CSAP Pacu Ekspansi Sektor Ritel Modern! Resmikan Mitra10 ke-44 & Atria ke-18 di Cibinong, Jawa Barat

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 25 Mei 2022 - 16:12 WIB

CSAP pada Rabu ( 25/5/2022) membuka superstore Mitra10 ke-44 dan Atria ke-18 di Cibinong, Jawa Barat. Dengan mengusung konsep “Shop in Shop”, para pengunjung berbelanja di dua toko berbeda dalam satu toko.
CSAP pada Rabu ( 25/5/2022) membuka superstore Mitra10 ke-44 dan Atria ke-18 di Cibinong, Jawa Barat. Dengan mengusung konsep “Shop in Shop”, para pengunjung berbelanja di dua toko berbeda dalam satu toko.

INDUSTRY.co.id,Cibinong - PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) pemilik jaringan distribusi bahan bangunan, kimia dan FMCG serta Ritel Modern Bahan Bangunan & home improvement Mitra10 serta home furnishing Atria kembali melakukan ekspansi dengan meresmikan superstore baru Mitra10 dan Atria di Cibinong.

Yaitu CSAP pada Rabu (25/5/2022) membuka superstore Mitra10 ke-44 dan Atria ke-18 di Cibinong, Jawa Barat. Dengan mengusung konsep “Shop in Shop”, para pengunjung berbelanja di dua toko berbeda  dalam satu toko.

Mitra10

Mitra10 dengan slogan “Murah, Lengkap, dan Nyaman”, merupakan pelopor ritel bahan bangunan modern yang menerapkan konsep belanja bahan bangunan dan perlengkapan rumah dalam satu atap. Berkat strategi ekspansi yang agresif, Mitra10 kini merupakan jejaring ritel bahan bangunan terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Superstore Mitra10 Cibinong yang menempati area seluas 2,1 hektar ini merupakan toko ke-2 yang dibuka tahun 2022. Setelah sebelumnya pada Januari lalu dibuka di Pekanbaru, Riau dan dalam waktu dekat menyusul pembukaan 2 toko baru satu di Jabotabek dan satu lagi di luar Jawa. Sehingga akan menggenapi target 4 toko baru Mitra10 di 2022.

Corporate Secretary PT Catur Sentosa Adiprana Tbk Idrus Widjajakusuma mengatakan, strategi ekspansi ini untuk mengenapi target kepemilikan 50 toko Mitra10 di tahun 2023 mendatang. Untuk kemudian dilanjutkan dengan target jangka panjang berikutnya yakni, kepemilikan 100 toko Mitra10 di tahun 2030.

Mitra10 Cibinong memiliki luas bangunan 7.280m2 dengan area penjualan seluas 3.071m2 yang menjual 65.000 item barang/Stock Keeping Unit (SKU). Barang yang 80% buatan lokal dalam negeri tersebut yang terbagi dalam 13 kategori yang terdiri dari Cat dan variannya, lantai dan dinding, kamar mandi, dapur, pintu dan jendela, pipa/plumbing, material bangunan, listrik, perkakas rumah (hardware), tools, hobi, perabot rumah tangga (houseware) hingga perlengkapan rumah tangga (home appliances). Dengan jumlah karyawan internal sebanyak 76 orang.

Selain menjual brand-brand kenamaan dari principal, Perseroan juga memiliki House Brand yakni Zehn, Tidy, Sincere, Durafloor, Fiorano dan Ryobi.

Kesediaan varian barang yang lengkap serta ditunjang oleh area Gudang seluas 1.565m2 dan area parkir yang luas dan aman. Akan membuat pengunjung leluasa berbelanja dengan nyaman dan aman dengan panduan prokes yang ketat.

Erick Koswara, GM Marketing Communication Mitra10 menjelaskan “Pembukaan toko Mitra10 di berbagai kota di Indonesia merupakan komitmen berkelanjutan PT Catur Mitra Sejati Sentosa untuk hadir lebih dekat, dan sekaligus menjadi mitra masyarakat dalam membangun rumah. Dengan dibukanya Mitra10 di Cibinong, saat ini kami telah memiliki 44 toko di 25 kota di Indonesia. Harapannya, Mitra10 di Cibinong dapat menjadi destinasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berbelanja bahan bangunan dan perlengkapan rumah”.

