," tutur Agus

Menperin mengatakan, program e-Smart IKM juga sebagai wujud implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0 dalam rangka menumbuhkan kemampuan pemanfaatan teknologi informasi, sehingga pelaku IKM dapat menyajikan produknya secara digital.

Dalam rangka mendukung pencapaian target pembelian produk dalam negeri untuk belanja barang dan jasa pemerintah pada 2022 yaitu sebesar Rp 500 triliun, Kemenperin juga secara aktif melakukan program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) dalam bentuk sosialisasi dan sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Per 10 Juni 2022, terbit 934 sertifikat untuk 1180 Produk dari target 1250 sertifikat TKDN.

"Kami berharap dengan semakin banyak produk Indonesia ber-TKDN, semakin mudah pembelian produk dalam negeri via e-katalog, dan semakin besar belanja yang dilakukan pemerintah dan swasta pada produk-produk dalam negeri," tutup Menperin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kehadiran Holding BUMN Farmasi di JIEXPO

Senin, 04 Juli 2022 - 09:54 WIB

Meriahkan Jakarta Fair 2022, Kemenkes Boyong Holding BUMN Farmasi di Event Ulang Tahun Kota Jakarta

Setelah vakum selama dua tahun karena pandemi Covid-19, Jakarta Fair 2022 kembali digelar. Bertempat di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat, Pekan Raya Jakarta atau PRJ yang merupakan rangkaian dari…

Pembangunan Bendungan Jlantah

Senin, 04 Juli 2022 - 09:54 WIB

Selesai 2024, Bendungan Jlantah Akan Aliri Air 1.494 Ha Sawah di Karanganyar

Sebagai upaya meningkatkan tampungan air dan mendukung ketahanan pangan nasional, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air terus membangun…

Minyak Goreng Curah (ilustrasi)

Senin, 04 Juli 2022 - 09:47 WIB

Kemenperin Catat Penyaluran MGCR Rata-rata Mencapai 81,72% dari Kebutuhan Bulanan Tiap Provinsi

Pada periode 1-30 Juni 2022, Kementerian Perindustrian mencatat pencapaian panyaluran program Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) rata-rata mencapai 81,72% dari kebutuhan bulanan di setiap provinsi.…

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika

Senin, 04 Juli 2022 - 09:22 WIB

Hingga 1 Juli 2022, Kemenperin Mencatat Sebanyak 130 Perusahaan Terdaftar Dalam Program SIMIRAH 2

Kementerian Perindustrian mencatat, hingga 1 Juli 2022, sebanyak 130 perusahaan sudah mendaftar ke dalam Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (SIMIRAH) 2.0. Dari total tersebut, meliputi 51…

Menteri Basuki Tinjau Peningkatan Jalan Sirip Nias Utara

Senin, 04 Juli 2022 - 09:20 WIB

Tinjau Peningkatan Jalan Sirip Nias Utara - Gunung Sitoli , Menteri Basuki Instruksikan Perhatikan Kualitas

Selain pembangunan Jalan Lingkar Nias, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini juga tengah memulai pekerjaan peningkatan struktur Jalan Laehuwa - Ombulata -Tumula-Faekhuna’a…