SUN Energy dan WIKA Energi Bangun PLTS Pertama di Lembaga Pendidikan Tinggi Kawasan Indonesia Timur

Oleh : Hariyanto | Minggu, 12 Juni 2022 - 11:25 WIB

Pelaksanaan Acara Peresmian Pembangunan PLTS Universitas Negeri Manado
Pelaksanaan Acara Peresmian Pembangunan PLTS Universitas Negeri Manado

INDUSTRY.co.id - Tondano - Institusi Pendidikan di Indonesia diketahui semakin gencar dalam mengambil peran pada pemanfaatan energi bersih. Kehadiran energi bersih di kawasan pendidikan turut berperan sebagai promotor terhadap para pelajar sebagai generasi muda mengenai urgensi penggunaan energi baru terbarukan di masa sekarang hingga masa mendatang.

Pada Jumat (10/6/2022), Universitas Negeri Manado telah melakukan peresmian pembangunan (Groundbreaking) PLTS yang bertempat di Tondano, Sulawesi Utara. Peresmian tersebut dihadiri oleh Dirjen Dikti Kemdikbud Ristek, Bapak Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU., Gubernur Sulawesi Utara, Bapak Olly Dondokambey, SE., dan Rektor Universitas Negeri Manado, Prof. Dr. Deitje A. Katuuk, M.Pd.

Sederet nama Institusi Pendidikan tinggi telah diketahui memanfaatkan energi bersih melalui instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Universitas Negeri Manado yang berlokasi di Provinsi Sulawesi Utara ini merupakan lembaga pendidikan tinggi pertama di kawasan Indonesia Timur yang memanfaatkan energi baru terbarukan, khususnya energi surya.

"Kehadiran PLTS berkapasitas 400 kWp di Universitas Negeri Manado tentu akan mendukung suplai energi listrik yang dibutuhkan oleh Universitas. Oleh karena itu, kami berterima kasih atas kolaborasi yang dilakukan bersama SUN Energy dan WIKA Energi untuk membangun PLTS On-Grid berkapasitas 400 kWP dan harapannya Laboratorium PLTS dapat menjadi sarana pembelajaran bagi mahasiswa Unima,"  kata Rektor Universitas Negeri Manado, Prof. Dr. Deitje A. Katuuk, M.Pd.

"Lebih daripada itu, melalui instalasi PLTS, Universitas Negeri Manado telah mengambil peran dalam upaya transisi energi untuk mencapai Indonesia Bebas Emisi Karbon pada tahun 2060 mendatang serta mendukung pengembangan keilmuan di sektor Energi Baru Terbarukan yang terus berkembang di Indonesia," ungkapnya.

SUN Energy sebagai pengembang energi surya, hingga saat ini telah mencatatkan 9 proyek PLTS di Lembaga Pendidikan Tinggi, yaitu Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Institut Teknologi Bandung (ITB), Vokasi Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas HKBP Nommensen Medan, Institut Teknologi Del, Universitas Tanjungpura, Institut Teknologi Nasional Malang, dan Politeknik Negeri Bengkalis.

"Berdasarkan data Kementrian ESDM, potensi pemanfaatan energi surya di Indonesia mencapai 207 GW. Salah satu strategi SUN Energy sebagai pengembang energi surya terbesar dalam upaya mencapai angka proyeksi tersebut adalah dengan mengembangkan potensi sumber daya manusia yang berkualitas melalui pembangunan PLTS dan Laboratorium Energi Terbarukan di kampus," kata Oky Gunawan selaku Chief of Sales SUN Energy pada sambutan di acara peresmian pembangunan PLTS di Universitas Negeri Manado (10/6/2022).

"Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi setiap langkah institusi pendidikan yang menunjukan minatnya dalam pemanfaatan energi surya melalui instalasi PLTS. Pembangunan PLTS On-Grid di Universitas Negeri Manado merupakan proyek SUN Energy yang ke-9 di Lembaga Pendidikan Tinggi dan kami akan terus melakukan penetrasi di lembaga pendidikan lainnya," jelas Oky.

Kolaborasi yang dilakukan bersama antara SUN Energy dan PT Wika Industri Energi dalam mengembangkan PLTS di institusi pendidikan diyakini mampu memberikan dampak terhadap sektor pendidikan secara riil. Baik menjadi penunjang proses pembelajaran seputar energi baru terbarukan, hingga turut mengembangkan ilmu pengetahuan seputar energi baru terbarukan di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi ACT

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:38 WIB

Soroti Dugaan Penyimpangan Dana Umat ACT, DPR Minta Adanya Sanksi Tegas

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menanggapi tentang Kasus masalah penyelewengan dana donasi yang dilakukan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT). Menurutnya, oknum yang melakukan…

Kolaborasi CIMB Niaga dan KB Bukopin Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di Jaringan ATM Bersama

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:28 WIB

Kolaborasi CIMB Niaga dan KB Bukopin Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di Jaringan ATM Bersama

Tangerang Selatan-PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) bersama PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) dan PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) hari ini meresmikan Implementasi Layanan Tarik…

Perlu Pendekatan Agama, Agar Program Imunisasi di Provinsi Aceh Meningkat

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:15 WIB

Perlu Pendekatan Agama, Agar Program Imunisasi di Provinsi Aceh Meningkat

Dalam upaya mencari solusi tentang cakupan imunisasi di Provinsi Aceh. Dalam hal ini Direktorat Pengelolaan Imunisasi dan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian…

Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Pariaman, Sumatra Barat (Foto: Kemenparekraf)

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:00 WIB

Sandiaga Uno ingin Kota Pariaman Kembangkan Potensi Seni Pertunjukan, Kriya, Kuliner, dan Fesyen

Sebagai upaya untuk membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif di Kota Pariaman, Sumatra…

Ilustrasi tanaman Ganja

Rabu, 06 Juli 2022 - 12:59 WIB

Ada Penelitian Baru Manfaat Ganja, Komisi III: UU Narkotika Mendesak Direvisi Demi Kepentingan Medis

Anggota Komisi III DPR RI Romo H.R. Muhammad Syafi'i menegaskan Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika mendesak segera untuk direvisi mengingat adanya tuntutan perkembangan…