Bahkan khusus di Mitra10, ada kejutan dan inovasi berbelanja, dimana pelanggan Mitra10 bisa berbelanja aneka kebutuhan bahan bangunan, furnitur hingga beragam kebutuhan sehari-hari cukup melalui platform digital seperti Instagram maupun Whatapps. Aneka kebutuhan sehari hari ini bekerjasama dengan salah-satu supermarket terkemuka di Indonesia.

Medya Ika Ayu, Promotion & Advertising Manager Mitra10 menambahkan para pelanggan juga bisa menikmati berbagai promo menarik saat Grand Opening, seperti promo tebus murah, promo registrasi keanggotaan Mitra10, diskon khusus kartu kredit bank tertentu hingga Crazy Price yang merupakan promo diskon produk khusus Grand Opening. Selain itu selama Grand Opening turut menghadirkan festival kuliner lokal untuk menambah pengalaman berbelanja para pelanggan Mitra10 Cibinong.

Para pelanggan Mitra10 pun dapat menikmati layanan terbaru, yakni jasa pemasangan/ instalasi pompa air, water heater, cat, wastafel, shower, shower column hingga shower screen. Bahkan untuk pembelian item dengan nilai tertentu bisa menikmati jasa instalasi gratis. Inovasi belanja kebutuhan sehari-hari dan jasa instalasi merupakan bentuk kepedulian Mitra10 kepada para pelanggan untuk memudahkan dalam memenuhi kebutuhan produk berkualitas dengan mudah.

Untuk kemudahan berbelanja, produk Mitra10 saat ini juga dapat diperoleh secara online melalui www.mitra10.com dan platform Digiretail dengan Whatsapp Business di nomor +62 87800021010. Hal tersebut dimungkinkan karena layanan digital Mitra10 berkonsep Omnichannel atau terdiri dari beberapa platform yang saling terintegrasi.

Atria

Para pengunjung selain dapat berbelanja dengan aman dan nyaman di Mitra10, juga dapat memilih aneka produk furniture terbaik di Atria. Menempati area seluas lebih dari 1.100m2 di lokasi superstore Mitra10, para pengunjung dapat memilih lebih dari 14.000 jenis barang/ SKU yang ditata secara menarik dan tematik. Atria telah memiliki total 18 showroom di 13 kota di Indonesia.

Atria Furniture hadir sebagai retail Furniture dan Mattress dengan design produk, konsep saving space, kualitas finishing terbaik, bahan yang berkualitas dan harga terjangkau. Di tahun 2022, 18 Showroom Atria Furniture telah hadir di kota Jabodetabek, Tegal, Surabaya, Malang, Bali, Makassar, Palembang dan Pekanbaru.

Pengunjung dapat memilih beragam produk furniture seperti: Bedroom Set, Bed Gelar, Commercial, Dining, Kids, Living, Mattress, Office, Storage, Wardrobe, hingga pernak-pernik cantik kekinian untuk menghiasi hunian idaman.

Material produk furniture di Atria lulus standarisasi uji Eropa E1 dengan bahan baku yang tidak beracun, ramah lingkungan dan bebas Formaldehyde (bahan kimia yang menyebabkan iritasi mata, hidung, tenggorokan, paru-paru, bahkan kanker).

Brigitta Fitria, Marketing Manager Atria menjelaskan bahwa Atria Furniture & Mattress melayani customer dengan berbagai promo menarik yaitu Poin Belanja, Diskon hingga 70%, Potongan langsung hingga 1juta, Cicilan 0% dengan atau tanpa kartu kredit dan Program Top Spender Atria Ketiban Emas.

Produk Atria memenuhi kebutuhan aksesoris rumah tangga, furniture ruang tamu, ruangan makan, dapur, kamar tidur, furniture kantor dan komersial. Kunjungi berbagai produk Atria Furniture melalui website www.atria.co.id dan follow di akun instagram @atria_furniture.

