Menperin Agus 'Bangga' Total Penjualan Produk IKM Lewat LagawiFest Tembus Rp5,2 Miliar

Oleh : Ridwan | Kamis, 23 Juni 2022 - 16:05 WIB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

INDUSTRY.co.id - Lampung - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebagai Campaign Manager bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dan Bank Indonesia (BI) menggelar acara Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) LagawiFest 2022, Kamis (23/6).

Gernas BBI pada bulan Juni ini mengusung tema #LagawiFest Lampung Bangga Wirausaha Industri yang berfokus pada Provinsi Lampung.

Dalam sambutannya, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Indonesia memiliki 4,4 juta unit industri kecil dan menengah (IKM) dengan 95.000 unit usaha, diantaranya adalah IKM asal Lampung yang unggul dengan produk makanan dan minuman kerajinan dan fashion.

"Rangkaian Lagawi Fest Tahun 2022, sebagai salah satu strategi menaikkan jumlah IKM, serta meningkatkan permintaan terhadap produk buatan artisan Indonesia khususnya produk IKM Lampung,” kata Menperin.

Adapun 3 tujuan utama dilaksanakannya program Gernas BBI #LagawiFest, yaitu untuk Meningkatkan jumlah IKM yang Onboarding; Pendampingan wirausaha industri; dan Peningkatan transaksi penjualan IKM.

Pada rangkaian program Gernas BBI, lanjut Menperin, pihaknya juga turut melaksanakan pameran offline dan online produk IKM di beberapa lokasi strategis.

"Dapat kami sampaikan bahwa total keseluruhan penjualan online dan offline 30 IKM terpilih periode 20 Maret - 17 Juni mencapai Rp 5.237.504.914. Hal ini adalah buah hasil para IKM yang semenjak kick off mendapatkan berbagai macam pendampingan baik digital dan fisik serta media," papar Agus.

Menurut Menperin, kegiatan tersebut akan tetap berkelanjutan sampai dengan bulan Desember 2022.

"Kami mengajak masyarakat untuk bangga dan membeli produk dalam negeri, khususnya produk Lampung yang dipamerkan pada hari ini," terangnya.

Lebih lanjut, Menperin Agus menekankan bahwa pihaknya akan terus mendorong pelaku IKM dalam menguasai teknologi digital bisnis, khususnya melalui program e-smart IKM.

"Program e-Smart IKM telah berjalan sejak tahun 2017, hingga saat ini tercatat 22.515 IKM telah dilatih melalui program e-Smart IKM dan sebanyak 14.973 IKM berstatus onboarding," tutur Agus

Menperin mengatakan, program e-Smart IKM juga sebagai wujud implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0 dalam rangka menumbuhkan kemampuan pemanfaatan teknologi informasi, sehingga pelaku IKM dapat menyajikan produknya secara digital.

Dalam rangka mendukung pencapaian target pembelian produk dalam negeri untuk belanja barang dan jasa pemerintah pada 2022 yaitu sebesar Rp 500 triliun, Kemenperin juga secara aktif melakukan program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) dalam bentuk sosialisasi dan sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Per 10 Juni 2022, terbit 934 sertifikat untuk 1180 Produk dari target 1250 sertifikat TKDN.

"Kami berharap dengan semakin banyak produk Indonesia ber-TKDN, semakin mudah pembelian produk dalam negeri via e-katalog, dan semakin besar belanja yang dilakukan pemerintah dan swasta pada produk-produk dalam negeri," tutup Menperin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Pelajar

Kamis, 07 Juli 2022 - 10:28 WIB

UNSW Global Beri Peluang Pendidikan Berkelas Dunia untuk Pelajar Internasional Lewat Program Online 120 Hari

Bagi para pelajar yang beranjak dari bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) menuju jenjang pendidikan tinggi ke universitas, TPO membuka peluang untuk bergabung dengan komunitas global dan menempuh…

Peluncuran Nakamichi Professional Wireless Microphone System

Kamis, 07 Juli 2022 - 10:11 WIB

Inti Megah Swara Luncurkan Deretan Nakamichi Professional Wireless Microphone System

PT Inti Megah Swara, selaku distributor resmi dari Nakamichi memperkenalkan rangkaian Nakamichi Professional Wireless Microphone System terbaru melalui acara Product Launching Nakamichi Professional.…

BASF

Kamis, 07 Juli 2022 - 10:00 WIB

BASF Raih Penghargaan Pemasok Terbaik dari Sharp Electronics Indonesia

BASF dinobatkan sebagai Pemasok Terbaik untuk divisi kulkas sepanjang tahun 2021 oleh Sharp Electronics Indonesia (SEID) dalam pertemuan pemasok tahunan perusahaan yang diadakan baru-baru ini.

Peresmian Embung Sumingkir

Kamis, 07 Juli 2022 - 09:48 WIB

Tingkatkan Irigasi Persawahan di Cilacap, Embung Sumingkir Diresmikan

Embung Sumingkir di Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah yang dibangun oleh Kementerian PUPR sebagai sumber irigasi persawahan di wilayah sekitar telah diresmikan pada Rabu, (6/7/2022).

Danrem 174 ATW Brigjen TNI E. Reza Pahlevi

Kamis, 07 Juli 2022 - 09:37 WIB

Danrem 174 ATW Brigjen TNI E. Reza Pahlevi Pimpin Penyerahan Tugas Jabatan Kasiter dan Kasiren Korem 174/ATW Merauke

Danrem 174/ATW Merauke Brigjen TNI E. Reza Pahlevi, S.E. memimpin acara penyerahan tugas dan jabatan Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Kasrem dan Kepala Seksi Perencanaan (Kasiren) Korem 174/ATW,…