Penelitian: Rio De Janeiro Kota yang Paling Sulit diucapkan Banyak Orang

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 08 Juni 2022 - 12:15 WIB

Patung Kristus Penebus di Rio De Janeiro, Brasil (Foto: id.hotels.com)
Patung Kristus Penebus di Rio De Janeiro, Brasil (Foto: id.hotels.com)

INDUSTRY.co.id - Ada lebih dari 6.000 bahasa yang digunakan di seluruh dunia, dengan dialek dan aksen yang  berbeda-beda. Ini membuatnya memungkinkan kita bisa salah mengucapkan hal-hal dari waktu ke waktu. Menurut WordTips, ada beberapa tempat yang sedikit lebih susah diucapkan oleh sebagian orang.

Pada bulan Juni, WordTips, sebuah situs web permainan kata, membagikan studinya tentang kata-kata yang paling salah diucapkan, termasuk merek konsumen, musisi, bintang film, atlet, dan kota-kota di seluruh dunia.

"Dengan 195 negara berbicara lebih dari 7.000 bahasa dan dialek, pasti ada beberapa hal memakukan pengucapan yang benar. Dengan beberapa pengucapan yang paling diperebutkan dan membingungkan yang dihasilkan dari nama kota," ungkap perusahaan berbagi dalam sebuah pernyataan yang diberikan seperti dilansir dari laman Travel and Leisure. 

"Kota-kota memiliki beberapa nama yang paling sulit untuk dikuasai, menurut penelitian kami. Dengan delapan dari sepuluh nama kota tersulit yang mengumpulkan lebih dari satu juta pendengar, kategori ini melampaui yang lain," jelasnya.

Utuk menemukan kata-kata yang paling salah diucapkan, WordTips pergi ke kamus pengucapan terbesar di dunia, Forvo.com, yang menggunakan klip suara yang ditawarkan dalam beberapa bahasa berbeda untuk membantu orang mempelajari pengucapan kata yang benar.

Untuk menemukan kota yang paling sering salah diucapkan di setiap negara, WordTips mencari kota dengan populasi lebih dari 100.000. Jika tidak ada kota yang cocok dengan kriteria untuk suatu negara, hingga 10 kota terpadat dipilih, tergantung pada ketersediaan.

Setelah menyusun daftar kota, tim kemudian melihat berapa kali setiap tempat telah didengarkan untuk mempelajari pengucapan yang benar.

Dan, dengan 7.000.000 pendengar di Forvo, tim menemukan bahwa Rio De Janeiro adalah kota yang paling sulit diucapkan di dunia.

"Mengambil posisi teratas dengan tujuh juta pendengar adalah Rio de Janeiro (Ree-oh dey zhuh-nair-oh)," catat perusahaan itu. 

"Karena bahasa Portugis adalah bahasa yang terkenal sulit untuk diperbaiki, terutama karena pengucapannya bervariasi di berbagai wilayah di Brasil, tidak heran begitu banyak orang membutuhkan bantuan di sepanjang jalan," tambahnya.

Sisa dari sepuluh besar termasuk Tokyo dengan lebih dari empat juta pendengar, Chicago dan Dublin terikat dengan 1,8 juta pendengar, London dan Edinburgh dengan masing-masing 1,7 juta, Buenos Aires dengan 1,5 juta, Melbourne dengan 1,3 juta, Medellin dengan 841.000, dan Barcelona dengan 805.000.

"Sama seperti belajar bahasa, trik untuk menguasai pengucapan nama kota yang benar adalah dengan menguraikan setiap suku kata," ujarnya.

Sarajevo adalah tempat yang menangkap banyak penutur bahasa Inggris karena J dikatakan dengan lembut 'sa·ruh·yay·vow' sementara Chicago (shuh·kaa·gow) mungkin membingungkan beberapa non-pribumi karena 'Ch' diucapkan sebagai 'Sh.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…