Kinerja CSAP

Saat ini, CSAP memiliki 43 Cabang Distribusi Bahan Bangunan di 41 kota besar, 4 cabang distribusi Kimia, 38 area distribusi consumer goods (FMCG). Pada segmen Ritel, Perseroan memiliki 44 toko “Mitra10” Ritel Modern Bahan Bangunan & Home Improvement, serta 18 showroom “Atria” Ritel Modern Home Furnishing di kota-kota besar di Indonesia seperti Jabotabek, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Sidoarjo, Semarang, Tegal Surabaya, Malang, Denpasar, Lampung, Palembang, Batam, Medan, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan dan Banjarmasin.

Idrus Widjajakusuma menambahkan, Perseroan menilai segmen modern retail di Indonesai memiliki ruang yang sangat luas untuk tumbuh lebih besar melihat jumlah penduduk Indonesia dan coverage area-nya yang sangat luas, serta memberikan potensi kontribusi marjin keuntungan yang lebih besar.

Strategi Perseroan melakukan ekspansi agresif berbuah manis, dapat dilihat dari pencapaian kinerja FY2021 dimana Laba Bersih (Laba Komperehensif yang Dapat Diatribusikan ke Entitas Induk) tumbuh signifikan 144% menjadi Rp220 miliar, jika dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yakni Rp90 miliar.

Pencapaian bottom line Perseroan tersebut tidak lepas dari pertumbuhan Pendapatan konsolidasi atau top line yang tumbuh 12,5% menjadi Rp14,24 triliun dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp12,65 triliun. Pendapatan tersebut dikontribusikan oleh Penjualan Barang Beli Putus tercatat sebesar Rp13,5 triliun dan Penjualan Konsiyansi sebesar Rp730,1 miliar sepanjang 2021 lalu.

Solidnya kinerja Penjualan dan rendahnya pertumbuhan Beban Pokok Penjualan Barang Beli Putus berdampak positif pada Laba Kotor CSAP. Sepanjang 2021 Laba Kotor tercatat Rp2,29 triliun tumbuh 16,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp1,97 triliun.

Kinerja positif juga dibukukan Laba Usaha, setelah dikurangi Beban Operasional dan ditambah Pendapatan Usaha Lain-lain. Laba Usaha tercatat Rp516,60 miliar, tumbuh meyakinkan 58,2%. Sedangkan Laba Sebelum Pajak tercatat Rp288,06 miliar, tumbuh 151% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yakni Rp114,75 miliar.

Pada periode 2022, CSAP yang menargetkan pertumbuhan Penjualan sebesar 11% dan pertumbuhan Laba Bersih sebesar 18% tersebut telah menyiapkan belanja modal/ Capital Expenditure (Capex) sebesar Rp600 miliar. Dana tersebut 80% dialokasikan untuk pengembangan segmen ritel modern Mitra10 dan Atria. 

Berawal dari sebuah toko cat “Sentosa” sebesar 40m2 di Jakarta pada tahun 1966, memasuki umur ke-55 ini CSAP sudah menjadi perusahaan independen di Distribusi dan Ritel Modern Bahan Bangunan yang terbesar di Indonesia. Selain Bahan Bangunan CSAP juga mendistribusikan Bahan Kimia dan Consumer Goods (FMCG). Saat ini CSAP memiliki 43 Cabang Distribusi Bahan Bangunan di 41kota besar, 4 Cabang Distribusi Kimia, 38 Area Distribusi FMCG, 44 outlet toko Mitra10 Ritel Moderen Bahan Bangunan & Home Improvement dan 18 showroom“Atria” Ritel Moderen Home Furnishing.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

Rabu, 06 Juli 2022 - 22:13 WIB

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

PT Persada Medika Utama, atau lebih dikenal sebagai Granostic Diagnostic Centre, adalah laboratorium klinik yang berlokasi di Surabaya dan telah berdiri sejak tahun 2007. Sejak awal pendiriannya,…

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…